Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Ingin Jago Sepak Bola? Pelajari Teknik Dasar Sepak Bola!

Teknik dasar sepak bola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Di Indonesia, olahraga ini sangat populer. Olahraga ini dapat dimainkan oleh umum, baik itu kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua. Bagi Anda para pemula perlu mempelajari dan menguasai teknik dasar sepak bola supaya dapat handal bermain di lapangan.

Sepak bola memang olahraga yang gampang-gampang susah untuk dimainkan, namun jika ingin menjadi professional Anda perlu menguasai teknik-tekniknya terlebih dahulu. Berikut ini teknik-teknik dasar dalam sepak bola yang perlu Anda pelajari.

Tapi sebelum itu kita baca dulu sejarah singkat dari olahraga yang paling populer di dunia ini!

Sejarah Singkat Sepak Bola di Dunia

History of soccer

Lebih dari 240 juta orang di seluruh dunia bermain sepak bola di bawah naungan FIFA atau Federation Internationale de Football Association. Permainan ini telah berevolusi dari olahraga menendang bola kulit binatang yang belum sempurna, ke olahraga Piala Dunia seperti sekarang ini.

Jika ditelusuri menurut sejarah, sepakbola kembali lebih dari 2000 tahun yang lalu ke Cina kuno. Yunani, Roma, dan beberapa bagian negara Amerika Tengah juga mengklaim telah memulai olahraga ini, tetapi Inggris lah yang mentransisikan sepak bola, atau apa yang oleh Inggris dan banyak orang di seluruh dunia menyebut ‘Football’ yang kita kenal saat ini.

Inggris juga yang menerapkan aturan seragam dalam sepak bola, larangan menyandung lawan dan menyentuh bola dengan tangan.

Aturan sepak boa terus berkembang dan bertamhab yang diterapkan. Seperti tendangan penalty diperkanalkan pada tahun 1891. FIFA menjadi angota Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional yang mengatur segala masalah dalam olahraga sejak 1913 di Inggirs. Kartu merah dan kuning dipernalkan pada putaran final Piala Dunia 1970. Back pass yang disengaja diberlakukan pada tahun 1992. Dan yang paling baru dan sedikit mengganggu adalah aturan VAR (Video assistant refree) sekitar tahun 2016/2017 tapi ramainya saat Piala Dunia 2018 kemarin.

Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik Dasar Sepak Bola
Image by Mark Thomas from Pixabay

Sekarang kita akan memahami beberapa Teknik dasar atau fundamental yang harus kita kuasai dalam olahraga ini. Semoga penjelasan di bawah ini mudah dimengerti dan menambah pengetahuan/kemampuan kalian dalam bermain sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola: Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik Dasar Sepak Bola Dribble
Image by Keith Johnston from Pixabay

Teknik dasar sepak bola yang paling utama dan wajib Anda kuasai ialah dribbling atau menggiring bola.  Adapun teknik menggiring bola atau dribbling ini dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kaki. Dengan teknik ini juga mengajari Anda cara mengontrol lajunya bola.

a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Penting bagi Anda untuk tahu bahwa dalam teknik dribbling dikenal juga teknik speed dribbling. Dimana dalam teknik ini Anda berlari, membuang bola ke depan, lalu mengejarnya. Selain speed dribbling, ada juga closed dribbling. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan cara menggiring dan mengontrol bola secara seksama dan dapat dilakukan saat Anda sedang diapit oleh pemain dari tim lawan.

Ada tiga teknik dasar dalam menggiring bola diantaranya yaitu menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan juga kaki bagian luar.

b. Menggiring dengan Punggung Kaki

Adapun teknik menggiring dengan punggung kaki dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini:

Pandangan mata lurus ke depan.

Letakkan bagian dengan kaki Anda pada ujung bola.

Dorong bola dengan menggunakan punggung kaki Anda.

Lakukan berulang kali, lalu hentikan dengan telapak kaki.

c. Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Selanjutnya, ada teknik menggiring dengan kaki bagian dalam, cara melakukannya yaitu:

Pandangan lurus ke depan.

Putar pergelangan kaki ke bagian luar.

Lalu dorong bola dengan menggunakan kaki bagian luar.

Lakukan berulang kali, lalu hentikan bola dengan telapak kaki.

d. Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

Berikutnya, pada teknik menggiring dengan kaki bagian luar, sebenarnya hampir sama dengan teknik-teknik sebelumnya. Dalam teknik ini, Anda bisa melakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Namun, pada teknik ini Anda perlu memutar pergelangan kaki ke bagian dalam, lalu dorong bolanya.

