Kecil-kecil tapi Kismis Mempunyai Manfaat dan Fakta yang Menakjubkan! Apa aja, sih?!

Kecil-kecil tapi Kismis Mempunyai Manfaat dan Fakta yang Menakjubkan! Apa aja, sih?!

Kismis bisa dibilang buah populer dan sering kita temui di makanan-makanan, seperti roti. Tapi apa kalian tau manfaat dari kismis yang populer di bulan Ramadhan ini?

Seperti biasa gua akan menjabarkan berbagai manfaat dan fakta menarik tentang si kecil manis-asam ini.

Manfaat Kismis

Minuman Kismis
by Myriams-Fotos

Ada beberapa manfaat kismis yang jarang kita ketahui, namun sangat penting bagi kesehatan kita.

Apa aja?

Meningkatkan Energi dan Imun Tubuh

Banyak makanan hasil alam yang sangat baik untuk menambahkan tenaga pada tubuh kita agar bisa bekerja atau melakukan aktivitas lebih baik. Salah satunya dalah kismis.

Kandungan pemanis alaminya bisa membuat tubuh terasa lebih bernergi. Tidak perlu makan-minuman berenergi untuk mendapatkan energi, cukup mengonsumsi kismis ini, kebutuhan tubuh kita bisa terpenuhi.

Lalu ada protein, vitamin, karbohidrat, dan zat-zat lainya yang bisa meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Menjaga agar tubuh kita lebih terjaga.

Menguatkan Tulang

Susu atau minum berkalsium bisa membuat kita tambah tinggi atau menjaga kekuatan tulang. Tapi, kismis juga mengandung kalsium yang cukup tinggi yang bermanfaat bagi tulang-tulang kita.

Kismis akan menyeram kalsium dan tulang, dan itu sangat bagus untuk perempuan yang mengalami menoupause karena akan mencegah terjadinya osteoporosis.

Maka dari itu, untuk menjaga tulang-tulang kita, mulai sejak dini konsumsi kismis dan makanan atau minuman yang berkalsium tinggi.

Penambah Darah

Biasanya orang yang mengidap anemia atau kekurangan darah, karena kurangnya zat besi yang menyebabkan kurangnya pembentukan sel darah merah.

Kismis bisa menjadi pilihan jika kamu merasa anemia atau kekurangan darah, karena kismis memiliki zat besi dan tembaga yang bisa membantu mencegah anemia, memaksimalkan pembekuan darah, dan membantu proses penyembuhan luka.

Mencegah Kanker

Kita sudah tau, kismis bisa menjaga imun tubuh kita. Selain itu, buah yang kecil ini bisa mencegah kanker dengan zat polifenal antioksidan yang dikandungnya, berguna seperti kaetekin.

Katekin itu berfungsi untuk menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas yang di mana itulah pemicu sel-sel tumor dalam tubuh dan bisa menimbulkan kanker usus besar.

Bagus untuk Gigi

Kismis ini enaknya memang digigit. Tekstur dan ukuranya yang kecil memudahkan kita untuk mengigitnya.

Dan hebatnya kismis baik untuk gigi dan mulut anda. Karena kismis mengandung asam oleanolic yang bisa melindungi gigi dari proses pembusukan akibat bakter. Selain itu kismis bisa menjadi solusi untuk bau mulut, radang gusi, sampai penyakit periodontal.

Melancarkan Pencernaan

Kalau bagus bagi mulut (awal sistem pencernaan), maka bagi organ pencernaan tentunya akan bagus juga.

Serat yang kaya, membuat kismis ampuh dalam mengatasi masalah sembelit. Kismis akan bekerja seperti obat pencahar yang bisa melancarkan buang air besar, dan pastinya membuat sistem pencernaan kita lebih baik.

Membuat Mata Lebih Sehat

Zat fitonutrien yang dimiliki kismis akan sangat baik bagi kesehatan mata. Kismis menjaga mata kita dari radikal bebas.

Iya, seperti kismis meningkatkan daya tubuh dan mencegah kanker, mata juga akan jadi lebih sehat.

Untuk Cowok, Mengatasi Disfungsi Ereksi

Mengalami masalah ereksi, khususnya bagi para cowok, akan sangat mengganggu. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi kismis, baik yang sedang mengalami masalah ereksi atau tidak.

Kismis ini mengandung asam amino bernama arigin yang berpontensi meningkatkan libido.

Mencegah Asam Urat dan Mengurangi Asam Lambung

Karena kurang terjaganya pola makan, kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Karena kismis mempunyai kadar potassium dan magnesium yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat.

Potasium dan magnesium bisa menetralisir asam yang ada di saluran pencernaan. Jadi mengurangi asam lambung pada tubuh.

Selain itu, kismis juga bisa membantu membuang racun di organ dalam tubuh, seperti ginjal, jantung dan sebagainya.

Baca Juga: 15+ Buah Penambah Darah yang Wajib Kamu Ketahui!

