Mengenal Puasa Sunnah Senin Kamis: Niat, Manfaat, dan Lainya.

Mengenal Puasa Sunnah Senin Kamis: Niat, Manfaat, dan Lainya.

Selain puasa Ramadhan, ada puasa senin kamis yang sangat populer dan sudah banyak yang mengamalkanya, bahkan Rasulullah juga menjalankanya. (Niat) Puasa yang dilakukan selama dua kali dalam seminggu, delapan kali dalam sebulan, dan entah berapa kali dalam setahun, setelah dipotong bulan puasa dan hari raya. Yang jelas, cukup banyak jika kita istiqomah menjalankanya.

Maka, sekarang kita akan membahas puasa senin kamis, semoga cukup lengkap, dan menjadi salah satu amalan yang bisa kita laksanakan.

Majelis Azzikra

Pengertian Puasa Sunnah Senin Kamis

Pengertian Puasa Senin Kamis

Sesuai nama atau sebutanya, puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan di hari senin dan kamis. Kenapa harus hari senin dan kamis, kenapa tidak di hari yang lainya? Banyak yang menjelaskan pertanyaan ini di hadist-hadist, yang menyebutkan salah satu puasa yang paling sering Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kerjakan adalah puasa senin dan kamis.

Karena kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. itulah kita sebagai umat-nya dianjurkan untuk melaksanakan sunnahnya. Bukankah kita berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah?

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dalil atau Hadist Tentang Puasa Sunnah Senin Kamis

niat puasa senin kamis

Usamah bin Zaid berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Tata Cara Puasa Sunnah Senin Kamis (Niat Puasa Senin Kamis)

Niat Puasa Senin Kami

  1. Membaca niat
    Baiknya, membaca niat puasa senin kamis sebelum terbit fajar, atau saat malam hari. Namun karena ini puasa sunnah, tidak masalah jika kita lupa niat, dengan catatan membaca niat puasa di pagi harinya sebelum dzuhur, selama belum makan atau minum apapun dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.
  2. Makan Sahur
    Yang membedakan puasa orang muslim dengan orang yang non-muslim, adalah sahur. Banyak sekali keutamaan dan keberkahan sahur. Jadi meski ini puasa sunnah, sebaiknya tetap melakukan sahur, walaupun hanya minum atau makan sebutir kurma.
  3. Menjaga diri dari hal yang membatalkan puasa
    Seperti puasa pada umumnya, jelas makan dan minum tidak boleh dilakukan. Lalu ada maksiat-maksiat lainya, seperti ghibah, mendekati zina, bohong, dan sebagainya. Walaupun maksiat ini memang harus kita jauhi, puasa atau tidak, dan puasa ini melatih kita untuk bisa menjaga diri.
  4. Buka Puasa
    Buka puasa tetap, saat matahari tenggelam atau datangnya adzan magrib. Dan buka puasa harus disegerakan.

Manfaat atau Khasiat Puasa Senin Kamis

Selain memang dianjurkan dan menjadi sunnah yang sangat baik, puasa memiliki beberapa manfaat atau khasiat, yang memang sudah diteliti oleh para peneliti, entah itu orang muslim atau non-muslim. Berikut adalah manfaat atau khasiat puasa senin kamis.

  1. Membuat gigi lebih sehat
  2. Melangsingkan tubuh
  3. Menunda penuaan dini
  4. Merejamakan sel-sel kulit
  5. Bisa menjadi lebih peka

Manfaat untuk Kesehatan

  1. Bisa membuang racun yang ada dalam tubuh
  2. Lemaknya bisa turun
  3. Membuat kita lebih cerdas
  4. Menjadi obat stress
  5. Solusi untuk perasaan tidak enak
  6. Sistem pencernaan lebih sehat

Hikmah Puasa Senin Kamis

manfaat puasa

Setiap amalan ibadah memiliki hikmahnya, dan puasa sunnah senin kamis-pun begitu juga. Berikut adalah hikmah pada puasa senin dan kamis.

Latihan untuk Menjaga Diri agar Terhindar dari Dosa

“Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu setengah kesabaran.” (HR. Ibnu Majah). Fitrah manusia adalah memiliki nafsu, dan biasanya dari nafsu itulah jika bisa melakukan maksiat atau dosa. Dan dengan puasa ini membuat kita, jika ingin berbuat dosa, hati kecil kita akan berbisik, “sabar… ingat lagi puasa.” Dan ini akan membuat perangkai kita lebih baik.

“Puasa adalah benteng yang membentengi seseorang dari api neraka yang membara.” (HR. Ahmad dan Baihaqi).

Meningkatkan Amalan Ibadah Kita

Jika kita memang benar-benar puasa niat karena Allah ta’ala, kita akan semakin giat beribadah saat puasa. Sebagaimana saat puasa ramadhan, banyak orang yang berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah mereka.

Dan puasa itu diterima dan diberi langsung oleh Allah, di hari nanti kelak.

Penutup

Selama kita masih ada umur, tenaga, dan iman, sebaiknya kita perbanyak amalan sunnah yang mampu kita lakukan. Entah amalan apa yang diterima oleh Allah dan itu menjadi wasilah untuk kita masuk surga.

Jika ada salah dalam artikel ini, mohon maaf dan tolong diingatkan. jangan lupa untuk niat puasa senin kamis. WaAllahu a‘lam bisshowab.

Leave a Reply

Close Menu