Teknik Dasar Sepak Bola: Menendang Bola (Shooting)

Teknik Dasar Sepak Bola Shooting
Image by Keith Johnston from Pixabay

Teknik dasar sepak bola berikutnya yang perlu Anda kuasai adalah teknik menendang. Adapun teknik ini berfungsi untuk membobol gawang lawan. Anda bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yakni dengan menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar, dan juga punggung kaki.

Adapun ketiga teknik tersebut dapat Anda lakukan dengan cara memfokuskan pandangan pada sisi gawang yang menjadi target, posisikan badan, letakkan satu kaki kiri atau kanan pada samping bola. Lalu, ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan juga pandangan tetap ke arah target.

Baca Juga: Teknik Dasar Futsal (Langsung Jago)

Teknik Dasar Sepak Bola: Mengoper Bola (Passing)

Passing
Image by mokhtarakel1 from Pixabay

Teknik mengoper bola atau passing lebih berguna ketimbang teknik menggiring bola yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Anda tidak akan bermain bola sendiri, melainkan Anda memiliki 10 teman di lapangan yang siap siaga membantu satu sama lain.

Teknik passing sangat efektif untuk membobol pertahanan lawan. Adapun teknik ini bisa dilakukan dengan cara passing panjang atau through pass, pendek dan juga jauh, yang biasa dikenal dengan julukan umpan lambung.

Teknik Dasar Sepak Bola: Menyundul Bola (Heading)

Teknik Dasar Sepak Bola Heading
Image by Keith Johnston from Pixabay

Adapun teknik menyundul bola atau heading biasanya digunakan saat Anda tidak mampu menggapai bola yang terlalu tinggi, membobol gawang lawan, serta passing. Cara melakukan teknik antara lain Anda perlu mengatur posisi badan dan juga waktu yang tepat untuk bisa lompat menyambut bola.

Kemudian, Anda bisa menggunakan dahi untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Supaya Anda bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola tersebut pun akan meluncur dengan terarah nan bertenaga.

Teknik Dasar Sepak Bola: Merebut Bola (Intercepting)

Intercept
Image by Med Ahabchane from Pixabay

Teknik dasar berikutnya biasa disebut dengan intercepting atau teknik merebut bola. Adapun teknik ini akan Anda gunakan saat hendak merebut bola dari kaki lawan. Cara melakukan teknik ini ialah Anda perlu membaca pergerakan lawan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa menghentikan laju umpan musuh.

Penting bagi Anda untuk tahu bahwa teknik ini sangatlah penting untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, Anda perlu berhati-hati, rebutlah bolanya bukan kakinya. Hal ini dikarenakan bisa jadi Anda akan kena kartu kuning, bahkan merah. Oleh sebab itu, Anda harus pandai membaca pergerakan lawan.

Teknik Dasar Sepak Bola: Menyapu Bola

Teknik Dasar Sepak Bola Menyapu
Image by Keith Johnston from Pixabay

Teknik menyapu bola merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini. Hal ini dikarenakan resiko yang cukup besar ada di hadapan Anda, bisa saja Anda menciderai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Cara melakukan teknik ini, Anda perlu timing yang tepat supaya bola berhasil direbut.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan kecepatan Anda dengan musuh, lalu jatuhkan badan Anda sembari meluruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

Teknik Dasar Sepak Bola: Menghentikan Bola

control soccer
Image by Phillip Kofler from Pixabay

Jika sudah mempelajari tiga teknik dasar di atas, Anda juga harus tahu cara menghentikan bola yang dioper ke arah Anda. Anda sendiri bisa menghentikan laju bola dengan menggunakan kaki, dada, dan juga paha. Selain itu, untuk menghentikan bola dengan kaki, Anda bisa memanfaatkan kaki bagian dalam, luar, telapak, dan juga punggung.

a. Menghentikan Bola menggunakan Kaki

Cara menghentikan bola dengan kaki ialah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah kepada Anda. Lalu, Anda bisa menghentikannya dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola tersebut. Ketika bola datang, pastikan bahwa Anda dapat menjaganya dari gangguan musuh.

b. Menghentikan Bola menggunakan Dada

Selanjutnya, cara menghentikan bola dengan dada dapat Anda lakukan dengan memfokuskan pandangan pada bola yang datang ke arah Anda, maju atau mundukan badan, lebarkan kedua tangan dan juga dada, kemudian tahan bola tersebut.

c. Menghentikan Bola menggunakan Paha

Adapun cara menghentikan bola dengan paha yaitu hampir sama dengan cara menghentikan bola lainnya. Akan tetapi saat bola datang, Anda perlu mengangkat satu kaki, dan ketika menahan bola dengan paha. Anda juga perlu sedikit menggerakkannya supaya bola dapat jatuh sempurna di hadapan Anda.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Sepak Bola: Menangkap Bola (Goalkeeping)

Teknik Dasar Sepak Bola Goalkeeping
Image by skeeze from Pixabay

Adapun teknik menangkap bola merupakan teknik khusus yang diperuntukan bagi Anda yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Biasanya teknik ini disebut juga dengan goal keeping, dimana teknik ini sangat penting bagi sebuah tim sebagai pertahanan terakhir.

