Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Teknik Dasar Lompat Jauh yang Wajib Dikuasai (Cocok untuk Pemula)

Teknik Dasar Lompat Jauh – Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang memanfaatkan gerakan melompat. Jika Anda seorang pemula, Anda perlu menguasai teknik dasar lompat jauh seperti awalan, tolakan, posisi di udara, hingga pendaratan. Adapun tiga gaya yang juga seringkali digunakan dalam lompat jauh, yaitu gaya menggantung, gaya jongkok, serta gaya berjalan di udara.

Sebelum membahas ke teknik-tekniknya, mari kita baca sejarah dari olahraga yang memukau ini, setelah tonton video di bawah ini:

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah Lompat Jauh
by edition.cnn.com

Olahraga lompat jauh bisa dibilang salah satu olahraga tertua yang dilombakan, karena termasuk dari bagian Olimpiade pertama di Yunani kuno dan dilombakan juga pada pertandingan modern pertama pada tahun 1896. Walaupun sudah banyak perubahan dari waktu ke waktu, lompat jauh tetap menjadi olahraga yang ada disetiap olimpiade.

Pada tahun 708 SM (menurut Olympic.org) olahraga Lompat Jauh termasuk bagian dari acara Pentathlon Olimpiade di Yunani kuno. Selain lompat jauh, dalam acara Pentathlon, ada gulat, cakram dan lempar lembing, dan berlari.

Para peserta lompat jauh mengunakan bobot lompat yang disebut halter yang dibuat dari batu atau timah dan berbentuk seperti gagang telepon lama. Peserta memegang haltere di dean diri mereka ketika mereka melompat ke udara, lalu melemparkanya ke belakang saat mereka turun. Halter diaanggap membantu pelompat mencapai jarak yang lebih jauh.

Menurut Olympuc.org, Lompat jauh diadakan di seluruh Yunani kuno dan Eropa dalam festival, pameran dan pertandingan Pythian, Istmian dan Nemean. Bobot halter dieleminasi pada Olimpiade Modern Pertama pada tahun 1896, tapi tetap lompat jauh selalu dimasukan ke dalam cabang perlombaan. Meskipun wanita tidak ikut dalam perlombaan sampai kejuaraan di Amsterdam tahun 1928.

Pada tahun 1912, International Association of Athletics Federations dibentuk dan menjadi pengatur olahraga lompat jauh serta olahraga lintasan dan lapangan lainya. Olahraga-olahraga itu distandarisasikan pada tahun 1932.

Baca Juga:  Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
by Photo by Raj Shah on Unsplash

Perlu Anda ketahui bahwa tak hanya gaya lompatan, ada juga komponen-komponen dasar penting lainnya dalam lompat jauh, yaitu teknik dasar. Oleh karena itu, jika ingin handal dalam bermain lompat jauh, Anda perlu mempelajari dan memahami teknik dasarnya terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai masing-masing teknik dasar tersebut, diantaranya.

Teknik Dasar Lompat Jauh: Awalan

Teknik Dasar Lompat Jauh Awalan
Photo by Jakob Owens on Unsplash

Jika Anda tertarik menjadi seorang atlet lompat jauh, Anda wajib menguasai terlebih dahulu teknik dasar yang pertama yaitu teknik awalan. Adapun awalan dalam lompat jauh merupakan gerakan lari. Teknik ini berguna untuk mengontrol gerakan atau pun kecepatan lari sebelum melakukan lompatan atau tolakan pada papan atau balok tumpuan.

Ketika tubuh Anda mendekati papan tolakan atau balok tumpuan, Anda perlu bersiap-siap untuk mengontrol gerakan lari dari kecepatan gerakan horizontal menuju kecepatan gerakan vertikal dengan memanfaatkan langkah terakhir yang pendek. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan posisi awalan dengan baik sebelum berlari dan melompat.

Penting bagi Anda ketahui bahwa teknik awalan yang benar diantaranya ialah seorang pelompat harus mampu melewati lintasan sepanjang 40meter hingga tiba pada titik tolakan. Selain itu, jarak 40 meter merupakan jarak yang ditetapkan berdasarkan standar internasional. Saat melakukan start, pelompat bisa melakukan awalan dengan posisi berdiri.

Umumnya, kecepatan yang digunakan pada teknik awalan ini ialah lambat, lalu semakin melaju cepat saat semakin mendekati titik tolak. Tahap awalan ini adalah salah satu tahapan penting yang berfungsi untuk memperkirakan jarak, kecepatan, serta waktu kapan atlet harus melompat. Sehingga, dengan kata lain, teknik awalan ini menentukan jauh dekatnya lompatan yang nantinya akan dihasilkan oleh atlet.

Teknik Dasar Lompat Jauh: Lompatan

Teknik Dasar Lompat Jauh Lompatan
Image by andreas N from Pixabay

Selanjutnya, ada tahap kedua yakni teknik lompatan atau bisa juga disebut dengan tolakan. Adapun dalam melakukan teknik lompatan atau tolakan ini, jika ingin dianggap mahir Anda hanya perlu melompat menggunakan satu kaki saja.

Selain itu, di tahap lompatan ini, atlet harus benar-benar memperkirakan kaki mana yang dirasa paling kuat untuk digunakan nantinya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan melakukan lompatan atau tolakan menggunakan kaki paling kuat bukanlah perkara yang mudah, semuanya berkaitan dengan ketepatan waktu saat hendak melakukan perkiraan ketika berlari.

Oleh karena itu, jika Anda salah perkiraan, justru malah Anda akan menggunakan bagian kaki yang lemah. Selain itu, ketika melakukan tolakan atau tumpuan tidak diperbolehkan terlalu condong. Usahakan juga posisi badan untuk tetap seimbang atau pun tidak goyang. Disamping itu, gerakan lengan juga sangat membantu dalam menjaga keseimbangan, serta mampu menambah tinggi tolakan.

Berikut ini beberapa unsur yang wajib diperhatikan ketika hendak melakukan tolakan lompat jauh, diantaranya:

  1. Tolakan pada lompat jauh wajib menggunakan salah satu kaki yang paling kuat. Hal ini bertujuan supaya ketika berada di posisi udara, badan akan cenderung lebih seimbang dan kokoh, terlebih lagi saat melakukan pendaratan (landing).
  2. Menggunakan tumit yang merupakan bagian telapak kaki yang kuat dan sangat cocok untuk digunakan sebagai tumpuan. Setelah itu, Anda bisa mengakhiri tolakan pada bagian ujung kaki.
  3. Sebelum melakukan tolakan atau tumpuan, pastikan jika badan dicondongkan ke arah belakang. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa memperkirakan titik jatuh ke papan tolakan atau balok tumpuan.
  4. Kaki Anda juga harus bertumpu tepat pada papan tumpuan. Jika kaki Anda tidak jatuh tepat pada papan tolak atau balok tumpuan, maka dipastikan lompatan Anda tidak akurat atau pun nilai yang diperoleh tidak terhitung sempurna.
  5. Saat bertumpu, pastikan jika kedua lengan juga turut diayunkan ke depan atas. Hal ini dikarenakan ketika posisi tangan berada dalam posisi seperti itu mampu membantu tubuh atau badan untuk mendarat dengan posisi seimbang dan kokoh.
  6. Selanjutnya, ayunkan kaki serta angkat kaki tersebut ke depan hingga setinggi pinggul dengan posisi lutut ditekuk. Dengan posisi tersebut, Anda akan cenderung lebih mudah mendapatkan posisi atau celah pendaratan, serta kaki dapat menapak ke tanah dengan kokoh dan kuat.

Sebagai seorang atlet professional, Anda juga perlu mengantisipasi kesalahan dalam melakukan perkiraan. Dimana atlet wajib membiasakan dirinya untuk menggunakan kedua kaki secara bergantian saat melakukan tolakan atau lompatan. Sehingga, tidak akan ada masalah jika Anda ingin menggunakan kaki mana pun ketika melakukan tolakan.

Teknik Dasar Lompat Jauh: Posisi Tubuh Saat di Udara

Teknik Dasar Lompat Jauh Posisi Tubuh
Image by skeeze from Pixabay

Berikutnya, ada teknik dasar lompat jauh yang ketiga yaitu posisi tubuh ketika melayang di udara. Dimana posisi tubuh ketika berada di udara berhubungan dengan tiga gaya yang sebelumnya sudah disebutkan. Bagi Anda para pemula, diingatkan bahwa untuk selalu pastikan tidak kehilangan kendali atas kesadaran dan tubuhnya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, sebagian besar pelompat pemula, umumnya akan kehilangan kendali dan kesadarannya saat tubuh berada di udara. Adapun gerakan atau pun teknik melayang dalam lompat jauh dilakukan setelah Anda melakukan tumpuan pada papan tolak atau balok tumpuan.

Pastikan ketika melakukan teknik ini, tubuh Anda tetap dalam  posisi yang seimbang. Selain itu, ayunan dari kedua tangan bisa membantu atlet untuk menjaga keseimbangan  badan.  Pada tahap ini, terdapat beberapa gaya yang akan dilakukan oleh pelompat.

Atlet atau pelompat tersebut pun harus menggunakan salah satu gaya dari yang sudah disebutkan sebelumnya. Adapun gaya yang digunakan tersebut nantinya akan menentukan hasil lompatan. Saat tubuh atlet berada di udara, saat itulah ia harus memperkirakan titik jatuh yang tepat.  Sehingga, hasil lompatan akan sesuai yang diharapkan dan tepat sasaran.

Teknik Dasar Lompat Jauh: Akhiran atau Pendaratan (Landing)

 Pendaratan
Image by skeeze from Pixabay

Teknik dasar lompat jauh yang terakhir adalah teknik akhiran atau pendaratan (landing). Adapun pada teknik pendaratan ini, para atlet lompat jauh disarankan untuk melakukan landing dengan menggunakan tumpuan kedua kakinya. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko terjadinya cidera dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan pendaratan.

Selain itu, gerakan mendarat yang baik dan benar yang biasa dilakukan para atlet professional yaitu dengan mempersiapkan bagian kepala yang menunduk, lalu lengan yang diayunkan, serta bagian  pinggang cenderung condong ke arah depan. Hal ini bertujuan agar atlet dapat mendarat sejauh mungkin dan menghasilkan pendaratan yang sempurna.

Bagi Anda yang berminat menjadi seorang atlet lompat jauh, disarankan untuk memahami dan menguasai terlebih dahulu teknik-teknik dasar olahraga lompat jauh. Terutama, bagi para pemula yang sedang mencoba berlatih olahraga ini, pahamilah terlebih dahulu teknik dasar diatas. Hal ini berguna bagi Anda untuk melatih kekuatan dan kemampuan diri ketika hendak terjun ke lapangan.

Olahraga Lompat Jauh (Modern Day)

Olahraga Lompat Jauh Modern
by iaaf.org

Pada era 1900-an, olahraga lompat jauh didominasi oleh Amerika serikat dan Eropa sepanjang Olimpiade modern. Pelompat asal Amerika yang paling terkenal, Jesse Owens yang mengambil emas di Berlin pada tahun 1936. Olimpiade Los Angeles 1984, Carl Lewis mendapatkan emas pada lompat jauh, dan emas lainya pada tahun 1988, 1992, dan 1996.

Sedangkan Uni Soviet dan Jerman Timur cukup unggul di olahraga lompat jauh kategori wanita, sampai Jackie Joyner-Kersee mendapatkan emasnya pada tahun 1988.

Pada era Modern ini, banyak negara di Afrika dan Asia yang terus mendominasi cabang lompat jauh di Olimpiade baik pria maupun wanita. Lebih dari 62 negara berkompetisi di final selama Olimpiade 2008, di Beijing, Cina. Pada pertandingan 2008, rekor dunia Olimpiade untuk lompat jauh adalah 8,95 meter, atau 29 kaki 8 ¼ inci, untuk pria, dan 7,52 meter, atau 24 kaki 8 ¼ inci, untuk wanita.

Dan sepatu untuk olahraga ini, juga banyak berkembag selama berabad-abad, sepatunya menjadi lebih ringan dan lebih baik, serta Teknik lompat jauh yang banyak berkembang, memberi keunggulan pada atlet modern dibanding para pendahulunya.

Ranking Dunia Lompat Jauh

Luvo Manyonga
by Wikipedia

 

Dengan waktu yang terus berjalan, lompat jauh punya orang-orang terbaiknya yang selalu ikut kompetisi dan memiliki banyak score dan unggul dibanding yang lainya. Dan terhitung sejak 11 Juni 2019, inilah daftar ranking 1 sampai 5 cabang olahraga lompat jauh:

Pria

RankNamaNegaraScore
1Luvo MANYONGAAfrika Selatan1394
2Ruswahl SAMAAIAfrika Selatan1368
3Juan Miguel ECHEBARRIACuba1346
4Tajay GAYLEJamaica1330
5Miltiadis REROGLOUGreece1320

 

Wanita

RankNamaNegaraScore
1Caterine IBARGUENColombia1366
2Malaika MIHAMBOGerman1362
3Shara PROCTORGreat Britain1303
4Ivana SPANOVICSerbia1291
5Brooke STRATTONAustralia1289

 

Penutup

Itulah pengetahuan baru kita untuk olahraga lompat jauh, yang ternyata tidak sesederhana lompat paling jauh saja, tapi ada latihan, teknik, persiapan yang harus kita kusai agar menjadi yang terbaik di lintasan. Semoga bermanfaat untuk para atlit maupun calon atlit. Selamat bertanding!

Keep Sarungan!

1 thought on “Teknik Dasar Lompat Jauh yang Wajib Dikuasai (Cocok untuk Pemula)”

Leave a Comment