Fakta-fakta Menarik Kismis

Kita akan masuk ke sesi fakta-fakta dari buah yang dalam bahasa inggrisnya adalaha raisin.

Fakta Kismis Part 1

Kismis
by Nikiko
  1. Kata raisin berarti ‘anggur’ dalam bahasa Perancis, sedangkan anggur kering sebenarnya adalah ‘raisin sec’.
  2. Kismis bisa berwarna hijau, hitam, biru, ungu atau kuning tergantung pada jenis anggur yang digunakan.
  3. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, kismis telah diketahui menyebabkan gagal ginjal pada anjing.
  4. Mengandung hingga 72% gula, yang sebagian besar adalah fruktosa dan glukosa.
  5. Makan kismis tiga kali sehari telah dibuktikan oleh American College of Cardiology untuk menurunkan tekanan darah.
  6. Kismis berwarna emas diolah dengan sulfur dioksida; itulah yang memberi mereka warna mereka.
  7. Pada zaman Romawi kuno, satu budak bisa ditukar dengan dua toples kismis.
  8. 30 April sekarang diperingati sebagai “Hari Kismis Nasional”.
  9. Butuh hingga 4 ton anggur untuk menghasilkan 1 ton kismis.
  10. Sementara setengah dari pasokan kismis dunia ditanam di California, Fresno sekaligus Ibukota Kismis Dunia.

Fakta Kismis Part 2

Kismis banyak
by gregroose
  1. Raisin – berasal dari bahasa Latin racemus dan berarti “sekelompok anggur atau buah beri”.
  2. Dipercayai bahwa manusia menemukan kismis ketika terjadi pada anggur yang mengering di pohon anggur. Buku-buku sejarah mencatat bahwa kismis dijemur dari anggur sejak 1490 SM.
  3. 24 Maret adalah Hari Kismis Nasional yang Ditutupi Cokelat.5 April adalah Hari Raisin & Spice Bar Nasional.
  4. Penyimpanan dingin adalah cara terbaik untuk menjaga kismis.
  5. Jika kismis menjadi kering karena penyimpanan yang tidak benar, bilas dengan air untuk melarutkan kristal gula dan mengembalikan kelembapannya.
  6. California menemukan potensi komersial kismis secara tidak sengaja. Pada tahun 1873, mantra panas aneh layu anggur di pohon anggur. Salah seorang penjual bahan makanan San Francisco yang giat mengiklankan anggur yang layu ini sebagai “Peruvian Delicacies” dan sisanya adalah sejarah. California sekarang adalah produsen kismis terkemuka di dunia.
  7. California Dancing Raisin diperkenalkan pada tahun 1984 oleh staf pemasaran Industri California Raisin untuk meningkatkan penjualan dan permintaan untuk kismis California.
  8. Produksi kismis global pada tahun 2016 adalah 1,2 juta metrik ton, dengan Amerika Serikat sebagai produsen utama, memberikan kontribusi 24% dari panen global.
  9. Ksatria Tentara Salib pertama kali memperkenalkan kismis ke Eropa ketika mereka pulang dari Mediterania. Teknik pengepakan dan pengiriman cukup baik untuk mengirim kismis ke seluruh Eropa utara.
  10. Pada abad ke-14, kismis menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Orang Spanyol menyempurnakan pemeliharaan anggur, atau menanam anggur, dan dokter Romawi meresepkan kismis untuk menyembuhkan apa saja, mulai dari keracunan jamur hingga usia tua.

Fakta Kismis Part 3

roti kismis
by guanabarino
  1. Pada tahun 1876, imigran Skotlandia William Thompson menanam varietas anggur tanpa biji yang berkulit tipis, tanpa biji, manis dan lezat. Saat ini, 95% kismis California dibuat dari anggur tanpa biji Thompson.
  2. Pada akhir 1800-an, orang-orang Armenia turun dari pendiri pertama kebun-kebun anggur di Persia mulai menetap di San Joaquin Valley. Daerah itu sekarang memasok kismis untuk hampir separuh dunia, menjadikannya produsen terbesar di mana saja.
  3. Kismis terbaik dianggap berasal dari Malaga di Spanyol.
  4. Kismis, seperti plum dan aprikot, juga tinggi antioksidan tertentu, tetapi memiliki kandungan vitamin C yang lebih rendah daripada anggur segar.
  5. Kismis rendah natrium dan hampir tidak memiliki kolesterol.
  6. Data yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-61 American College of Cardiology tahun 2012 menunjukkan bahwa, di antara individu-individu dengan peningkatan tekanan darah ringan, konsumsi rutin kismis dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah, terutama jika dibandingkan dengan makan makanan ringan umum lainnya.

Udah

Bagaimana, keren kan buah yang satu in? Kecil-kecil tapi manfaatnya banyak banget? Belum lagi fakta-fakta yang ternyata kismis mempunyai sejarah yang panjang dan salah satu buah yang dipakai di dunia kuliner dari zaman dahulu.

Jangan remehkan yang kecil!

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu