Makanan Khas Filipina yang Populer (Tidak Dianjurkan untuk Muslim)!
by yummpy.ph

Makanan Khas Filipina yang Populer (Tidak Dianjurkan untuk Muslim)!

Kenapa artikel makanan khas Filipina ini tidak dianjurkan untuk umat muslim? Karena kebanyakan makananya berbahan dasar babi dan gua yakin, kalian tidak tertarik dengan itu. Namun tak masalah kalau ingin tau 😉

Negara yang memiliki banyak pulau dan perairan yang luas ini (dengan total daratan 343.488 km2 dan garis patai terpanjang nomor lima di dunia: 36.289 km), memiliki sejarah yang panjang. Campuran budaya antara pribumi dan negara penjajah seperti spanyol, membuat banyak keragaman di negeri tagalog ini.

Tak terkecuali makanan dan minuman yang beragam. Walaupun ada beberapa adat dan budaya, hingga makanan yang mirip dengan Indonesia, Filipina mempunya ciri khasnya sendiri. Penasaran dengan makanan khas dari negara Filipina ini, kan?

Mari kita bahas makanan tradisional sampai resep-resep atau review makanan yang bisa kalian tonton!

Makanan Khas Filpina Part 1

Ada lima masakan pertama, yang semoga bisa melanjutkan scrolling anda, karena bisa jadi ini adalah makanan yang paling unik yang pernah anda lihat!

Yuk, lanjut.

1.      Balut

Balut Egg
by i Tour Vietnam

Nah, loh baru pertama aja udah bikin kalian merinding belum?

Balut mungkin merupakan makanan jalanan yang paling terkenal di Filipina dan paling mungkin menjadi bagian dari seorang pemabuk yang berani melibatkan turis. Ini pada dasarnya hanya telur bebek rebus. Namun, telur bebek yang digunakan untuk Balut telah dibuahi dan diizinkan untuk diinkubasi di mana saja dari 14 hingga 18 hari. Masa inkubasi ideal untuk balut sempurna adalah 17 hari.

Hasil dari pembuahan dan inkubasi ini adalah embrio yang sedang dalam perjalanan untuk menjadi bebek. Ini berarti Anda akan melahap tulang, bulu, dan bahkan paruh bebek renyah dan bola mata yang dibentuk sebagian. Ngeri, gak?

Untuk makan balut, pertama-tama pecahkan lubang di bagian atas telur rebus dan tambahkan campuran cuka, garam, dan cabai yang akan Anda berikan pada cairan di sekitar embrio. Buang kaldu ini dari lubang di atas. Kemudian Anda akan mengkonsumsi embrio baik dengan sendok atau hanya memecahkan seluruh telur terbuka dan memakannya dengan cara yang sama Anda akan memakan telur rebus.

Kalau anda takut, atau merasa jijik, anda bisa makan telur yang biasa atau belum ada pertumbuhan di dalam telur dan sepertinya anda akan makan telur bebek pada umumnya.

2.      Kinilaw

kinilaw
by yummpy.ph

Nama kinilaw secara harfiah berarti “dimakan mentah”. Sangat mirip dengan ceviche, perbedaan utama adalah bahwa Kinilaw mengandalkan cuka daripada jus jeruk nipis untuk ‘memasak’ ikan.

Kinilaw adalah hidangan makanan laut lezat yang disajikan di seluruh Filipina. Ini terdiri dari irisan ikan tuna mentah yang direndam dalam cuka bersama dengan bahan-bahan lain seperti jus calamansi, garam, merica, dan cabai.

Makanan Filipina bisa sangat berat jadi jika Anda merasa membutuhkan alternatif yang sehat, kinilaw menjadi hidangan pembuka yang enak atau makan siang ringan.

3.      Sinigang

sinigang
by kawaling pinoy

Sinigang adalah sup asam yang biasanya dibuat dengan daging babi dan asaman meskipun kadang-kadang buah asam lainnya seperti jambu biji, mangga hijau, atau calamansi digunakan sebagai gantinya. Tomat, bawang putih, bawang, dan berbagai sayuran lainnya melengkapi makanan ini.

Ini merupakan sup yang sangat lezat di Filipina dan sangat baik untuk menjadi saparan bagi orang yang habis mabuk semalam.

4.      Kare-kare

kare-kare
by yummy.ph

Kare-Kare adalah sup kental yang terbuat dari buntut sapi, sayuran, dan saus kacang. Itu mengingatkan kita sedikit kari massaman dari Thailand yang masuk akal karena kata ‘kare’ berasal dari kata Filipina untuk kari. Konon kare-kare terbaik berasal dari Pampanga yang berada di utara Manila, tetapi Anda akan menemukan hidangan ini disajikan di seluruh negeri.

Cobalah memesan Kare-Kare bersama dengan Lechon kawali (perut babi yang digoreng) dan kemudian gunakan saus Kare-Kare yang tebal untuk mencelupkan lechon (bagi yang non-muslim, ya).

5.      Sisig

makanan khas filipina sisig
by fhm.com.ph

Anda akan tahu seseorang telah memesan sisig ketika Anda mendengar desis dan melihat uap yang keluar dari wajan besi. Ini seperti fajitas Filipina!

Sisig babi paling umum dan terdiri dari telinga babi yang dipotong, rahang dan hati, bawang, dan cabai diantar dengan wajan panas mendesis dengan telur mentah di atasnya. Anda harus mencampur telur untuk memasaknya sebelum wajan dingin. Biasanya disertai dengan dua bagian calamansi sehingga Anda dapat memeras jus di atasnya.

Versi sisig lainnya termasuk perut babi, ayam, tuna, terong, dan apa saja yang bisa Anda taruh di atas piring panas.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Australia yang Patut dicoba!

Makanan Khas Filipina Part 2

Masih penasaran dengan olahan masakan dari negara Filipina ini? Oke, mari kita lihat, Filipina punya apa, sih?

6.      Adobo

makanan khas filipina chicken adobo
by delish.com

Adobo sering disebut sebagai hidangan nasional Filipina dan ini tentu saja merupakan hidangan Filipina paling terkenal. Rasa dibuat menggunakan cuka, kecap, bawang putih, daun salam, dan lada hitam. Juga, cabai terkadang ditambahkan untuk memberikan sedikit bumbu.

Hidangan adobo yang paling khas adalah ayam dan babi tetapi Anda akan menemukan setiap restoran di Filipina memiliki pilihan sendiri. Dagingnya bisa dimasak menjadi rebusan atau direndam dalam saus adobo dan kemudian digoreng.

7.      Humba

Humba
by filipinochow

Humba sangat mirip dengan adobo, dengan tambahan bunga pisang dan tausi (pasta kacang hitam yang difermentasi). Ini memberi humba rasa yang lebih manis daripada adobo dan menghasilkan rasa pedas/asin/manis yang luar biasa. Sementara Anda dapat menemukan rasa adobo yang diterapkan pada semua jenis hidangan daging dan sayuran, humba hampir selalu dibuat dengan daging babi.

Anda akan menemukan humba di pulau-pulau selatan Filipina dan bahkan kadang-kadang disebut sebagai versi adobo Cebu (nama kota).

8.      Lechon

makanan khas filipina lechon
My Recipes

Lechon adalah istilah luas yang mengacu pada babi yang telah dibumbui, ditusuk di atas batang bambu, dan dipanggang di atas arang. Ini sangat terkenal di pulau Cebu dan Anda akan melihat banyak toko di sepanjang jalan dengan babi panggang utuh di jendela. Dalam perjalanannya ke Filipina, Anthony Boudain menegaskan bahwa lechon di Pulau Cebu adalah “babi terbaik yang pernah ada!”

Sama seperti ada banyak cara untuk menyiapkan daging babi (dan banyak potongan daging yang berbeda) ada banyak cara untuk menyiapkan dan menyajikan lechon setelah selesai dipanggang. Dapat dimakan langsung dari babi panggang dengan sisi sinangag (nasi goreng bawang putih) atau sisanya dapat ditambahkan ke hidangan seperti sinigang atau paksiw na lechon.

9.      Pancit Guisado

pancit guisado
by jonathanvalencia5

Pancit guisado pada dasarnya hanya mie goreng dan Anda akan melihatnya ditawarkan di hampir setiap restoran yang Anda kunjungi. Mereka biasanya datang dalam tiga varietas: pancit canton, pancit bihon, dan bam-i.

  1. Kanton Pancit memiliki mie kental.
  2. Pancit Sotanghon dengan bihun tipis.
  3. Bam-I kombinasi keduanya.

Pancit guisado adalah lauk yang lezat untuk ditambahkan ke dalam makanan Anda, tetapi perlu diketahui bahwa porsinya sering besar sehingga yang terbaik adalah makan besar baeng keluarga yang bisa dinikmati semua orang.

10.  Sinangag

makanan khas filipina sinangag
by kawaning piloy

Sinangag sangat sederhana dan mudah – hanya nasi goreng bawang putih. Itu dibuat dengan menggoreng nasi putih dalam wajan atau wajan dengan banyak bawang putih. Bahan-bahan lain seperti telur atau sayuran dapat ditambahkan dengan cara yang mirip dengan nasi goreng gaya Cina. Tetapi di Filipina, biasanya disiapkan hanya dengan bawang putih sehingga tidak mengalahkan rasa daging yang disajikan.

Pada dasarnya, setiap restoran Filipina akan menawarkan nasi putih sebagai alternatif dari nasi putih biasa, tetapi Anda mungkin harus membayar sedikit lebih banyak untuk itu dengan makanan Anda, dan itu worth it.

Makanan Khas Filipina Part 3

Udah lihat, kan banyak makanan berat yang dibuat dan bisa jadi hanya ditemukan di Filipina. Sekarang mungkin ada beberapa camilan atau minuman diantara makanan berat yang akan gua beritahu lagi.

Yuk, scroliing.

11.  Kwek-kwek

makanan khas filipina kwek kwek
by pinterest

Masih terbuat dari telur bebek, namun sangat jauh berbeda dengan balut. Kalau balut adalah anak bebek setengah jadi yang masih berada di dalam telur, Kwek-kwek ini pure telur bebek yang dibalut dengan tepung yang warnanya oranye, dan digoreng sampai renyah.

Kalau kamu memang gak berani makan balut, mungkin ini menjadi makanan dari telur bebek yang bisa kamu coba. Untuk rasanya gak usah ditanya lagi, gurih dan enak. Cocok di makan dengan nasi atau camilan dengan cocolan saos.

12.  Lumpia

lumpia
by 9972129

Makanan ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia maupun China. Karena lumpia tetap lumpia. Dan tidak ada yang special dari Lumpia Filipina kecuali rasanya yang agak berbeda dan kebanyakn memakai daging babi di dalamnya.

Tapi, kalau anda memang penasaran sejauh apa bedanya, ya silahkan.

13.  Dinuguan

makanan khas filipina dinuguan
by yummy.ph

Rebusan daging babi yang gurih – moncong, usus, paru-paru, dll. – direbus dalam saus kaya darah babi yang dibumbui dengan cabai dan dipermanis dengan gula. Bawang putih dan cuka yang ditambahkan membawa hidangan ini ke tingkat selanjutnya yang gurih.

Ada juga yang menyebutnya daging cokelat, karena warnanya begitu pekat. Kalau di Indonesia ini mirip-mirip semur daging dan jengkol, lah.

14.  Halo-Halo

makanan khas filipina halo-halo
by sortedfood

Secara harfiah berarti “campuran-campuran” nama halo-halo adalah deskripsi yang cukup tepat untuk hidangan penutup tradisional Filipina ini yang mencakup setiap suguhan manis yang dimiliki restoran di lemari es dan freezer.

Bahan utama halo-halo adalah es serut, es krim, dan susu kental. Ini juga bisa termasuk buah-buahan seperti leci atau mangga, kacang merah manis, jeli, serpihan jagung, dan senar kelapa, hanya untuk beberapa nama.

Disajikan dalam gelas bening sehingga Anda dapat melihat semua bahan berlapis, dan terserah pada Anda untuk mencampur semuanya menjadi kekacauan lezat yang manis. Walaupun ada juga yang menghidangkanya di batok kelapa.

15.  Ice Candy

ice candy
by kawaling pinoy

Ice candy adalah makanan penutup yang sangat populer di Filipina. Banyak penduduk setempat yang giat berkeliaran di sekitar tempat-tempat wisata populer dengan membawa pendingin yang diisi dengan camilan lezat dan menyegarkan ini.

Ice candy dibuat dengan mencampurkan jus buah dengan gula dan susu, kemudian menuangkannya ke dalam kantong plastik ramping yang diikat tertutup dan dibekukan. Es permen dimakan seperti push-pop buatan sendiri. Robek atau gigit bagian atas plastik dan peras dari bagian bawah.

Anda akan menemukan semua jenis rasa es permen seperti mangga, coklat, ube (ungu ubi), salad buko (yang mencakup banyak potongan kecil dari campuran buah yang dicincang), buko pandan (pandan rasanya sedikit seperti vanilla), melon, dan alpukat.

Permen es juga luar biasa murah. Tidak masalah di mana kami berada di Filipina, harganya selalu hanya 10 pisos (~ $ 0,20). Kami menyarankan Anda membeli satu setiap kesempatan yang Anda dapatkan!

Makanan Khas Filipina Part 4

Iya, kawan makanan khas dari negri Filipina ini memang banyak, makanya sekarang sampai part 4. Apakah akan sampai part 5? Mending cari tau sendiri!

16.  Calamansi

calamansi
by Michael_Matera

Calamansi adalah buah kecil berwarna hijau dan kuning yang rasanya seperti campuran jeruk dan jeruk nipis.

Jika Anda benar-benar membaca posting ini hingga titik ini, Anda mungkin mulai melihat betapa pentingnya jus calamansi dalam masakan Filipina. Ini digunakan di hampir setiap hidangan sebagai bumbu atau saus.

Meskipun banyak hidangan yang akan Anda makan di Filipina sudah dibumbui oleh calamansi, Anda juga dapat memesan segelas jus di sebagian besar restoran. Jusnya sendiri cukup asam sehingga Anda biasanya akan ditanya apakah Anda ingin menambahkan gula. Beberapa restoran juga menambahkan madu atau jahe karena keduanya adalah kombinasi yang sangat baik untuk rasa jeruk jus calamansi.

17.  Buko

buko
by yummy.ph

Habiskan satu hari di Filipina dan Anda melihat kata ‘buko’ di mana-mana – di dudukan pinggir jalan, menu restoran, dan pada setengah label minuman di toko serba ada. Awalnya bisa sedikit membingungkan sampai Anda menyadari bahwa buko hanya kata Filipina untuk “kelapa muda hijau segar”.

Filipina menumbuhkan lebih dari 15 juta ton kelapa per tahun, yang terbanyak kedua di dunia tepat di belakang Indonesia, jadi tidak heran Anda akan menemukannya untuk dijual di mana-mana. Dan tidak perlu ke sana untuk mendapatkan es kelapa hijau. Di Indonesia banyak.

18.  Kamaru

makanan khas filipina kamaru
by wandering Dora

Serangga jangkrik atau belalang menjadi bahan utama dari masakan ini. Untuk memasaknya, kaki dan sayapnya dihilangkan baru tubuhnya direbus dalam larutan kuah cuka yang dicampur dengan bawang putih. Setelah itu bisa ditumis dan ditambah tomat cincang dan bawang merah yang digoreng hingga berubah warna.

Rasanya gurih dan mungkin banyak orang Indonesia yang udah pernah makan serangga ini, kan?

19.  Kuhol Sa Gata

kuhol sa gata
by panlasang pinoy

Macam tutut, kalau anda pernah mencoba membeli keong sawah ini. Kuhol sa gata ini terbuat dari bahan utama bekicot yang direndam dalam santan dan sayuran. Bisa menjadi hidangan pembuka atau camilan. Enak juga bila menjadi lauk dengan nasi yang masih panas.

Cobain deh beli tutut di Bogor, dan sekiranya ke Filipina, bisa cobain Kuho Sa Gata dan bandingkan, enakan mana?

20.  Tamilok

makanan khas filipina tamilok
by travel palawan

Yang terakhir adalah tamilok. Apa kesan pertama anda melihat makanan ini? Jijik? Wajar. Karena ini terbuat dari cacing laut besar yang sudah dipotong dan direndam dalam air cuka dengan campuran cabai dan bawang merah.

Teksturenya lender-lendir gimanaa gitu dan rasanya asing. Berani mencobanya?

Makanan Khas Filipina: Penutup

Bukan, ini bukan kumpulan makanan penutup khas filipina. Tapi ini adalah penutup dari artikel ini. Bisa kita lihat banyaknya beragam jenis makanan tradisional dari Filipina ini.aian membuat kita jijik, sebagian mungkin ngiler.

Jika kamu memang diperbolehkan mengonsumsi babi, tidak ada salahnya (jika berkunjung ke Filipina) mencoba makanan-makanan yang ada di atas. Jika babi adalah makanan yang tidak diperbolehkan agamamu, ya jangan.

Jangan sampai, karena rasa penasaran akan makanan yang akan menjadi tai, membuat kita merasakan api neraka.

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu