Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Penemu Bola Voli: Sejarah William G. Morgan

Penemu Bola Voli – Siapa yang tidak tau olahraga yang menjaga bola agar tidak jatuh di area kita ini? Tapi, apakah kalian tau, bagaimana olahraga voli ini diciptakan? Atau bagaiaman bola voli pertama? Dan kenapa Si Penemu Bola Voli ini menciptakan olahraga tersebut?

Maka, ini adalah William G. Morgan, Penemu bola voli, dan serba-serbinya.

Orang tua William G. Morgan

George Henry Morgan
Sumber: Wikitree

George Henry Morgan

George Henry Morgan lahir di Pembroke, Wales tahun 1841. Saat umur 14, dia menjadi seorang pembuat kapal tahanan selama 7 tahun di Dermaga Pembroke. Setelah dia menyelesaikan kapal itu, dia memutuskan untuk berlayar meninggalkan Wales dan menuju Amerika.

Dia juga dibayar selama perjalanan sebagai tukang memperbaiki kapal. Selama perjalanan itu, bisa dibilang penghasilanya lebih dari cukup untuk bertahan hidup, dan tidak usah kembali ke Wales. Tapi, dia lebih takut kalau kapal itu karam. Karena dia tidak bisa berenang.

George sampai di Amerika saat sedang perang saudara kala itu. George bekerja sebagai pembuat kapal untuk pemerintah di Naval Yards.

Pada 1868, dia mengajukan perpindahan tempat ke New York oleh Thomas Nash dan menemukan keluarga Morgan dari Wales. Beberapa tahun sebelumnya Nash telah sampai duluan di Lockport, New York. Dan di sanalah George menetap, dan tetap bekerja sebagai pembuat kapal untuk Canada.

Nancy Chatfield

Nancy adalah seorang pelajar di suatu sekolah di Lockport. George saat itu mendaftar sebagai murid untuk belajar menulis menggunakan tangan kirinya, dan meningkatkan kemampuan tanganya. Terlebih lagi, tangan kananya terluka karena bekerja.

Kebetulan yang mengajarinya adalah Nancy.

Dan akhirnya mereka saling menyukai, berpacaran, dan akhirnya menikah.

Dan dari pernikahan itu, lahirlah 6 orang anak, dan William G. Morgan menjadi anak pertama mereka.

Kehidupan William G. Morgan

Lahir pada 23 Januari 1870. Tepatnya di Lockport, New York.

Morgan Brother Boat Builders

Boat
Sumber: the Niagara County

Pada tahun 1887, George beserta saudaranya, Alfred, juga menjadi pembuat kapal. Dan selanjut membuat kemitraan bersama adeknya dengan naman Morgan Brother Boat Builders.

Mereka membuat Canal Boats, Tugboats, suku cadang kapal seperti baling-baling, dan bagian dalam kapal pesiar. Mereka juga penerima pesanan dari Amerika dan pesanan berupa kapal keruk untuk Pemerintah Canada.

Perusahaan mereka juga mempunyai beberapa bangunan, seperti bangunan pertukangan, paint shop, gudang penyimpanan, dan kantor.

Setidaknya ada 35 tukang kapal dibawah perusahaan mereka, salah satunya anaknya George, William G. Morgan. Pada usia 15 tahun, dia merasa tidak perlu ke sekolah karena sudah paham semua pelajaran seperti matematika dan fisika. Maka memutuskan untuk mengaplikasikan di perusahaan ayahnya.

Hingga akhirnya dia kembali ke sekolah untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Teknik, di Mount Hermon Preparatory School in Northfield Massachusetts. Mudah saja bagi dia untuk diterima di sana.

Sekolah Formal William G. Morgan

Mount Hermon
Sumber: Daily Mail

Pada 3 Februari 1891, Morgan resmi bersekolah formal. Ini adalah pilihan dari Malt Herman, dan dia yakin ini arah yang benar untuk mencapai tujuan karirnya, menjadi insinyur.

Sekolah itu tidak hanya luar biasa saja, di sana diberi banyak pilihan dalam ekstrakurikuler. Yang paling banyak peminatnya adalah football dan paduan suara. Dan itu yang diambil William. Di mana kedua itu akan mempengaruhi sepanjang hidupnya.

Kemampuan sepak bolanya, membuat dia masuk ke Springfield College. Dan paduan suara, membuat ia menyanyi untuk Mary Caldwell yang akan membuat dia jatuh cinta.

James Naismith

James Naismith
Sumber: Kansas Historical Society

Mount Herman memiliki seorang gelandang. Dia memasuki tim football besar di Universitas. Pemuda yang memiliki skill hebat, yang membuat pelatih tertarik. Dia tidak menganggap datang ke sekolah hanya untuk bermain football saja, tapi lebih dari itu. Tapi, untuk berkarir di YMCA International.

Dan itu yang diberikan oleh William, dari seorang penemu basket, James Naismith.

Asisten James, Amos Alonzo, yang akan menjadi pelatih sukses di sejarah football universitas.

Menikah dengan Mary

Mount Hermon adalah sekolah khusus laki-laki. Begitupun paduan suara sekolahnya hanya berisikan laki-laki. Sayangnya, untuk musik pengiring, tidak ada laki-laki yang cocok untuk peran itu.

Lalu datanglah Mary, mahasiswi Universitas Northfield yang berbakat, untuk mengisi peran itu dan memainkan piano sebagai musik pengiring.

Paduan suara melakukan tur di sekitar kota bersama dr. Dwight Moody, dan waktu itu waktu yang cukup untuk membuat mereka jatuh cinta.

Tak lama setelah itu, William melamar Mary dan akhirnya, pada 7 Oktober 1893 mereka menikah.

Tahun-tahun Pernikahan

Awal-awal tahun sampai tahun ke-50 pernikahan, menguji kesabaran Mary karena gaya hidup yang berpindah-pindah mengikuti karir William.

Dari pernikahan mereka, lahirlah 5 orang anak, yaitu: Lillian, George, Robert, James, dan Richard Morgan. Dan anak-anaknya inilah yang mengharuskan William untuk mengganti pekerjaanya yang sering pindah-pindah tugas.

William mulai belajar hal baru, dan akhirnya bekerja pada General Electric Company. Lalu, dia bertemu dengan seseorang dari Texas yang menyuruhnya untuk menginvestasikan tabunganya untuk bisnis lumber di Port Boulevard. Tapi bisnisnya gagal.

Kembali ke Lockport New York

Union Stasiun Lockport, NY
Sumber: Pinterest

Akhirnya, William dan keluarganya, setelah bisnis gagal, kembali ke kampung halamanya.

William bekerja pada Auburn Maine YMCA sebagai director of physical activities. Keluarga merekapun menetap di sana, Auburn Maine, untuk beberapa waktu.

Dan pada tahun 1895, William dipindah tugaskan ke YMCA di Holyoke Massachusetts.

Baca juga: Penemu Laptop dan Laptop Terbaiknya.

Kegelisahan akan Olahraga

Ketika William bekerja di YMCA Holyoke, dia bekerja sebagai direktur Pendidikan jasmani. Ia mulai memperhatikan bahwa olahraga basket, yang sedang popular, tidak bisa dimainkan oleh semua orang.

Laki-laki muda yang lebih lemah, orang dewasa yang jarang berolahraga, ataupun orang dewasa yang lebih tua, tidak bisa mengikuti tempo permainan yang tergolong cepat ini. Apalagi harus naik-turun, menyerang dan bertahan.

Dan William mencoba berpikir keras olahraga macam apa yang serupa dengan basket, namun bisa dimainkan oleh semua golongan umur. Fisik kuat maupun lemah.

William-pun memutuskan bahwa yang terbaik adalah menemukan ide-ide baru dari olahraga seperti bola tangan, tenis, dan bulu tangkis, dan pengetahuanya tentang olahraga untuk membuat olahraga yang baru ini.

William memutuskan untuk olahraga yang baru ini memakai jaring setinggi enam kaki, enam inchi ditengah, membagi 2 area terpisah, dan bahwa itu akan dimainkan di lapangan 30 kaki x 60 kaki, sehingga bisa dimainkan di pusat kebugaran di mana saja di seluruh negara ini.

Awal Mula Mintonette

Mintonette
Sumber: Sutori

Sudah membuat aturan dasar, sekarang William berpikir bola apa yang akan digunakan, sedangkan bola basket terlalu berat dan keras.

Setelah menguji beberapa bola, dia memutuskan untuk meminta kepada A.G. Spalding & Bros. untuk membuat bola. Perancang peralatan dan master penjahit kain laut A.G. Spalding & Bros., Dale Callaghan, mengembangkan dan memproduksi prototipe bola voli pertama. Morgan sangat senang dengan pekerjaan Spalding & Bros.

Mereka menciptakan Morgan bola yang sempurna untuk olahraganya, yang ditutupi kulit, dengan keliling 25-27 inci. Bola itu juga merupakan bobot yang sempurna untuk olahraga Morgan. Bola itu seberat 9-12 ons. Bola baru ini yang dibuat untuk olahraga Morgan adalah sentuhan akhir yang sempurna untuk dasar-dasar olahraga.

Dan yang terakhir, adalah nama. William datang dengan olahraga baru bernama Mintonette. Baca juga pengetahuan menarik di scoutles.com

Presentasi Mintonette yang Pertama

Pada tahun 1895, yang pertama diberi tau tentang olahraga ini adalah Dr. Luther Hasley Gulick (direktur sekolah pelatihan Pendidikan jasmani professional) dan kemudian sisanya dari Direktur Pendidikan Jasmani YMCA.

Dr. Gulick sangat senang, dan meminta William untuk presentasikan olahraga baru itu di stadion baru mereka.

Dalam persiapan untuk debut besarnya, William menciptakan 2 tim yang terdiri dari 5 orang, yang akan membantu dalam mendemonstrasikan “Mintonette” di depan delegasi konferensi di Lapangan Tenis Timur di Springfield College.

Pada 9 Februari tahun 1895, William mendemonstrasikan olahraga barunya kepada dunia. William menyebutkan beberapa pedoman utama dalam Mintonette, seperti bahwa permainan itu dibuat sehingga bisa dimainkan di udara terbuka atau gymnasium serta aturan dasar Mintonette yaitu, untuk menjaga bola beraksi saat berjalan dari satu sisi jaring tinggi, ke yang lain. Gak boleh jatuh ke tanah.

Mintonette Menjadi Volleyball

Volleyball in Beach
Sumber: Pixabay

Salah satu delegasi konferensi, Profesor Alfred T. Halsted, menyukai permainan Mintonette, tetapi dia merasa ada sesuatu yang tidak beres. Profesor Halsted menyarankan agar nama permainan itu adalah Bola Voli, karena titik utama permainan itu adalah “voli” bola ke pemain atau melewati jaring. Morgan setuju dengan ide Halsted dan sejak itu permainan asli “Mintonette” telah disebut sebagai Bola Voli.

Morgan terus mengubah aturan permainan hingga Juli 1896, di mana olahraganya ditambahkan ke dalam buku pegangan resmi pertama Liga Atletik YMCA Amerika Utara.

Timeline Pertandingan Volley di Dunia

  • Pada tahun 1900, bola khusus dirancang untuk olahraga.
  • Pada tahun 1916, di Filipina, gaya ofensif mengoper bola di lintasan tinggi untuk disambar pemain lain (set dan spike) diperkenalkan.
  • Pada tahun 1917, permainan diubah dari 21 menjadi 15 poin.
  • Pada tahun 1920, tiga aturan serangan hit per sisi dan baris belakang dilembagakan.
  • Pada tahun 1922, kejuaraan nasional YMCA pertama diadakan di Brooklyn, NY. Dua puluh tujuh tim dari 11 negara diwakili.
  • Pada tahun 1928, menjadi jelas bahwa turnamen dan peraturan diperlukan, sehingga Asosiasi Bola Voli Amerika Serikat (USVBA, kini Bola Voli AS) dibentuk. AS Terbuka pertama dipentaskan, karena lapangan terbuka untuk regu non-YMCA.
  • Pada tahun 1930, permainan pantai dua orang pertama dimainkan.
  • Pada tahun 1934, wasit bola voli nasional disetujui dan diakui.
  • Pada tahun 1937, di konvensi AAU di Boston, tindakan diambil untuk mengakui Asosiasi Bola Voli A.S. sebagai badan pengatur nasional resmi di A.S.
  • Pada tahun 1947, Federation Internationale De Volley-Ball (FIVB) didirikan.
  • Pada tahun 1948, turnamen pantai dua orang pertama diadakan.
  • Pada tahun 1949, Kejuaraan Dunia awal diadakan di Praha, Cekoslowakia.
  • Pada tahun 1964, bola voli diperkenalkan ke Olimpiade di Tokyo.
  • Pada tahun 1965, Asosiasi Voli Pantai California (CBVA) dibentuk.
  • Pada 1974, Kejuaraan Dunia di Meksiko ditayangkan di Jepang.
  • Pada tahun 1975, tim Wanita Nasional AS memulai rezim pelatihan sepanjang tahun di Pasadena, Texas (pindah ke Colorado Springs pada 1979, Coto de Caza dan Fountain Valley, CA, pada 1980, dan San Diego, CA, pada 1985).
  • Pada 1977, Tim Pria Nasional AS memulai rezim pelatihan sepanjang tahun di Dayton, Ohio (pindah ke San Diego, CA, pada 1981).
  • Pada tahun 1983, Asosiasi Profesional Bola Voli (AVP) dibentuk.
  • Pada tahun 1984, AS memenangkan medali pertama mereka di Olimpiade di Los Angeles. Laki-laki memenangkan emas, dan perempuan perak.
  • Pada tahun 1986, Asosiasi Voli Profesional Wanita (WPVA) dibentuk.
  • Pada tahun 1988, orang-orang AS mengulangi emas di Olimpiade di Korea.
  • Pada 1990, Liga Dunia diciptakan.
  • Pada tahun 1995, olahraga bola voli berusia 100 tahun!
  • Pada tahun 1996, voli pantai dua orang menjadi olahraga Olimpiade.

1 thought on “Penemu Bola Voli: Sejarah William G. Morgan”

Leave a Comment