Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Teknik Dasar Bulu Tangkis + Film Motivasi Pemain Bulu Tangkis!

Teknik dasar bulu tangkis – Bulu tangkis atau biasa disebut badminton adalah salah satu olahraga terpopuler, terutama di Indonesia bahkan se-Asia. Banyak sekali atlet-atlet berbakat asal Indonesia pada cabang olahraga satu ini. Tentunya, bagi Anda yang ingin belajar bermain bulu tangkis perlu mempelajari sekaligus menguasai berbagai macam teknik dasar bulu tangkis. Berikut penjelasannya.

Tapi, sebelum itu mari kita simak lagi bagaimana bulu tangkis bisa seterkenal sekarang atau singkatnya sejarah bulu tangkis!

Sejarah Singkat Badminton atau Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis Sejarah
by Badminton Bay

Setidaknya kita harus kembali ke 2000 tahun yang lalu saat battledore dan shuttlecock (sebelum dikenal badminton) yang disebut dan dimainkan di Yunani kuno, Cina, dan India.

Asal olahraga ini juga tidak bisa dipastikan, yang jelas sudah sering dimainkan di Eurasia. Di tahun 1860, Isaac Spratt seorang pedagang mainan menerbitkan buku berjudul Badminton Battledore – A New Game, tetapi tidak ada salinanya yang selamat.

Ada artikel tahun 1863 di The Cornhill Magazine menggambarkan bahwa bulu tangkis sebagai battledore dan shuttlecock memakai 2 sisi dan sebuah net yang berjarak lima kaki dari tanah, untuk bermain.

Olahraga ini sangat terkenal di tahun 1870-an, bola yang dimainkan dengan bola alih-alih bola kok, yang dimain di Thanjavur pada awal tahun 1850-an.  Dan pada awalnya dimainkan oleh perwira asing di British India, dan bola wol lebih disukai di tempat berangin.

Badminton mengambil Namanya dari Badminton House di Gloucestershire, di rumah leluhur Duke of Beaufort, tempat olahraga ini dimainkan di abad terakhir ini. Gloucestershire sekarang menjadi basis bagi Federasi Bulu Tangkis Internasional (International Badminton Federation).

IBF dibentuk oada tahun 1934 dengan sembilan anggota awal: Canada, Denmark, Prancis, Belanda, Inggris, Selandia Baru, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Amerika Serikat bergabung empat tahun kemudian. Dan anggota terus meningkat selama beberapa tahun ke depan dengan lonjakan anggota baru setelah Olimpiade di Barcelona.

Turnamen IBF besar pertama adalah Piala Thomas (kejuaran tim dunia pria) pada tahun 1948. Sejak itu, jumlah acara dunia telah meningkat menjadi tujuh, dengan penambahan Piala Uber (kejuaraan tim dunia wanita), Kejuaran Dunia, Piala Sudirman (kejuaran tim dunia campuran), Piala Junior Dunia, Final Grand Prix Dunia, dan Piala Dunia.

Itulah sejarah singkat dari badminton ini.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis
Image by Vlad Vasnetsov from Pixabay

Sekarang kita akan membahas apa aja yang perlu dikuasi oleh para-para pemain bulu tangkis atau yang ingin bermain bulu tangkis. Karena, menurut gua sayang banget dalam hidupnya, apalagi orang Indonesia, tidak pernah bermain olahraga yang satu ini.

Maka, semoga informasi di bawah ini bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan permainan anda. Let’s go!

Teknik Dasar Bulu Tangkis: Memegang Raket

Teknik Dasar Bulu Tangkis Grip
by Sikana.tv

Adapun teknik pertama dalam permainan bulu tangkis yang sangat mendasar dan wajib Anda kuasai adalah teknik memegang raket. Penting bagi Anda untuk tahu bahwa dalam teknik ini terdiri dari 4 macam teknik lagi yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun kenyamanan pemain bulu tangkis tersebut. Teknik memegang raket atau grip ada 4, diantaranya:

American Grip

Adapun dalam melakukan teknik pegangan Amerika atau American grip terdapat beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  1. Pertama, pastikan jika tangan memegang bagian ujung raket atau handlenya sama seperti saat Anda memegang pukulan kasur.
  2. Kedua, posisikan ibu jari dan telunjuk agar menempel pada bagian handle raket.
  3. Selain itu, teknik pegangan ini juga cenderung lebih efektif dalam melakukan pukulan smash.

Forehand Grip

Berikutnya, ada forehand grip yang juga merupakan salah satu teknik dalam memegang raket. Adapun teknik ini juga sangat populer dan seringkali digunakan oleh para pemain bulu tangkis. Jika ingin mendapatkan hasil bermain yang baik dan sempurna, cara memegang raket dengan tipe ini perlu dilatih dan dicoba berulang kali.

Backhand Grip

Adapun teknik memegang raket selanjutnya yaitu backhand grip. Teknik ini dapat membuat lawan kesulitan menebak arah pukulan kok. Dengan menggunakan teknik ini, pukulan kok juga mampu melesat keras dan cepat sehingga lawan menjadi kesulitan untuk membalas pukulan tersebut.

Combination Grip

Teknik memegang raket berikutnya adalah combination grip. Dimana teknik ini merupakan teknik gabungan dari seluruh teknik pegangan.

Baca Juga: Teknik Dasar Futsal (Langsung Jago)!

Teknik Dasar Bulu Tangkis: Footwork

badminton-footwork
by Burbank Badminton

Teknik footwork atau gerakan kaki, dimana para pemain bulu tangkis diharuskan untuk meningkatkan kelincahan posisi gerakan kaki untuk ke depan, belakang, maupun samping.

Adapun tujuan dari teknik footwork adalah agar kok mampu dijangkau saat lawan menyerang. Selain itu, saat pemain berada pada posisi yang tepat, maka serangan bisa dilakukan secara sempurna ke lawan dengan melakukan pukulan yang mematikan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis: Memukul

Teknik Dasar Bulu Tangkis Memukul
by Badminton @chorwong.com

Jika Anda sudah menguasai teknik memegang raket, berikutnya Anda perlu menguasai teknik memukul. Adapun dalam permainan bulu tangkis, teknik pukulan yang bisa dipelajari ada berbagai macam.

Teknik Drive

Selanjutnya ada teknik pukulan drive, dimana teknik ini merupakan sebuah pukulan yang cepat dan mendatar. Teknik ini seringkali digunakan dalam permainan ganda. Tujuan dari penggunaan teknik pukulan ini yaitu untuk menghindari serangan lawan maupun sebaliknya, sehingga mampu membuat lawan terpojok saat mengangkat kok serta membuatnya di posisi bertahan.

Teknik Netting

Tak hanya itu, ada juga teknik pukulan yang juga sangat vital, yaitu teknik netting. Dimana pukulan netting ini mampu membuat pemain perlu mengarahkan raket sedekat mungkin dengan area net lawan untuk bersiap menyongsong kok yang diarahkan serta menyerangnya kembali. Sedikit catatan, bahwa pukulan ini diperlukan tenaga halus dan hati-hati.

Teknik Overhead

Berikutnya, ada teknik pukulan overhead yang juga biasa dikenal dengan istilah pukulan di atas kepala. Dalam penggunaan teknik ini, gerakan memukul kok saat ada di atas kepala pemainlah yang dijadikan sebagai intinya. Jenis pukulan ini wajib dikuasai oleh pemain agar bisa mematikan langkah sang lawan.

Adapun pukulan overhead ini terbagi lagi dalam beberapa jenis yang paling populer, diantaranya pukulan dropshot dan juga smash. Berikut ini penjelasan mengenai pukulan dropshot dan smash agar Anda lebih jelas.

Pukulan Dropshot

Teknik dasar bulu tangkis lainnya yang termasuk ke dalam teknik pukulan overhead yaitu pukulan dropshot. Dimana pukulan ini mengharuskan para pemainnya untuk melakukan gerakan tipuan. Hampir serupa dengan teknik pukulan smash, namun jika teknik smash cenderung lebih fokus pada penggunaan kekuatan penuh, pada teknik dropshot ini hanya perlu sentuhan maupun dorongan halus saja.

Tentunya, hal seperti ini sudah seringkali dilakukan oleh para pemain bulu tangkis, dimana teknik dropshot dapat dilakukan dengan kok yang jatuh tidak jauh dari posisi net. Disamping itu juga bisa berada di antara garis ganda antara pemain lawan dengan net.

Tak hanya itu, faktor pegangan raket, posisi tubuh, gerakan kaki, serta pindahnya bobot badan cenderung menentukan apakah pukulan yang dihasilkan dengan teknik ini akan sukses atau tidak.

Pukulan Smash

Teknik pukulan smash merupakan jenis pukulan yang juga sangat penting untuk Anda kuasai. Hal ini dikarenakan pada setiap pertandingan, gerakan ini sangat diperlukan. Mengapa demikian? Ya, saat melakukan pukulan ini memang dibutuhkan tenaga ekstra alias tenaga penuh dimana nantinya kok pun akan diarahkan ke bawah area lawan.

Teknik Underhand

Selain teknik pukulan overhead, dalam permainan bulu tangkis juga biasa mengenal yang namanya teknik underhand. Dimana teknik ini juga sering dikenal dengan sebutan teknik pukulan dari bawah. Nantinya, para pemain diharuskan terampil dalam hal berlari dengan langkah yang lebar dimana kaki kanan perlu diposisikan di bagian depan kaki kiri agar jatuhnya kok bisa dijangkau.

