Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Merasa Jago? Pastikan Kuasai Teknik Dasar Bola Basket Ini!

Teknik dasar bola basket – Bola basket merupakan olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim dimana beranggotakan masing-masing tim sebanyak lima orang. Setiap tim akan saling bertanding untuk mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan. Jika Anda seorang pemula, Anda perlu mempelajari dan menguasai terlebih dahulu teknik dasar bola basket supaya Anda dapat handal bermain di lapangan.

Sebelum itu, kita kembali lagi melihat bagaimana Basket tercipta di bawah ini.

Sejarah Bola Basket atau Timeline of Basketball

sejarah singkat bola basket
Image by Charles Nambasi from Pixabay
  • 14 Desember 1891. Bola basket diciptakan pada tahun 1891, di Sekolah Pelatihan YMCA di Sprinfield, Massachusetts oleh seorang instruktur bernama Dr. James Naismith.
  • 1 Januari 1892. Instruktur senam Senam Berenson Abbott mengadaptasi aturan basket James Naismith untuk wanita dan memperkenalkan permainan di Smith College. Pertandingan universitas pertama antara University of California dan Miss Head’s School.
  • 15 Januari 1894. James Naismith menciptakan 13 aturan dan diterbitkan di koran sekolak Springfield College.
  • 1 Januari 1894. Bola sepak bola dipakai untuk olahraga basket selama 2 tahun.
  • 18 Januari 1896. Pertandingan bola basket resmi perguruan tinggi pertama kali dimainkan pada 18 januari 1896, ketika University of Lowa mengundang atlet mahasiswa dari University of Chicago untuk pertandingan uji coba. Skor akhir 15 untuk Chicago dan 12 untuk Lowa. Sangat berbeda dengan ratusan poin pada pertandingan basket hari ini.
  • 7 November 1896. Pertandingan professional basket pertama yang diketahui, dimainkan di Trenton New Jersey antara Trenton YMCA dan Brooklyn YMCA. Penonton juga harus membeli tiket di pertandingan yang dimenangkan oleh Trenton (15 poin) dan Brooklyn (1 poin). Setiap pemain dibayar $15 kecuali Fred Cooper yang mendapatkan $16 dan menjadi pemain dengan bayaran tertinggi pertama.
  • 1 Januari 1916. Dribble bola diperbolehkan.
  • 18 Juni 1932. Organisasi Internasional basket dibentuk untuk menggordinasikan turnamen dan tim yang diikuti oleh Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Rumania, dan Swiss. Dan 8 negara itu yang membentuk Internatinal Basketball Federation (sekarang FIBA) dengan tujuan untuk memasukan basket ke Olimpiade Berlin 1936.
  • 7 Agustus 1936. Bola Basket menjadi olahraga resmi dan tim Amerika Serikat dengan mudah mendominasi kompetisi. Amerika Serikat menang setiap kejuaraan bola basket Olimpiade hingga 1972.
  • 27 Februari 1940. Pertandingan basket pertama yang pertama kali ditayangkan di televisi, dari Masidon Square garden; Fordham vs University of Pittsburgh.
  • 7 Februari 1945. Herman Sayger, orang yang pertama kali mengusulkan tembakan tiga poin dan diuji dalam pertandingan antara Columbia dan Fordham.
  • 6 Juni 1946. Basketball Association of America (BAA) dibentuk dan diikuti oleh tim NYC, Boston, Massachisetts, Philadelphia, Pennsylvalnia, Chicago, Illinois, Detroit, dan Michigan.
  • 3 Agustus 1949. 6 tim dari NBL bergabung dengan BAA yang menghasilkan 17 tim, dan dibentuklah National Basketball Association (NBA) dengan Maurice Podloff sebagai presiden.
  • 12 April 1954. Minneapolis Lakers menjadi tim pertama yang memenangkan tiga kejuaraan berturut-turut.
  • 1 Januari 1964. Boston memulai dominasi di tahun 1959-1966 dan setiap tahun juara. Boston Celtics kini memiliki gelar juara NBA terbanyak yaitu 17x.
  • 11 Januari 1968. The Naismith Basketball Hall of Fame resmi dibuka di Springfield Massachusetts.
  • 13 Desember 1983. Point dalam satu game terbanyak sepanjang sejarah terjadi pada 1983 saat Detroit Pistons mengalahkan Denver Nuggets dengan skor 186-184 (total 370).
  • 12 October 1989. Amateur Basketball Association of the United of States of America (ABAUSA) diselenggarakan, lalu FIBA mengubah kembali dan mengakui NBA sebagai anggota aktif.
  • 24 April 1996. NBA menyetuji dan memulai NBA wanita atau Womens Nation Basketball Association (WNBA).

Baca Juga: Peraturan Bola Basket dari Tahun ke Tahun!

Teknik Dasar Bola Basket

Umumnya, bola basket dimainkan di dalam ruang tertutup dan tempo permainannya cenderung lebih cepat ketimbang permainan bola lainnya. Adapun dalam permainan bola basket, terdapat beberapa teknik yang wajib Anda ketahui, diantaranya.

Teknik Memegang Bola Basket

megang bola

Photo by Mídia from Pexels

Teknik dasar bola basket yang wajib Anda kuasai sebagai pemula ialah cara memegang bola basket. Anda harus memperhatikan sikap tangan, dimana tangan Anda harus membentuk mangkok besar. Bola juga harus berada di antara kedua telapak tangan. Setelah itu, telapak tangan melekat di samping bola, cenderung agak ke belakang, kemudian jari-jari terentang melekat pada bola.

Selain itu, usahakan ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola sembari menghadap ke arah tengah depan. Selanjutnya, pastikan kedua kaki membentuk kuda-kuda, dimana salah satu kaki berada di bagian depan. Anda juga perlu sedikit mencondongkan badan ke depan dan lutut rileks.

Teknik Menangkap Bola Basket

catching ball
Image by Keith Johnston from Pixabay

Teknik kedua yaitu teknik menangkap bola (catching ball). Teknik ini terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan juga menangkap bola di depan dada. Cara melakukan teknik ini yaitu bola dijemput telapak tangan dengan menggunakan jari-jari tangan yang terentang dan pergelangan tangan rileks.

Setelah itu, ketika bola masuk di antara kedua telapak tangan, usahakan agar jari tangan segera melekat ke bola. Lalu, tarik ke belakang atau juga bisa mengikuti arah datangnya bola.

Teknik Menggiring Bola Basket (Dribbling)

teknik dasar bola basket dribble
Image by Keith Johnston from Pixabay

Berikutnya ada teknik menggiring atau dribbling. Teknik ini merupakan usaha menggiring bola ke depan menuju ring lawan dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai dengan menggunakan satu tangan. Ketika bola bergerak ke atas, pastikan jika telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola.

Setelah itu, tangan menekan bola hingga titik tertinggi ke arah bawah. Anda perlu meluruskan siku sedikit, kemudian diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Adapun dalam permainan bola basket,  teknik menggiring bola ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Menggiring bola rendah. Adapun teknik menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan musuh. Sedangkan menggiring bola tinggi dapat dilakukan untuk memberikan serangan cepat terhadap daerah pertahanan lawan. Umumnya, teknik ini dilakukan saat lawan berada pada posisi jauh.

Anda perlu ingat, bahwa ketika melakukan kedua teknik menggiring atau dribbling tersebut harus memantulkan bola setelah melakukan tiga langkah pergerakan. Mengapa demikian? Hal ini karena jika lebih dianggap pelanggaran dan akan menguntungkan pihak lawan.

Baca Juga: Teknik Dasar Ping-pong!

Teknik Rebound

teknik dasar bola basket rebound
Image by senol sengül from Pixabay

Berikutnya, ada teknik Rebound atau biasa dikenal dengan teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ring. Adapun teknik ini dalam permainan bola basket dapat mencetak tambahan poin dari lemparan teman yang gaga memasukkan ke ring.

Rebound  merupakan hal penting yang mampu memberikan kemenangan pada tim, atau paling tidak posession ball yang bagus. Penting untuk Anda ketahui bahwa ada dua tipe rebound yaitu, rebound ofensif, teknik ini merupakan teknik lemparan yang gagal dalam satu tim, lalu bisa diambil oleh teman satu tim dan bisa mencoba shoot lagi, apabila berhasil masuk maka tim Anda akan mendapat dua poin.

Kedua, ada defensif rebound, dimana teknik ini merupakan teknik merebut bola basket yang gagal dimasukan oleh lawan ke dalam ring tim Anda. Jika Anda mampu menguasai teknik ini maka akan menyelamatkam tim Anda dari kekalahan dan juga berpeluang untuk melakukan counter attack.

Teknik Pivot atau Memoros

teknik dasar bola basket pivot
Image by Keith Johnston from Pixabay

Dalam permainan bola basket, juga ada teknik pivot atau memoros. Teknik ini merupakan usaha menyelamatkan bola terhadap jangkauan atau serangan lawan, dimana teknik ini memanfaatkan salah satu kaki sebagai poros, sedangkan kaki yang lainnya bisa berputar 360 derajat. Kedua tangan dapat digunakan untuk menjaga bola dari lawan.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam menggunakan teknik pivot ini, Anda perlu memilih kaki yang kuat supaya dapat digunakan sebagai tumpuan ketika memutar badan untuk melakukan gerak tipuan.

Teknik Shooting

Teknik dasar bola basket shooting
Image by HeungSoon from Pixabay

Selanjutnya, ada teknik shooting atau tembakan langsung ke ring lawan. Teknik ini merupakan usaha memasukkan bola ke dalam ring basket lawan untuk meraih poin. Cara melakukan teknik shooting yaitu dapat menggunakan satu tangan atau dua tangan.

Adapun selain dengan menggunakan satu atau dua tangan, Anda juga bisa melakukannya dengan cara lain, seperti: menembak dengan teknik set shoot dimana teknik ini meminta Anda untuk berada pada posisi berdiri diam di tempat dengan satu tangan, serta ada juga menembak dengan teknik set shoot yaitu dengan dua tangan.

Teknik Passing (Mengoper)

chest pass
Image by Сергей Горбачев from Pixabay

Teknik passing artinya teknik mengoper. Sedangkan, teknik catching artinya teknik menangkap. Jika Anda seorang pemula, maka wajib belajar dan menguasai cara mengoper dan menangkap bola dengan teman. Mengapa? Hal ini dikarenakan kedua teknik ini adalah teknik dasar bola basket yang perlu Anda kuasai lebih dahulu.

Adapun teknik passing sendiri terbagi ke dalam beberapa bentuk, diantaranya.

Teknik Chest Pass (Operan Setinggi Dada)

Teknik mengoper dimulai dari memegang bola di depan dada, lalu lempar bola lurus dengan telapak tangan ke arah luar.

Teknik Bounce Pass (Operan Pantul)

Kemudian, hampir sama dengan teknik chest pass. Namun, yang membedakannya ialah hanya lemparan yang diarahkan ke lantai, pastikan jika titik pantulnya berada di 3/4 jarak dari pengoper bola.

Teknik Overhead Pass (Operan di Atas Kepala)

Selanjutnya, ada teknik mengoper yang dilakukan dengan kedua tangan berada di atas. Adapun penerima bola juga menangkap dengan posisi tangan berada di atas.

Teknik Baseball Pass

Ada juga teknik mengoper yang biasa dilakukan di atas atau belakang kepala. Adapun teknik ini bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Teknik mengoper jarak jauh ini biasa dilakukan lebih dari setengah panjang lapangan. Selain itu, operan ini juga tidak terlalu akurat, namun sangat berguna pada saat fast break.

Teknik Behind the Back Pass

Berikutnya, ada teknik gerakan behind the back pas. Teknik ini memanfaatkan gerakan yang rumit bagi Anda para pemula. Selain itu, teknik ini dibutuhkan latihan yang tekun dan berulang-ulang supaya bisa melakukan gerakan yang baik dan benar.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola

Slam Dunk

teknik dasar bola basket slamdunk
Image by David Mark from Pixabay

Teknik yang terakhir ada slamdunk. Apa itu Slamdunk? Ya, teknik ini adalah salah satu teknik yang paling populer dan juga berkelas dalam permainan bola basket. Adapun cara melakukan teknik ini cenderung cukup mudah, yaitu dengan cara memasukan bola secara langsung dengan posisi badan dalam keadaan melayang.

Bagi Anda para pemula yang gemar berolahraga basket, bisa mencoba untuk mempelajari dan menguasi teknik-teknik dasar diatas. Diharapkan dapat membantu Anda menjadi seorang pemain basket yang handal. Perlu diingat, Anda juga perlu berhati-hati ketika berlatih, usahakan tidak terjadi cidera saat permainan berlangsung.

NBA Team List dan Penutup

NBA team list
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Artikel ini akan ditutup dengan daftar-daftar para klub NBA dan kalian tentukan siapa jagoan pilihanmu!

  1. Atlanta Hawks
  2. Boston Celtics
  3. Brooklyn Nets
  4. Charlotte Hornets
  5. Chicago Bulls
  6. Cleveland Cavaliers
  7. Dallas Mavericks
  8. Denver Nuggets
  9. Detorit Pistons
  10. Houston Rockets
  11. Indiana Pacers
  12. LA Clippers
  13. Loas Angeles Lakers
  14. Memphis Grizzlies
  15. Miami Heat
  16. Milwaukee Bucks
  17. Minnesota Timberwolves
  18. New Orleans Pelicans
  19. New York Knicks
  20. Oklahoma City Thunder
  21. Orlando Magic
  22. Philadelphia 76ers
  23. Phoenix Suns
  24. Portland Trail Blazzers
  25. Sacramento Kings
  26. San Antonio Spurs
  27. Toronto Raptors
  28. Utah Jazz
  29. Washington Wizards

Leave a Comment