Anda perlu melatih refleks dalam menangkap bola ke kiri dan kanan. Tak hanya itu, Anda juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

Teknik Dasar Sepak Bola: Lemparan ke Dalam

Trhow in
Photo by Alec Moore on Unsplash

Kemudian, ada juga teknik lemparan ke dalam. Adapun teknik ini akan Anda gunakan saat di tengah pertandingan terjadi out atau pun bola keluar dari sisi kiri dan kanan lapangan. Cara melakukan teknik ini, Anda perlu melempar bola dengan menggunakan kedua tangan, lalu posisikan kedua tangan dibelakang kepala.

Saat melakukan lemparan ke dalam, Anda juga bisa menjinjitkan kaki supaya lemparan lebih bertenaga dan teman satu tim Anda bisa meraih bola tersebut.

Juggling Bola

juggling soccer

Photo by manu mangalassery from Pexels

Teknik terakhir yaitu teknik juggling bola. Umumnya, teknik juggling bola ini dilakukan untuk menunjukkan kelihaian Anda dalam bermain bola. Teknik ini juga dapat melatih Anda dalam mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan juga mengecoh lawan di lapangan.

Teknik-teknik dasar diatas penting untuk dipelajari dan juga dipahami bagi Anda para pemain pemula yang gemar terjun ke lapangan sepak bola. Jika Anda sudah menguasai teknik dasar tersebut, dipastikan Anda sudah cukup mapan dan siap bertanding di lapangan.

Ballon d’Or dari Tahun ke Tahun (Sampai 2018)

Ballon d'Or
wallpapercave
TahunNamaClubNegara
1956Sanley MatthewsBlackpoolEngland
1957Alfredo Di StefanoReal MadridSpain
1958Raymond KopaReal MadridFrance
1959Alfredo Di StefanoReal MadridSpain
1960Lusi SuarezBarcelonaSpain
1961Omar SivoriJuventusItaly
1962Josef MasopustDukla PragueCzech
1963Lev YashinDynamo MoscowUni Soviet
1964Denis LawManchester UnitedScotland
1965EusebioBenficaPortugal
1966Bobby CharltonManchester UnitedEngland
1967Florian AlbertFerencvarosHongaria
1968George BestManchester UnitedIrlandia
1969Gianni RiveraMilanItaly
1970Gerd MullerBayern MunichGerman
1971Johan CruyffAjaxHolland
1972Franz BeckenbauerBayern MunichGerman
1973Johan CruyffBarcelonaHolland
1974Johan CruyffBarcelonaHolland
1975Oleg BlokhinDynamo KyivUni Soviet
1976Franz BeckenbauerBayern MunichGerman
1977Allan SimonsenBorussia MonchengladbachDenmark
1978Kevin KeeganHamburgEngland
1979Kevin KeeganHamburgEngland
1980Karl-Heinz RummeniggeBayern MunichGerman
1981Karl-Heinz RummeniggeBayern MunichGerman
1982Paolo RossiJuventusItaly
1983Michel PlatiniJuventusFrance
1984Michel PlatiniJuventusFrance
1985Michel PlatiniJuventusFrance
1986Igor BelanovDynamo KyivUni Soviet
1987Ruud GullitMilanHolland
1988Marco van BastenMilanHolland
1989Marco van BastenMilanHolland
1990Lothar MatthausInternazionaleGerman
1991Jean-Pierre PapinMarseilleFrance
1992Marco van BastenMilanHolland
1993Roberto BaggioJuventusItaly
1994Hristo StoichkovBarcelonaBulgaria
1995George WeahMilanLiberia
1996Matthias SammerBorussia DortmundGerman
1997RonaldoInternazionaleBrazil
1998Zinedine ZidaneJuventusFrance
1999RivaldoBarcelonaBrazil
2000Luis FigoReal MadridPortugal
2001Michael OwenLiverpoolEngland
2002RonaldoReal MadridBrazil
2003Pavel NedvedJuventusCzech
2004Adriy ShevchenkoMilanUkraina
2005RonaldinhoBarcelonaBrazil
2006Fabio CannavaroReal MadridItaly
2007KakaMilanBrazil
2008Cristiano RonaldoManchester UnitedPortugal
2009Lionel MessiBarcelonaArgentina
2010Lionel MessiBarcelonaArgentina
2011Lionel MessiBarcelonaArgentina
2012Lionel MessiBarcelonaArgentina
2013Cristiano RonaldoReal MadridPortugal
2014Cristiano RonaldoReal MadridPortugal
2015Lionel MessiBarcelonaArgentina
2016Cristiano RonaldoReal MadridPortugal
2017Cristiano RonaldoReal MadridPortugal
2018Luka ModricCroatiaCroatia

 

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Jauh

Fakta-fakta Menarik Sepak Bola

Fakta sepak bola
Image by LhcCoutinho from Pixabay

Berikut adalah fakta yang mungkin tidak ketahui, dan pastinya semoga terhibur!

  1. Piala Dunia FIFA adalah acara olahraga yang paling banyak ditonton di Dunia.
  2. Nama Soccer diketahui sebagai ‘Footbaal’ kecuali di Inggris.
  3. Piala Dunia pertama diadakan di Uruguay, 1930. 13 Tim berkompetisi dan Uruguay menang.
  4. Permainan paling awal yang menyerupai sepak bola ditemukan oleh Kaisar Cina Huang-Ti pada tahun 1697 SM.Para pemain menendang bola kulit yang diisi dengan gabus dan rambut.
  5. Penduduk Inggris kuno, memainkan permainan seperti sepak bola dengan para pemain menendang bangkai kepala binatang.
  6. Pada abad ketujuh SM, Berers, Afrika Utara memainkan pertandingan sepak bola sebagai ritus kesuburan.
  7. Bisnis olahraga yang paling menguntungkan adalah sepak bola, dibanding olahraga lainya.
  8. Pada tahun 1960, gempa bumi dahsyat menghancurkan Chili dua tahun sebelum mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia.FIFA berencana untuk memindahkan event tersebut, tetapi presiden Chili menuntut agar piala itu berada di Chili, karena negaranya telah kehilangan segalanya.
  9. FIFA memulai Piala Dunia pada tahun 1930. Pada tahun 1991, FIFA menciptakan Piala Dunia Wanita.
  10. Orang-orang Puritan Inggris pada 1600-an menentang sepak bola, mengklaim itu adalah pertandingan yang penuh dosa.
  11. Lapangan sepak bola paling terkenal di Tokyo adalah Taman Sepak Bola Adidas.Lapangan regulasi terletak 130 kaki di atas tanah di atas Tokyu Toyoko Department Store.
  12. Di Inggris, pertandingan sepak bola tidak memiliki wasit sampai 1881. Sebelumnya mereka hanya mengandalkan sportifitas yang baik.
  13. Orang Brazil menyebut sepak bola sebagai “jogo bonito” atau “permainan yang indah.”
  14. Menghadiri Piala Dunia tidaklah murah.Tiket untuk Piala Dunia 2018 dapat mencapai US $ 1.100.
  15. Sebuah survei medis menemukan bahwa pemain sepak bola profesional menderita sekitar 1,5 cedera per pemain per tahun.
  16. Bangsa Romawi memperkenalkan bentuk awal sepak bola ke Inggris pada 43 Masehi.Dalam permainan awal ini, meninju dan menggigit diizinkan di lapangan, menciptakan suasana gangguan sehingga banyak yang berusaha agar permainan itu dilarang.
  17. Pemain sepak bola Kolombia Andres Escobar secara tidak sengaja mencetak “gol bunuh diri”, atau gol melawan timnya sendiri, dalam pertandingan melawan Amerika Serikat di Piala Dunia 1994.Sepuluh hari kemudian, Humberto Munoz Castro, seorang penggemar yang marah dan anggota kartel narkoba Kolombia, menembak Escobar enam kali di tempat parkir disko.
  18. Piala Dunia FIFA telah diadakan setiap empat tahun sejak 1930, kecuali untuk 12 tahun absen selama dan setelah Perang Dunia II.

Quote atau Kata kata Pemain Sepak Bola

Quote Soccer
by Quote Ambition

Keberhasilan bukan suatu kebetulan, itu adalah hasil kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting adalah rasa cinta yang kau lakukan dan pelajari. -Pele

Anda harus berjuang untuk menggapai mimpi anda. Ada harus berkorban dan bekerja keras untuk itu. -Lionel Messi

Jika kamu tak mampu untuk menerima kekalahan, maka kamu tidak akan mampu untuk merayakan kemenangan. -Steven Gerrard

I eat football, I sleep football, I breathe football. I am not mad. I am just passionate. -Thierry Henry

Kami tidak meceritakan impian kami. Kami menunjukanya. -Cristiano Ronaldo

Tanpa mimpi kita tak akan meraih apapun. Tanpa cinta kita tak akan merasakan apapun. Tanpa Allah kita bukan siapa-siapa. -Mesut Ozil

Leave a Comment