Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Teknik Dasar Tenis Meja: Mengenal Ping-pong, Sejarah, dan Film

Teknik Dasar Tenis Meja – Siapa yang tidak kenal dengan ping-pong? Apa anda tidak tau? Tolonglah kurang-kurangi main mobel lejen. Ini olahraga yang menyenangkan.

Kalau artikel-artikel yang lain membahas teknik ini biasa-biasa aja. Maka gua akan membuat perbedaan. Tidak banyak memakai kata-kata teknis, dan lebih suka ngebacotnya.

Sebagai penulis, gua harus bisa seperti berinteraksi dengan para pembaca gua tentunya. Tapi, kalau anda masih bosen baca tulisan gua, sepertinya kita harus bertemu atau tidak tukeran nomor. Nanti gua yang telpon deh.

Maka, ini adalah Tenis Meja: Teknik, sejarah, dan filmnya!

Teknik Dasar Tenis Meja

Sumber: djimenezhdez

Dalam olahraga ini, pada akhirnya semua akan kembali ke tanah.

Iya, iya. Gak nyambung kata-kata barusan. Tapi bagaimanapun dasar adalah hal paling penting. Ibarat naik tangga, kalian harus menapaki anak tangga paling awal, untuk bisa sampai ke anak tangga selanjutnya.

Dan gua akan jelaskan Teknik dasar tenis meja ini. Ada empat macam Teknik:

  1. Teknik Grip.
  2. Teknik Stance.
  3. Teknik Footwork.
  4. Teknik Stroke.

Teknik Dasar Tenis Meja: Grip

Sumber: Claudia Peters

Teknik ini juga disebut sebagai Teknik memegang bat. Bagaimana kita memegang bat bukanlah sembarang. Ada tata caranya, dan ada tiga macam cara.

Shakehand Grip

Sumber: www.aliexpress.com

Shakehand artinya jabat tangan atau salaman. Jadi kita memegang bat seperti salaman sama tangan orang. Enaknya Teknik ini, kita mudah memakai kedua sisi bat untuk menerima serangan atau melakukan smash. Kondisional aja.

Orang Eropa kebanyakanya memakai Teknik ini.

Penhold Grip

Sumber: febrian albiol

Penhold artinya memegang pulpen atau secara harfiah neken pulpen. Abaikan saja arti secara harfiah.

Terus kenapa repot-repot gua tulis juga ya?

Bisa dibilang Penhold Grip adalah Teknik Asia. Ya, karena kebanyakan orang Asia memakai Teknik ini. Caranya sama seperti memegang pulpen, dan memakai salah satu sisi bat yang paling nyaman. Tapi, bukan berarti dilarang memakai sisi bat yang lain. MUI juga tidak mengharamkan, kok.

Seemiller Grip

Sumber: Pool City

Gua gak tau artinya Seemiller apaan. Pokoknya ini sama aja kayak shakehand. Namun jari telunjuk megang seluruh bagian bet dan bet diputar ke arah badan dengan 20 sampai 90 derajat. Tidak memakia celcius.

So, itulah 3 macam cara memegang bat pada umumnya. Kalau kamu ada teknik grip lainya, bisa tulis di kolom komen. Yang penting jangan memegang bat musuh saat bertanding ya.

Semua ada kelebihan dan kekurangan, tinggal pilih yang nyaman saja. Terkadang yang dipaksakan tidak akan enak, kan?

Teknik Dasar Tenis Meja: Stance

Sumber: Olahragapedia

Ini adalah teknik siap siaga kita dalam permainan, atau mudahnya posisi tubuh. Badan, kaki, dan tangan harus bagaiamana saat menyerang atau bertahan.

Ini penting dilakukan agar bola seperti apa yang akan kita berikan ke musuh. Akan fatal kalau kamu cuman berdiri mematung.

Teknik ini ada dua macamnya:

Teknik Side Stance

Seperti namanya, badan kita harus menyamping di kiri atau kanan. Posisi bahu lebih berada dekat dengan net saat melakukan serangan.

Teknik Square Stance

Kalau ini posisi kita menghadap ke meja. Tapi perlu diingat, menghadapnya meja tenis meja. Jangan meja billiard.

Ini adalah posisi awal kita saat menerima service dari lawan. Memakai satu poros kaki, dan kaki lainya sebagai langkah adalah dasar teknik ini.

Kedua teknik ini sangatlah penting dan harus menggunakan kedua teknik saat pertandingan, karena kita tidak tau jalan arahnya permainan bagaiamana. Banyak bola yang tidak diduga-duga.

Teknik Dasar Tenis Meja: Footwork

Kalau tadi lebih ke posisi tubuh atau siap siaga, kali ini adalah teknik langkah kaki kita haru seperti apa.

Tujuan teknik adalah untuk mendekati arah bola, menyerang ataupun bertahan. Kalau bola masih bisa diambil dengan satu langkah, maka pakailah satu langkah. Tidak perlu jurus seribu langkah.

Ada teknik two step dalam teknik footwork ini. Caranya dengan menekuk lutut anda, kemudian lakukan kuda-kuda dengan kedua kaki harus seimbang. Lalu ujung kaki menjadi tumpuan seluruh berat badan dan kalau mau mengambil langkah kanan, maka kaki kanan sebagai titik tumpuan berat badan. Begitu juga sebaliknya.

Teknik Dasar Tenis Meja: Stroke

Percuma kalian bisa megang bat, nempatin posisi di saat yang tepat, atau kelincahan kakimu kalau tidak bisa memukul. Ibarat makan ayam kfc tanpa kulitnya.

Iya, map gak nyambung lagi.

Dalam teknik ini, ada dua macam, yaitu forehand dan backhand. Keduanya diperlukan dalam setiap pertandingan. Sesuai kondisi saja saat melakukan teknik ini. Apakah ini waktu yang tepat untuk backhand atau cukup dengan forehand saja.

Itu semua kembali ke insting kita sebagai pemain.

Setelah teknik-teknik sudah kitapelajari, ini saatnya untuk yang paling membosankan. Sejarah. Yuk langsung scrolling ke bawah.

Baca Juga: Penemu Bola Voli

Sejarah Tenis Meja

Sumber: OpenClipart-Vectors

Setelah kita mengetahui apa aja Teknik-teknik dalam olahraga ini, gua mau nyeritain olahraga ini di buat.

Pada dasarnya gak ada yang tau siapa yang mencetuskan ide ini. Yang jelas ini dibuat oleh orang-orang kalangan atas di Inggris. Mereka membuat permainan, dengan alat seadanya di atas meja makan setelah makan malam, dengan peraturan tenis biasa.

Siapa sangka, olahraga yang gemar dimainkan bapak-bapak di lapangan RW adalah olahraga orang-orang elite?

Dari waktu ke waktu, tenis meja mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Olahraga ini juga awalnya memiliki banyak nama. Orang-orang elite dulu, yang memainkan permainan ini sehabis makan malam, menyebutnya ‘Whiff Whaff.’

Bangsawan macam apa yang memberi nama olahraga kayak nama anjing?

Kalau sesuai google dengan pencari Whiff Whaff Meaning, akan menghasil artinya yang diterjemahkan adalah Suara desah dari sesuatu yang mengalir deras; suara mendesing.

Kalau dari pandangan prasangka buruk gua, nih orang mesum abis.

So, langsung aja, inilah Timeline Sejarah Tenis Meja.

Timeline of Tenis Meja

 

1880sAdaptasi tenis biasa ke meja makan dengan peralatan improvisasi
1883Slazenger mematenkan jaring untuk permainan itu dan menyebutkan tenis di atas meja.
1885James Devonshire (ENG) memberikan paten sementara untuk “Tenis Meja” -nya.
1890sBeberapa paten terdaftar di Inggris dan Amerika Serikat

Permainan aksi tenis meja paling awal: Permainan Meja David Foster, Inggris 1890

Set diproduksi dengan nama dagang seperti Gossima, dan Tennis Indoor, dengan aturan gaya Tenis biasa

1890Pengenalan bola seluloid untuk menggantikan karet dan gabus. Bola seluloid memiliki pantulan yang sempurna, dan permainan menjadi sukses besar
1901Asosiasi Tenis Meja dan saingannya Asosiasi Ping Pong dibentuk di Inggris; digabung pada tahun 1903

Buku-buku pertama tentang permainan diterbitkan di Inggris

Game ini diperkenalkan di Cina melalui permukiman barat & sebagai misi dagang

1904Kegemaran Ping Pong memudar, tapi popularitas di Eropa Timur terus berlanjut
1922Menghidupkan kembali permainan di Inggris & Eropa

Pembentukan hukum standar permainan di Inggris

1926Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) pertama di Berlin

Kejuaraan Dunia Pertama diadakan di London, Inggris. Konstitusi ITTF diadopsi, bersama dengan set pertama Hukum standar.

Ivor Montagu (ENG) terpilih sebagai Ketua

1920s – 1950Era Bat klasik yang keras dan Dominasi Eropa
1926 – 1931Maria Mednyanszky (HUN) memenangkan Kejuaraan Dunia lima kali berturut-turut, memenangkan 18 medali emas secara keseluruhan
1930 – 1935Victor Barna (HUN) menjadi juara dunia lima kali. Barna memenangkan rekor 22 medali emas di kejuaraan dunia selama karirnya, 40 medali secara keseluruhan
1936Kejuaraan Dunia Kesepuluh diselenggarakan di Praha, Cekoslowakia. Reli terpanjang terjadi, poin pertama memakan waktu lebih dari dua jam karena mendorong gaya bermain.
1937Penurunan jaring menjadi 6 inci (15,24 cm) mendorong gaya menyerang yang lebih, dan batas waktu dikenakan pada pertandingan.

Finalis tunggal putri keduanya gagal di Kejuaraan Dunia karena kesalahpahaman tentang batas waktu hukum. Ruth Aarons (AS) & Trude Pritzi (AUT) dinyatakan sebagai co-champion pada tahun 2001.

1939Kejuaraan Dunia Pertama diadakan di luar Eropa: Kairo, Mesir
1940 – 1946Karena Perang Dunia II, ITTF menghentikan kegiatan, & tidak ada Kejuaraan Dunia yang diadakan
1943Federasi Kontinental Pertama didirikan 12 Desember: Konfederasi Amerika Selatan.
1947ITTF melanjutkan aktivitas; Kejuaraan Dunia diadakan di Paris, tetapi Richard Bergmann (ENG), membela Juara Dunia Singles, tidak diizinkan untuk berpartisipasi oleh Montagu karena Bergmann menerima uang untuk bermain selama tahun-tahun Perang tanpa izin resmi.
1950 – 1955Angelica Rozeanu-Adelstein (ROU) memenangkan Kejuaraan Dunia enam kali berturut-turut dan bukan orang Asia terakhir yang memenangkan gelar tunggal putri hingga hari ini. 1950: Bergmann memenangkan gelar Kejuaraan Dunia ke-4
1950Era Bat spons dan mulainya dominasi Asia
1952Kejuaraan Dunia Kesembilan belas diadakan di Bombay, India yang pertama kali dipentaskan di Asia. Masuknya Jepang ke kancah internasional

Hiroji Satoh (JPN) menjadi pemain pertama yang memenangkan Kejuaraan Dunia ketika menggunakan raket yang ditutupi dengan spons tebal dan merupakan pemenang non-Eropa pertama.

Peresmian Federasi Asia & Kejuaraan Federasi Asia Pertama

1953China memasuki Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya. Bat spons tebal menyebabkan kontroversi besar selama beberapa tahun ke depan.
1954Ichiro Ogimura (JPN) adalah lambang dominasi Jepang dengan pengembangan teknologi dan pelatihan fisik
1956Tomie Okada-Okawa (JPN) adalah pemain wanita pertama dari Asia yang memenangkan Kejuaraan Dunia dan menghentikan dominasi Eropa di tenis meja wanita dunia.
1957Kejuaraan Dunia berubah menjadi siklus dua tahun
1958Kejuaraan Eropa Pertama, Budapest, Hongaria. Uni Soviet membuat debut mereka ke kancah internasional
1959Rong Guotuan (CHN) adalah juara dunia Tiongkok pertama dalam olahraga apa pun.

Undang-undang standardisasi Bat diberlakukan

1960Paralympic game pertama di Roma, termasuk Tenis Meja
1962All-Africa Championship Pertama, di Alexandria, Mesir
1967Ivor Montagu pensiun sebagai Presiden ITTF setelah empat puluh tahun menjabat. Swaythling Club International didirikan, Victor Barna sebagai President.
1971Kejuaraan Persemakmuran Pertama diadakan di Singapura

Diplomasi Ping Pong: tenis meja memainkan peran penting dalam diplomasi internasional ketika beberapa tim diundang ke China untuk serangkaian pertandingan persahabatan setelah Kejuaraan Dunia 1971. Perdana Menteri Tiongkok Zhou Enlai: “Kunjungan Anda ke Cina telah membuka pintu bagi pertukaran orang-ke-orang antara Cina dan AS.”

1971Stellan Bengtsson (SWE) memenangkan gelar tunggal putra dan menandai dimulainya pengaruh Swedia selama tiga dekade, dengan pemain-pemain top seperti Kjell Johansson, Mikael Appelgren, Erik Lindh, Jan-Ove Waldner, Jörgen Persson, dan Peter Karlsson.
1973Kejuaraan Universitas Dunia Pertama diadakan di Hanover, Jerman
1977ITTF menerima deklarasi resmi tentang pengakuannya oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC)
1979Kejuaraan Eropa Pertama untuk Orang lumpuh (pemain kursi roda) diadakan di Stoke Mandeville, Inggris
1980Piala Dunia Pertama diadakan di Hong Kong
1981Kejuaraan Dunia diadakan di Nova Sad, Yugoslavia. Kemenangan total bagi China, yang para atletnya memenangkan semua dari tujuh medali emas

Tenis meja diterima di program Olimpiade (sesi ke-84 IOC)

1982Kejuaraan Veteran Dunia Pertama diadakan di Gothenburg, Swedia.

Kejuaraan Dunia Pertama untuk orang cacat diadakan di Stoke Mandeville, InggrisKejuaraan Veteran Dunia Pertama diadakan di Gothenburg, Swedia.

Kejuaraan Dunia Pertama untuk orang cacat diadakan di Stoke Mandeville, Inggris

1985Kejuaraan Pemuda Eropa diadakan di Den Haag, Belanda
1988Untuk pertama kalinya, tenis meja ditampilkan di Olimpiade, yang diadakan di Seoul, Korea Selatan
1991Tim United North & South Korea memenangkan Piala Corbillon di Kejuaraan Dunia di Chiba, Jepang
1992Mantan juara dunia, Jan-Ove Waldner (SWE) menjadi juara tunggal Olimpiade dan konon, jutawan tenis meja pertama
1995Kejuaraan Dunia diadakan di Tianjin, Cina. Total kemenangan bagi China untuk kedua kalinya, memenangkan tujuh medali emas
1996Awal dari Tur Pro ITTF, dengan berbagai acara yang terjadi di seluruh dunia
2000Setelah Olimpiade di Sydney, ukuran bola ditingkatkan menjadi 40mm untuk meningkatkan tayangan televisi
2001Skor pertandingan berubah dari 21 menjadi 11 poin Kejuaraan Dunia diadakan di Osaka, Jepang. Total kemenangan bagi China untuk ketiga kalinya, memenangkan semua dari tujuh medali emas
2002Implementasi Sirkuit Junior Dunia ITTF (U18) dan Tantangan Cadet Dunia (kompetisi tim kontinental U15)
2003Kejuaraan Junior Dunia ITTF pertama di Santiago, Chili

Kejuaraan tim dipisahkan dari acara-acara individual, yang diadakan selama beberapa tahun

2004Selama Olimpiade di Athena, Tenis Meja menduduki peringkat 5 di antara semua olahraga untuk penonton televisi
2005Kejuaraan Dunia diadakan di Shanghai, Cina. Kemenangan total lagi untuk China, memenangkan semua dari lima medali emas.
2006Kejuaraan Dunia diadakan di Bremen, Jerman. Para atlet Tiongkok melengkapi koleksinya dengan dua medali emas di cabang tim
2007Kejuaraan Dunia diadakan di Zagreb, Kroasia. Total kemenangan nomor lima untuk China, memenangkan semua dari lima medali emas

Penampilan pertama tenis meja sebagai olahraga wajib di Universiade di Bangkok, Thailand

2008Cina menyapu kejuaraan Tim di Guangzhou

Cina memenangkan semua Emas di Olimpiade Beijing

2010Tenis Meja adalah bagian dari Youth Olympic Games pertama
2012Cina memenangkan medali emas tim dunia dan semua medali emas di Olimpiade London, dan 24 dari 28 medali emas di 7 Olimpiade.

Persson (SWE), Primorac (CRO) dan J-M Saive (BEL) berpartisipasi dalam semua 7 Olimpiade.

2016Bola plastik digunakan di Kejuaraan Dunia & Olimpiade

Cina kembali memenangkan semua 4 medali Emas Olimpiade, dan keseluruhan 28 dari 32 Emas Olimpiade sejak tahun 1988

 

Itulah sejarah dalam tenis meja. Tidak menarik bukan? Sehabis ini gua akan berikan hal yang menarik kepada kalian hehehe.

Film Tentang Tenis Meja

Ini adalah rekomendasi film-film yang ada sangkut pautnya dengan tenis meja. Mau nonton lewat layanan berbayar atau streaming bajakan, ya terserah. Tapi film-film ini akan sangat sayang dilewatkan.

Yuk, langsung aja.

1.      AS One

Pilihan pertama jatuh kepada As One asal negeri gingsen. Di perankan oleh Ji-won Ha (100 Days with Mr. Arrogant) dan Doona Bae (Kingdom), membuat film ini begitu sayang untuk dilewatkan.

Apalagi kalau menyangkut film yang diadaptasi dari kisah nyata. Korea menjadi terbaik untuk hal adaptasi.

Cerita bersetting tahun 1991, saat Korea Selatan dan Korea Utara harus bersatu di World Table Tennis Chamionship yang diselenggarakan di Chiba, Jepang. Hyun Jung-wha (Ji-won Ha) dan Lee Boon-hee (Doona Bae) harus menjadi partner, padahal sebelumnya mereka bertemu hanya sebagai rival saja.

Keliatan, kan bagaimana ambisi mereka masing-masing. Yuk, nonton.

Rating IMDB: 7.0/10

2.      Balls of Fury

Kalau As One sebagai film yang menyentuh, maka siap-siap kepingkal dengan aksi Dan Fogler (Fantastic Beast) sebagai Randy Daytone, pemain tenis meja tua yang kegemukan badan, sekaligus mantan atlit cilik yang sangat berbakat. Dan melawan Cristopher Walken (Rundown) sebagai Feng, ketua Tenis Meja aliran hitam yang membunuh ayahnya Randy.

Jangan terpengaruh dengan rating IMDB, asli harus ditonton. Yakin, banyak mind blowing yang bikin kamu ketawa terbahak-bahak.

Rating IMDB: 5.3/10

3.      Forrest Gump

Ini gak menceritakan full tentang tenis mejanya, sih. Namun tenis meja menjadi bagian dari cerita Tom Hanks (The Da Vinci Code) sebagai Forrest Gump, yang mantan militer Amerika yang dikirim ke Vietnam menjadi seorang pemain pro tenis meja bahkan sampai menjadi juara dunia.

Ini film wajib kamu tonton.

Rating IMDB: 8.8/10

Udah

Itulah Teknik dasar, sejarah, sampai pilihan film yang bisa kamu tonton di rumah sendiri atau bersama teman dan keluarga.

Kalau kamu memang senang dengan tenis meja dan ingin jadi pemain pro, maka latihan mulai sekarang dan kuatkan niat.

Keep Sarungan!

1 thought on “Teknik Dasar Tenis Meja: Mengenal Ping-pong, Sejarah, dan Film”

Leave a Comment