Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Kilas Balik Sejarah Fotografi yang Mengagumkan!

Berbicara tentang sejarah dari suatu hobby atau profesi yang kita gemari adalah sebuah pengetahuan penting. Apalagi jika kita membahas sejarah fotografi, sebuah sejarah dari yang dulunya hanya dipakai oleh ilmuan dan orang pintar hingga anak kecil juga gemar melakukanya. Apakah penting mengetahui sejarah fotogragi? Sangat penting dan kalian tidak akan merasa buang-buang waktu untuk mengetahui sejarah fotografi ini.

Fotografi telah melalui perjalanan panjang dalam sejarahnya yang relatif singkat. Hampir dalam 200 tahun, kamera terus berkembang dari kotak polos yang hanya bisa memfoto buram hingga yang seperti ada komputer mini berteknologi tinggi yang bisa kita temukan di DSLR, smartphone, sampai action camera yang bisa menghilangkan tongsis (kalau memakainya, seperti pakai drone!).

Baca Juga:
Potrait photography Lebih Dari Foto Wajah (Pembahasan Lengkap!)
Pembahasan Lengkap Human Interest Photography Untuk Pemula
Teknik Fotografi dan Komposisi Fotografi Untuk Para Pemula!
25+ Jenis Fotografi yang Wajib Anda Ketahui (dan Contoh)!

Contents

Mari Membahas Sejarah Fotografi!

sejarah fotografi

Kisah dari sejarah fotografi ini memang menarik dan kita akan mencoba membahasnya. Namun, mari kita melihat sekilas dan perkembangan utama dari seni yang satu ini!

Kamera Pertama

Konsep dasar dari fotografi telah ada sejak sekitar abad ke-5 SM. Sampai akhirnya seorang ilmuwan Irak mengembangkan sesuatu yang disebut kamera obscura pada abad ke-11 di mana seni itu lahir.

Bahkan kemudian, kamera tidak benar-benar merekam gambar, hanya mempryeksikannya ke permukaan lain. Gambar-gambar itu juga bisa terbalik, meskipun mereka dapat membuatnya menjadi gambar yang akurat dari objek nyata seperti bangunan.

kamera obscura pertama menggunakan lubang jarum di tenda untuk memproyeksikan gambar dari luar ke area yang gelap. Baru pada abad ke-17 Kamera Obscura menjadi cukup untuk disebut portable. Lensa dasar yang digunakan untuk memfokuskan cahaya juga diperkenalkan pada tahun itu.

Gambar Permanen Pertama

Fotografi yang kita kenal sekarang, dimulai pada akhir tahun 1830-an di Prancis. Joseph Nicephore Niepce menggunakan kamera obscura portable untuk meng-expose pelat timah yang dilapisi dengan bitumen yang terkena cahaya. Ini adalah gambar yang difoto pertama yang tidak cepat pudar.

Keberhasilan Niepce menyebabkan sejumlah percobaan dan fotografi lainya berkembang sangat pesat. Daguerreotype, emulsion plates, dan wet plates dikembangkan hampir bersamaan pada pertengahan hingga akhir 1800-an.

Dengan setiap jenis emulsion yang ada, fotografer ber-eksperimen dengan berbagai bahan kimia dan teknik yang bermacam-macam. Berikut ini adalah tiga instrumen yang berperan penting dalam perkembangan fotografi modern.

Daguerreotype

Eksperimen Niepce mengarah ke kolaborasu dengan Louis Daguerre. Hasilnya adalah penciptaan daguerreotype, cikal bakalnya film modern.

  • Pelat Tembaga dilapisi dengan perak dan terkena uap yodium sebelum terkena cahaya
  • Untuk membuat gambar di atas plate, daguerreotype awal harus terkena cahaya hingga 15 menit.
  • Daguerreotype sangat populer sampai diganti pada akhir 1850-an oleh emulsion plates.

Emulsion Plates

Bisa juga disebut sebagai pelat basah, lebih murah daripada daguerreotype dan hanya membutuhkan wakta exposure 2 atau 3 detik. Ini membuat mereka jauh lebih cocok untuk foto potrait, yang merupakan jenis fotografi yang paling umum saat itu. Banyak foto dari Civil War yang diambil melalui emulsion plates.

Ini menggunakan proses emulsi yang disebut proses Collodion, tidak sesimple melapisi pada plate gambar. Selama waktu inilah bellow ditambahkan ke kamera untuk membantu fokus pada pemotretan.

2 jenis emulsion plates yang umum adalah ambrotype dan tintype. Ambrotype menggunakan plate kaca, bukan tembaga daguerreotype. Tintype menggunakan plate timah. Sementara plate ini jauh lebih sensitif terhadap cahaya, mereka harus dikembangkan dengan cepat. Fotografer perlu memiliki chemistry di tangan dan sering bolak balok ke kamar gelap.

Dry Plates

Pada tahun 1870-an, fotografi mengambil lompatan besar ke depan. Richard Maddox meningkatkan penemuan sebelumnya untuk membuat plate gelatin kering yang hampir sama dengan wet plate dalam kecepatan dan kualitas.

Dry plate ini bisa disimpan daripada dibuat sesuai kebutuhanya. Hal ini memungkinkan fotografer lebih bebas dalam mengambil foto. Proses ini juga memungkinkan untuk kmaera yang lebih kecil dan dapat digenggam. Saat waktu exposure menurun, kamera pertama dengan shutter mekanis mulai dikembangkan.

Kamera untuk Semua Orang

Fotografi hanya untuk para profesional dan orang kaya sampai akhirnya George Eastman memulai sebuah perusahaan bernama Kodak pada tahun 1880-an.

Eastman menciptakan film gulungan fleksibel yang tidak perlu terus-menerus mengubah plate yang padat. Ini memungkinkanya untuk mengembangkan kamera kotak yang menahan 100 film exposure. Kamera memiliki lensa tunggal kecil tanpa penyesuaian fokus.

Konsumen akan memotret gambar dan mengirim kamera kembali ke pabrik untuk film yang akan dikembangkan dan dicetak. Seperti kamera sekali pakai. Ini adalah kmaera pertama yang cukup murah untuk dibeli oleh kebanyakan orang.

Film ini masih besar dibandingkan dengan film 35mm saat ini. Baru pada akhir 1940-an film 35mm menjadi cukup murah untuk digunakan semua kalangan.

The Horrors of War

Sekitar tahun 1930, Henri-Cartier Bresson dan fotografer lain mulai menggunakan kamera 35mm kecil untuk memotret gambar kehidupan saat itu, daripada sebuah karya seni yang mereka coba buat. Ketika Perang Dunia II dimulai pada tahun 1939, banyak jurnalis foto yang mengadopsi gaya mereka.

Foto-foto yang menampilkan para prajurit Perang Dunia I membukakan jalan pada gambar-gambar perang dan akibatnya. Gambar-gambar seperti foto Joel Rosenthal, Mengibarkan Bendera di Iwo Jima membawa pada kenyataan perang di rumah sendiri dan membantu membangkitkan semangat rakyat Amerika yang belum pernah terjadi sebelumnya. Gaya menangkap momen-momen ini menentukan wajah fotografi selamanya.

Keajaiban Gambar Instant

Pada saat yang sama ketika kamera 35mm menjadi populer, Polaroid memperkenalkan model 95. Model 95 menggunakan proses kimia rahasia untuk mengembangkan film di dalam kamera dalam waktu kurang dari satu menit.

Kamera baru ini cukup mahal tapi dengan inovasi yang baru, mampu menarik perhatian publik. Pada pertengahan 1960-an, Polaroid memiliki banyak model di pasaran dan harganya telah turun sehingga lebih banyak orang yang bisa membelinya.

Pada 2008, Polaroid berhenti membuat Instant Image terkenal mereka dan membawa pergi rahasia mereka. Banyak kelompok seperti The Impossible Project dan Lomography telah mencoba menghidupkan kembali Instant Film atau Instant Image dengan sukses yang kurang baik. Pada 2018, masih sulit untuk mereplikasi kualitas yang ditemukan di Polaroid.

Advanced Image Control

Sementara Prancis memperkenalkan gambar permanen, Jepang mulai membuat kontrol gambar yang lebih mudah kepada paa fotografer.

Pada 1950-an, Asahi (yang kemudian menjadi Pentax) memperkenalkan Asahiflex dan Nikon memperkenalkan kamera Nikon F-nya. Keduanya adalah kamera tipe SLR dan Nikon F memungkinkan untuk lensa yang dapat digonta-ganti dan menambahkan askesoris lainya.

Selama 30 tahun ke depan, kamera bergaya SLR tetap menjadi kamera pilihan. Banyak inovasi baru diperkenalkan pada kamera dan film itu sendiri.

Munculnya Smart Camera

Pada akhir 1970-an dan wala 1980-an, kamera saku, yang bisa mengontrol gambar sendiri, mulai diperkenalkan. Kamera yang ‘point and shoot’ ini menghitung shutter speed, aperture, dan fokus. Membuat fotografer bebas berkonsentrasi pada komposisi.

Automatic kamera menjadi sangat populer di kalangan fotografer kasual. Profesional dan amatir menjadi serius untuk terus memilih penyesuaian sendirir dan menikmati kontrol gambar yang tersedia dengan kamera SLR.

Era Digital

Pada 1980-an dan 1990-an, banyak produsen bekerja pada kamera yang bisa menyimpan gambar secara elektronik. Yang pertama adalah kamera point-and-shoot yang menggunakan media digital alih-alih film.

Pada 1991, Kodak telah membuat kamera digital pertama yang cukup canggih untuk digunakan dengan baik oleh para profesional. Pabrik lain juga melakukan hal sama dengan cepat dan saat ini Canon, Nikon, Pentax, dan produsen lainya menawarkan kamera digital SLR (DSLR) yang canggih.

Even the most basic point-and-shoot camera now takes higher quality images than Niépce’s pewter plate, and smartphones can easily pull off a high-quality printed photograph.

Timeline Singkat dari Sejarah Fotografi

Bagaimana kita sampai pada titik ini pada teknologi yang mutakhir? Di mana orang-orang dengan mudahnya mengeluarkan ponsel mereka dan tinggal memotret apa yang mereka lihat? Mari kita lihat lagi timeline dari evolusi fotografi!

Abad Ke-5 SM

prinsip optik dan kamera

Philosoph Filsuf China dan Yunani menggambarkan prinsip dasar optik dan kamera. Orang cina adalah yang pertama menemukan ide kamera lubang jarum dasar. Sekitar abad ke-5 SM. mereka menulis tentang bagaimana sebuah gambar dibentuk terbalik dari ‘lubang jarum’ di arah yang berlawanan.

Abad Ke-4 SM

Filsuf Yunani, Aristoteles membahas pembentukan gambar lubang jarum dalam karyanya. “Mengapa itu merupakan gerhana matahari, jika seseorang melihatnya melalui saringan atau daun, seperti pohon-pesawat atau pohon berdaun lebar lainnya, atau jika seseorang menyatukan jari-jari satu tangan di atas jari-jari tangan yang lain, sinar berbentuk bulan sabit ke mana mereka mencapai bumi? Apakah karena alasan yang sama seperti ketika cahaya bersinar melalui lubang mengintip persegi panjang, itu tampak melingkar dalam bentuk kerucut?”

Tahun 1021 Masehi

Inovasi penemuan kamera obscura dikaitkan dengan ilmuwan Irak Alhazen dan dijelaskan dalam buku optiknya.

Tahun 1664-1672

gambar pembiasan sejarah fotografi

Isaac Newton menemukan bahwa cahaya putih terdiri dari warna yang berbeda-beda dengan cahaya putih sebagai hasil dari pembiasan dari sebuah prisma.

Tahun 1685

Visi bentuk kotak kamera yang portable dan berukuran kecil dibayangkan oleh Johann Zahn, kira-kira butuh 150 tahun sebelum teknologi mampu mewujudkan visinya menjadi nyata.

Tahun 1717

Johann Heinrich Schulze menemukan bahwa perak nitrat menjadi gelap setelah terpapar cahaya.

Tahun 1816

sejarah fotografi

Orang Prancis, Joseph Nicephore Niepce membuat kamera kayu yang dilengkapi dengan lensa mikroskop. Dia berhasil memotret gambar yang terbentuk dalam kamera kecil, tetapi foto-foto itu negatif.

Tahun 1826

Joseph Nicephore Niepce mengenalkan Heliograph, yang ia gunakan untuk membuat foto permanen paling awal yang diketahui dari pemandangan lewat Jendela di Le Gra.

Tahun 1837

Bekerja sama dengan Joseph, Louis Daguerre meneukan proses fotografi praktis pertama yang banyak digunakan hingga pertengahan 1850-an.

Tahun 1837

Foto Udara pertama diambil melalui balon udara.

Tahun 1861

Fisikawan Skotlandia, James Clerk Maxwell menghasilkan foto berwarna pertama.

Tahun 1871

sejarah fotografi

Dr. Richard Maddox menemukan metode menggunakan gelatin sebagai pengganti bahan plate untuk solusi sensitifitas cahaya.

Tahun 1884-1888

George Eastman memperkenalkan film berbasis seluloid dan kamera kotak kecil portable yang mudah digunakan.

Tahun 1878

Eadweard Muybridge berhasil menangkap beberapa scene movement. Penemuan dan teknik terobosan inilah yang membantu menemukan gambar bergerak.

Tahun 1884-1924

kamera Leica sejarah fotografi

Kamera mulai diproduksi di pabrik Leitz di Jerman. Kamera itu disebut Leica dari inisial ‘Leitz Camera.’

Tahun 1926

sejarah kamera

Fotografi berwarna bawah air dilahirkan dengan foto hogfish yang satu ini, yang dipotret di Florida Keys di Teluk Meksiko oleh Dr. William Longley dan fotografer staf Nasional Geographic, Charles Martin.

Tahun 1926

rolleiflex sejarah kamera

Langkah besar ke depan untuk pemasaran massal TLR atau twin-lens reflex, datang dengan Rolleicord dan kemudian rolleiflex, yang dikembangkan oleh Franke & Heidecke di Jerman.

Tahun 1936

sejarah kamera

SLR 35mm pertama, Ihagee Kine Exakta memiliki left-handed shutter release dan rapid film wind thumb lever, folding waist level finder dan 12 hingga 1/1000th second focal plane shutter.

Tahun 1948

polaroid model 95 sejarah kamera

Memperkenalkan jenis kamera yang sangat baru, Polaroid Model 95. Ini adalah kamera gambar instant pertama di dunia. Model 95 ini menggunakan proses kimia yang dipatenkan untuk menghasilkan cetakan positif dari negatif yang terpapar di bawah satu menit.

Tahun 1949

kamera contax sejarah fotografi

Kamera bersejarah: Contax S – Pentaprism SLR pertama dengan eye-level viewing.

Tahun 1952

asahiflex sejarah kamera

Model Pertama Asahi, Asahiflex adalah SLR 35mm buatan Jepang pertama.

Tahun 1959

Nikon F sejarah fotografi

Nikon F, kamera sistem dari Jepang pertama dengan komponen yang dapat dipertukarkan, yang merupakan inti dari suatu sistem.

Tahun 1975

kamera digital pertama

Kamera digital pertama kali ditemukan oleh Steven Sasson, seorang engineer di Eastman Kodak.

Tahun 1984

steve mccurry

Steve McCuryy menghasilkan karya fotogorafi paling terkenal yang pernah ada di Dunia.

Tahun 1988

fuji fujix sejarah fotografi

Mestikup tidak pernah masuk market, Fuji Fujix DS-1P 1988 memperkenalkan teknologi penting – kartu memori SRAM (RAM Statis) yang dapat dilepas, dikembangkan bersama Toshiba.

Tahun 1993

sejarah kamera

Tidak seperti banyak kamera digital lainya yang menyimpan foto dalam memori volatile yang membutuhkan daya baterai untuk mencegah hilangnya file, kamera resolusi video graphics array (VGA) ini adalah yang pertama untuk menyimpan file gambar dalam jenis memori solid-state flash yang sekarang menjadi media penyimpanan hampir seluruh jenis kamera digital.

Tahun 1994

Umumnya diyakini sebagai konsumen pertama (di bawah $1,000) kamera untuk memotret gambar berwarna pada suatu sensor, QuickTake, yang dirancang oleh Kodak dan diproduksi oleh Chinon di Jepang, dengan resolusi VGA. Ini mewakili pandangan pertama tentang fotografi oleh perusahaan Apple.

Tahun 1994

Bayangkan ponsel kamera yang dilengkapi Wi-Fi yang tidak akan muncul sampai bertahun-tahun kemudian, model Olympus Deltis VC-11000 1994 adalah kamera digital pertama dengan kemampuan untuk mengirimkan gambar melalui saluran telepon, tanpa perantara seperti komputer atau perangkat lainya.

Tahun 1999

kyocera sejarah fotografi

Kyocera VP-210 memperkenalkan konsep yang masih sering kita gunakan: Phone Photography!

Tahun 1991

Nikon D1 sejarah kamera

Nikon D1 adalah DSLR pertama yang dirancang oleh 1 produsen. Itu benar-benar menurunkan harga SLR hingga lebih dari setengahnya. Sangat merusak pasar.

Tahun 2002

casio exilim

Casio Exilim EX-S1/EX-M1 melompat sangat maju dalam perlombaan desain ultracompact dengan kamera kartu wearable EX-S1 setebal 0,4 inci.

Tahun 2003

kamera dslr sejarah fotografi

Ketika DSLR 6MP diumumkan di Internet, editor bergegas mengulangi kiprah DSLR pertama dengan harga di bawah $1,000. Reb terbang dari rak dan membuktikan titik kritis bagi fotografer amatir yang serius, yang tak terhitung jumlahnya untuk beralih dari film ke digital.

Tahun 2005

canon eos 5d

Canon EOS 5D memiliki pasar baru yang populer hingga 2008, ketika Nikon dan Sony merilis D700 dan Alpha 900 mereka.

Tahun 2007

go pro sejarah kamera

Go Pro Digital Hero 3 diperkenalkan ke pasar dan menawarkan sensasi kamera go-anywhere dengan case yang kokoh. Sekarang kebanyakan orang yang berolahraga, mengendari motor, bahkan mobil menggunakan kamera tersebut.

Apple memperkenalkan Iphone. Meskipun Apple bukan yang pertama kali memperkenalkan handphone ber-kamera, tapi mereka menggabungkan interface camera, dintitive downloading, dan sharing tools. Dan pada 2008, ada platform pihak ketiga, yang menjadikan makin populer.

Tahun 2008

canon eos 5d sejarah kamera

Polaroid mengumumkan penghentian produksi semua produk yang bisa instant film. Dengan alasan munculnya teknologi digital imaging.
Dan Canon EOS Mark 11 juga diperkenalkan di tahun yang sama.

Tahun itu juga Panasonic mengeluarkan rakitan cermin dan prisma dari DSLR dan menggantinya dengan electronic viewfinder, dan menjadikan Lumix G1 sebagai kamera compact system pertama di dunia.

Tahun 2012

nikon d800 sejarah kamera

Nikon D800 hadir di pasaran dengan 36 juta pixel full frame sensor yang belum pernah ada sebelumnya.

Tahun 2016

iphone 7 sejarah fotografi

Canon 5D Mark IV dirilis sebagai refleks lensa tunggal digital dengan 30.1 megapixels full frame yang bisa merekam video dalam format 4K.

Di tahun yang sama, Iphone 7 memperkenalkan teknologi kmaera terbaru, yaitu kamera yang memiliki lensa 6 elemen dan 12 megapixels sensor.

19 Foto Pertama dari Sejarah Fotografi

Bisa dibilang, fotografi menjadi sebuah media yang tidak mempunyai batasan sejak diperkenalkan pada awal 1800-an. Penggunaan kamera membuat kita bisa menangkap momen bersejarah dan membantu kita untuk mereka sejarah, melihat diri kita sendiri, atau melihat dunia di sekitar kita. Untuk menutup artikel sejarah fotografi ini, kami telah mengumpulkan dua puluh foto serba pertama dari dua abad terakhir ini. Yuk, kita mulai saja!

1. Foto Pertama

foto pertama

Foto pertama di dunia yang dibuat oleh kamera, diambil pada tahun 1826 oleh Joseph Nicéphore Niépce. Foto itu diambil dari jendela lantai atas bangunan Niépce di wilayah Burgundy, Prancis.
Gambar ini dipotret dengan proses yang dikenal sebagai heliografi yang menggunakan bitumen dari yudea yang dilapisi sepotong kaca ataupuj logam. Bitumen ini mengeras secara proporsional dengan jumlah cahaya yang memasukinya.

2. Foto Berwarna Pertama

foto berwarna pertama

Foto berwarna pertama diambil oleh seorang ahli fisika matematika, James Clerk Maxwell. Foto di atas dianggap sebagai foto warna paling tahan lama pertama dan diresmikan oleh Maxwell pada sebuah kuliah pada tahun 1861. Penemu SLR, Thomas Sutton, adalah orang yang membantu menekan tombol rana, sedangkan Maxwell melakukan proses ilmiah untuk membuatnya. Bagi yang susah melihat gambar itu, itu adalah busur tiga warna.

3. Foto Peluncuran Cape Canaveral Pertama

Foto Peluncuran Cape Canaveral Pertama

Nasa juga memiliki fotografer, dan pada juli 1950, para fotografer NASA ini memotret peluncuran Cape Canaveral. Roket yang dikenal sebagai BUMPER 2 itu adalah roket tahap kedua yang terdiri dari roket berbasis V-2 dan roket Kopral WAC. Kerenya lagi, potret gambar ini juga mengambil gambar para fotografer lainya yang sedang berbaris dan siap memotret dari momen tersebut.

4. Foto Digital Pertama

Foto digital pertama

Foto digital pertama yang diambil terjadi pada tahun 1957 (hampir 20 tahun sebelum engineer Kodak menemukan kamera digital pertama). Foto itu adalah pemindaian digital dari bidiak yang awaknya diambil dalam film. Gambar tersebut menggambarkan putra dari Russell Kirsch dan memiliki rosolusi 176×176 (sebuah ukran persegi yang layak masuk ke feed Instagram).

5. Foto Seseorang Pertama

Foto seseorang pertama

Maksudnya adalah foto pertama seorang manusia yang ada di sebuah potret (bebas, bukan dokumentasi sejarah). Muncul di snapshot yang diambil oleh Louis Daguerre. Eksposur berlangsung kurang lebih tujuh menit dan ditunjukan untuk memotret Boulevard du Temple, sebuah jalan raya di Paris, Prancis.

Karena waktu exposure yang lama, banyak orang yang berjalan di jalan tidak dapat masuk ke gambar dan membuat gambar menjadi menarik. Namun, di kiri bawah foto ada seorang pria berdiri yang sedang memoles sepatunya. Apakah kalian sudah bisa melihat orang tersebut?

6. Foto Selfie Pertama

Foto selfie pertama

Sebelum ‘selfie’ menjadi sangat populer, Robert Cornelius memasang kamera dan mengambil potret diri pertama di dunia di belakang sebuah bisnis yang ada di Chestnut Street, Center City, Philadelphia. Cornelius duduk di depan lensa selama lebih dari satu menit, sebelum meninggalkan kursi dan menutupi lensa. Foto yang sangat fenomenal ini ditangkap lebih dari 170 tahun yang lalu pada tahun 1839.

7. Foto Hoax Pertama

foto hoax pertama

Foto hoax atau tipuan pertama diambil pada tahun 1840 oleh Hippolyte Bayard. Bayard dan Louis Daguerre berjuang untuk mengklaim gelar ‘Bapak Fotografi.’ Bayard seharusnya mengembangkan proses fotografinya sebelum Daguerre memperkenalkan Daguerreotype. Namun pengumuman penemuan itu ditunda. Dalam sebuah rencana pemberontakan, Bayard membuat foto seorang lelaki yang tenggelam dan mengklaim bahwa ia buhuh diri karena permusuhan.

8. Foto Udara Pertama

foto udara pertama

Tidak diambil dengan drone, foto udara pertama atau aerial photography yang pertama diambil dengan balon udara pada tahun 1860. Foto udara ini menggambarkan kota Boston dari ketinggian 2.000 kaki. Fotografer James Wallace Black yang mengambil gambar ini dan memberi karyanya dengan judul ‘Boston, as the Eagle and the Wild Goose See It.’

9. Foto Matahari Pertama

foto matahari pertama

Foto sosok matahari pertama diambil oleh seorang Fisikawan Prancis, Louis Fizeau dan Leon Foucault pada tanggal 2 April 1845. Foto itu diambil menggunaan proses Daugerreotype dan dihasilkan setelah 1/60 detik. Jika kita perhatikan gambarnya, kita bisa melihat beberapa bintik matahari.

10. Foto Luar Angkasa Pertama

foto luar angkasa pertama

Foto pertama dari luar angkasa pertama diambil oleh roket V-12 #13, yang diluncurkan pada 24 Oktober 1946. Foto tersebut menggambarkan bumi dalam warna hitam-putih dari ketinggian 65 mil. Kamera yang menangkap bidikan itu adalah kamera gambar bergerak 35mm yang mengambil frame setiap setengah detiik saat roket naik langung ke atmosfer.

11. Foto Berita Pertama

foto berita pertama

Diyakini foto berita pertama diambil pada tahun 1847 melalui proses Daguerreotype. Foto itu menggambarkan seorang pria yang ditangkap di Prancis.

12. Foto Presiden Pertama

foto presiden pertama

John Quincy Adams, Presiden ke-6 Amerika Serikat bisa dibilang sebagai presiden yang pertama difoto. Dengan proses Daguerreotype pada tahun 1843, beberapa tahun sejak Adams meninggalkan jabatanya pada tahun 1829. Yang mengambil fotonya dalah James Polk, Presiden ke-11, yang difoto pada tahun 1849.

13. Foto Petir Pertama

foto petir pertama

Petir dapat menjadi subjek yang menarik untuk ditangkap dan fotografer pertama yang mengambil snapshot petir pada tahun 1882. Fotografer William Jennings ini menggunakan temuanya untuk menunjukan bahwa petir jauh lebih rumit daripada yang diperkirakan sebelumnya. Lihat bagaimana petir bercabang di bagian atasnya.

14. Foto Bulan Pertama

foto bulan pertama

Foto pertama bulan ini diambil olhe John W. Draper pada 26 Maret 1840. Foto itu diambil dengan proses Daguerroetype yang diambil Draper dari atap obsevatoriumnya di New York University. Sejak diambil, hasil fotonya mengalami beberapa kerusakan fisik.

15. Foto Landscape Berwarna Pertama

foto landscape berwarna pertama

Landscape berwarna pertama yang memperlihatkan dunia dalam warna diambil pada tahun 1877. Fotografer Louis Arthur Ducos du Hauron, adalah pelopor dalam fotografi warna dan merupakan dalang di balik proses yang menciptakan foto ini. Bidikan ini menggambarkan Prancis Selatan dengan judul ‘Landscape of Southern France.’

16. Foto Bumi dari Bulan Pertama

foto bumi dari bulan pertama

Bumi difoto dari Bulan dengan segala kecanggihanya pada tanggal 23 Agustus 1966. Orbiter Lunar yang berpergian di sekiat Bulan memotret dan kemudian diterima di Robledo De Chervil di Spanyol. Ini adalah orbit ke-16 pesawat ruang angkasa Lunar di sekitar Bulan.

17. Foto Tornado Pertama

foto tornado pertama

Alam dapat menjadi kekuatan yang bisa merusak, dan gambar Tornado ini diambil pada tahun 1884. Fotografer yang menangkap gambar ini adalah seorang petani buah lokal yang tinggal di Anderson County, Kansas. Fotografer amatir yang bernama A.A. Adams, memasang kamera kotaknya dan mengambil foto 14 mil dari topan.

18. Foto dari Mars Pertama

Foto dari Mars Pertama

Gambar pertama planet Mars diambol oleh Viking 1 tak lama setetalah mendarah di Mars yang dijuluki sebagai Planet Merah. Foto itu diambil pada 20 Juli 1976, ketika NASA memenuhi misinya untuk mendapatkan gambar resolusi tinggi dari permukaan planet. Gambar-gambar itu digunakan untuk mempelajar struktur dari planet Mars.

19. Foto Kecelakaan Fatal Pesawat Pertama

foto kecelakaan fatal pesawat pertama

Foto bencana mungkin bukanlah target yang paling menyenangkan, namun kita bisa belajar dari kesalahan masa lalu kita. Foto dari tahun 1908 ini menampilkan kematian Aviator Thomas Selfridge. Pesawat itu adalah desain eksperimental oleh Aerial Experimental Association, yang merupakan bagian dari Angkatan Darat AS. Pesawat itu juga membawa Orville Wright ketika jatuh, untungnya dia selamat.

Leave a Comment