Dalam sikap menjangkau tersebut, Anda perlu menekuk bagian siku dan posisikan tubuh secara tegak agar lutut bagian kanan nantinya dapat tertekuk sedikit secara otomatis.

Adapun teknik pukulan underhand ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengembalikan pukulan permainan net lawan atau pun pukulan pendek dari lawan. Pukulan ini seringkali digunakan oleh para pemain agar bisa bertahan dari serangan pukulan lawan. Terutama pada kondisi tertekan, para pemain mampu melakukan pukulan ini sebagai metode penyelamatan.

Namun, Anda juga bisa menggunakan metode pukulan forehand maupun backhand untuk bertahan sekaligus menghindari serangan pukulan lawan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis: Servis

Teknik Dasar Bulu Tangkis Servis
by Timetoast

Perlu Anda ketahui bahwa teknik dasar bulu tangkis hampir sama dengan teknik dasar permainan tenis lapangan, yaitu memiliki teknik servis. Dimana pukulan servis merupakan teknik yang paling awal yang wajib Anda kuasai betul. Hal ini dikarenakan dengan pukulan servis, Anda akan lebih mudah meningkatkan potensi perolehan poin.

Adapun teknik servis dalam permainan bulu tangkis terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis teknik servis yang dapat dilatih, diantaranya:

Servis Forehand Pendek

Untuk melakukan pukulan servis forehand, terdiri dari 2 jenis cara yang pertama yaitu forehand tinggi dan yang kedua forehand pendek. Adapun tujuan dari teknik servis forehand pendek yakni sebagai pemaksa lawan agar tidak mampu melakukan serangan.

Servis Forehand Tinggi

Sedangkan untuk servis forehand tinggi, teknik ini juga seringkali digunakan oleh para pemain bulu tangkis ketika dalam permainan tunggal.

Servis Backhand

Selain teknik servis forehand, ada juga jenis servis lainnya yang sering digunakan oleh para pemain ganda yaitu servis backhand. Adapun jika menggunakan teknik ini, arah serta jatuhnya kok akan secara tidak sengaja ditempatkan paling dekat dengan garis serang. Selain itu, sebisa mungkin kok pun perlu melayang sedekat mungkin di atas net.

Baca Juga: Teknik Dasar Ping-pong atau Tenis Meja

Fakta Menarik tentang Bulu Tangkis atau Badminton

Fakta Badminton
Image by user1488365914 from Pixabay

Berikut adalah fakta-fakta menarik soal bulu tangkis selama ini. Mungkin sebagian ada yang tau, sebagian lagi membuat anda tercengang!

  1. Olahraga raket tercepat di Dunia adalah bulu tangkis, dengan kecepatan shuttlecock mencapai lebih dari 200 mil per jam.
  2. Pemain Badminton memerlukan kekuatan, daya tahan, kelincahana, kekuatan otot, reflex cepat, dan daya tahan kecepatan.
  3. Bulu-bulu dari sayap kiri angsa adalah bahan kok terbaik. 16 hulu digunakan untuk membuat kok dan beratnya antara 4,74 dan 5,5 gram.
  4. Klub Badminton resmi pertama adalah The Bath Badminton Club, didirikan pada tahun 1877.
  5. Badminton diperkenalkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan menjadi olahraga yang populer di tahun 1930-an.
  6. Olahraga yang paling populer di dunia adalah sepak bola, dan olahraga paling populer kedua di dunia adalah bulu tangkis.
  7. Badminton pertama kali dimainkan sebagai olahraga di Olimpiade pada tahun 1992. Lebih dari 1,1 miliar menonton debut Badminton di Olimpiade di televisi.
  8. Diperkirakan sekitar 1,2 orang Amerika bermain bulu tangkis sekitar 25 kali setiap tahun atau lebih.
  9. Shuttlecock terbesar di dunia setinggi 18 kaki dan berat 2.500kg. Terletak di halaman Museum Kota Kansas dan 48 kali lebih besar dari shuttlecock asli.
  10. 70% dari semua event Federasi Bulu Tangkis Dunia dimenangkan oleh pesaing dari Indonesia dan Cina.
  11. Pertandingan terpanjang adalah 124 menit dan dimainkan antara Sun Jun dari Cina dan Peter Rasmussen dari Denmark.
  12. Pertandingan bulutangkis terpendek hanya berlangsung selama enam menit.
  13. Badminton menjadi olahraga Olimpiade pada tahun 1992 di Olimpiade Barcelona.
  14. Kim Dong Moon, pemain Korea, memenangkan dua kejuaraan bulu tangkis dunia pada tahun 1999. Dia memenangkan ganda dan ganda campuran. Pada tahun 2003 ia dihormati sebagai penghargaan ‘Pemain Terbaik Tahun Ini’.
  15. Hanya tiga negara yang pernah memenangkan Piala Thomas sejak kompetisi ini didirikan pada tahun 1848. Tiga negara termasuk Cina, Indonesia dan Malaysia.
  16. Ada lebih dari 150 negara anggota yang tergabung dalam Federasi Bulu Tangkis Internasional.
  17. Berat raket bulutangkis antara 70 dan 95 gram, tanpa termasuk berat senar atau genggaman.
  18. Game bulutangkis dapat dimainkan sebagai tunggal, ganda, atau ganda campuran.

Penutup dan Rekomendasi Film tentang Bulu Tangkis

Penutup
Image by Randhir Kumar from Pixabay

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang atlet bulu tangkis yang handal, ada baiknya Anda perlu mempelajari sekaligus berlatih mengenai teknik-teknik dasar dalam permainan bulu tangkis. Diharapkan penjelasan-penjelasan seputar teknik dasar di atas mampu membantu Anda yang ingin bermain bulu tangkis secara professional.

Dan sebagai akhir, gua akan membagikan rekomendasi film-film untuk kalian semua semoga bisa menjadi motivasi kalian dalam bermain bulu tangkis!

King (2009)

Terinspirasi dari perjuangan para anak bangsa dalam bermain Badminton. Film ini menceritakan anak kecil bernama Guntur yang bercita-cita sebagai atlit bulu tangkis yang hebat. Dan ada kisah-kisah sang legenda Lim Swie King, yang menjadi idola para pebulu tangkis tanah air.

Selain itu kita juga bisa melihat Kevin Sanjaya dan Jonathan Christie kecil yang beradu akting. Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale ini sudah mengikuti berbagai macam ajang Festival Film dan mendapatkan rating IMDB 6.9/10.

Short Film Bruce Lee Played Badminton Too (2011)

Bukan menceritakan sang Legenda Bruce Lee yang bermain badminton, melainkan kisah remaja yang ingin membuktikan kalau dia akan berhasil dan menuai prestasi di olahraga ini. Nama remaja tersebut adalah Nic Wooding, yang mempunyai ayah seorang juara Tenis yang kecewa akan keinginan anaknya yang ingin menjadi pemain terbaik dunia.

Short film yang berdurasi 15 menit ini disutradarai dan ditulis oleh Corrie Chen mendapatkan rating 6.8/10 dari IMDB. Bisa menjadi tontonan ringan anda selagi menunggu angkutan umum.

Full Strike (2015)

Kalau tadi film-film yang penuh semangat dan motivasi, kali ini ada film yang tetap ada unsur badminton dan semangat tapi didominasi oleh komedi. Digarap oleh Derek Kwok, film ini dikisahkan tentang seorang mantan pemain bulu tangkis, Lau Dan (Ekin Cheng) yang sudah absen selama 10 tahun, lalu kembali lagi ke lapangan setelah bertemu dengan seorang mantan gangster yang menginspirasinya.

Film ini cukup populer di Tiongkok saat 2015, dan mendapatkan 1 penghargaan Neuchâtel International Fantastic Film Festival 2015 sebagai Best Asian Movie dan 2 nominasi masing-masing Hong Kong Film Awards 2016 dan Osaka Asian Film Festival 2015. Rating IMDB 4.5/10.

Lee Chong Wei Rise of the Legend (2018)

Lee Chong Wei adalah pebulu tangkis yang mempunya segudang repurtasi di olahraga ini. Sudah diakui dunia, kalau Lee Chong Wei adalah salah satu atlit terbaik di olahraga badminton, dan kalian bisa menyaksikan kisah hidup atlit yang berasal dari Malaysia ini.

Durasi 133 menit, membuat kalian ikut dalam kisah hidup Lee Chong Wei dari yang dulunya tidak bisa beli raket sampai menjadi bintang dunia. Film ini sangat menginspirasi dan wajar mendapatkan 4 nominasi Malaysian Film Festival 2019 dan mendapatkan 1 penghargaan di Best Child Actor. Rating IMDB 7.4/10.

Susi Susanti Love All (2019)

Kali ini ada sebuah film asal Indonesia yang wajib kita tunggu di tahun 2019 ini. Ya, Susi Susanti Love All film biopik tentang legenda kita Susi Susanti yang diperankan oleh Laura Basuki yang sudah tidak perlu diragukan lagi aktingnya dan Dion Wiyoko sebagai Alan Budikusuma sebagai lawan bermainya.

Sudah banyak prestasi yang diraih Susi Susanti yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Seperti juara All England 4x, Emas Olimpiade Barcelona 1992, Juara Indonesia Open 5x, dan belum lagi kejuaraan dalam beregu seperti Juara Piala Sudirman 1989. Patut ditunggu!

Leave a Comment