Manfaat Buah Kedondong dan Seputar Kedodong yang Harus Anda Tahu!
by nevillekingston

Manfaat Buah Kedondong dan Seputar Kedodong yang Harus Anda Tahu!

Buah Kedondong memiliki segudang manfaat yang banyak kita hiraukan. Dari mulai bagus untuk mata hingga imunitas untuk tubuh kita ini, yang lemah abis diputusin pacar. Itu juga kalau punya pacar.

Tapi gua gak mau bahas manfaatnya doang. Terlalu pelit jika hanya membahas manfaat buah yang sering dijual pedagang asongan ini, yang kadang dibilang mangga.

Hah! Anda tertipu, inilah kedondong!

Gua juga akan membahas fakta-fakta menarik dari buah ini, kandungan dalam satu buahnya, dan olahan apa aja yang bisa kita buat dari buah ini? Tapi, kita mulai dari arti buah ini dulu.

Buah Kedondong atau Ambarella Fruit

bauh kedondong
by Medium

Buah kedondong atau international menyebutnya Ambarella fruit, bernama latin Spondias dulcis, berasal dari Asia Selatan dan Tenggara yang dibudidayakan secara luas di Malaysia, Indonesia, India, Sri Lanka, dan beberapa bagian Afrika.

Orang luar negeri ada juga yang menyebut buah ini selain dari ambarella atau kedondong, seperti Dwarf ambarella, golden apple, Great hog plum, Jewish Plum, Apah Otaheite, Plum Polinesia, Quince Tahiti, Plum kuning, Wi-tree, dan Wi-Apple. Unik juga ya macam-macam namanya. Memang pedagang asongan doang yang bilang ini mangga.

Sejarah mencatat kalau tanaman ini asalnya dari Asia Selatan dan Tenggara, yang distribusikan secara luas di seluruh Indo-Malaysia dan dari Melanesia ke Polinesia yang disebar luaskan lagi di daerah ini, untuk menjaga keaslian dari asalnya. Sekarang, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Karibia, Florida, Afrika, dan Australia juga menyebarkan tanaman ini.

Pohon Kedondong

Manfaat pohon buah kedondong
by Bukalapak

Adalah pohon berganti daun yang kuat yang tumbuh setinggi 10–25 m atau tumbuh hingga 45 m. Tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis lembab dan basah. Ini agak umum di hutan primer dataran rendah, kadang-kadang di hutan sekunder.

Tanaman ini tumbuh di semua jenis tanah, termasuk tanah asam dan batu kapur oolitik di Florida, selama mereka dikeringkan dengan baik. Tanaman memiliki batang lurus yang biasanya berdiameter 45 cm.

Tanaman memiliki daun sulung, menyirip, panjang 8 sampai 24 inci (20-60 cm), terdiri dari 9 hingga 25 lembar selebaran mengkilap, elips atau obovate-oblong 3,5 sampai 4,0 dalam panjang (6,25-10 cm), yang bergigi halus menuju puncak. Leaflet berlawanan dengan sub-berlawanan, sub korium petiolulat (7,5 mm) ovate – lonjong hingga lanceolate, panjang 5-20 cm dengan lebar 1,5-8 cm, hijau gelap, mengkilap di atas warna hijau pucat di bawahnya, pangkal akut, miring, puncak segera mengakumulasi untuk mengakumulasikan margin serrate atau crenulated dengan 14-24 pasang saraf.

Ciri-ciri atau Karakteristik Buah Kedondong

manfaat buah kedondong
by 123RF

Bauhnya hijau dan keras ketika muda, lalu berubah hijau-kekuningan atau kuning keemasan ketika matang. Buah saat matang, memiliki daging yang tebal, sub asam menjadi asam, berair, berserpat dengan 5 flensa (yang sering dihubungkan secara tidak langsung dengan lapisan perifer jerat yang dibentuk oleh berbagai proses spinosa dan berserat).

Menurut penelitian, beberapa buah di Kepulauan Laut Selatan (Asia Tenggara), masing-masing memeiliki berat lebih dari 1 pon (0,45 kg). Kulit buahnya cukup kuat dan terdiri dari daging buah berwarna keemas-an.

Baca Juga: 15 Buah Penambah Darah Untuk Kamu!

Manfaat Buah Kedondong Bagian 1

Manfaat Buah Kedondong
by Pinterest

Sekarang kita memasuki bagian dari manfaat buah ini. Buah ini sangat kaya akan nutrisi dan meningkatkan kesehatan secara kesuluruhan. 1 porsi buah ambarella atau kedondong mengandung energi 48Kkal, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 233 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan 22 gram fosfor.

Buah ini juga mengandung serat makanan dan konstituen kompleks vitamin B (tiamin dan riboflavin). Dan di bawah ini adalah manfaat dari buah yang asam bagian pertama!

Membantu Mengobati Batuk

Buah ini bisa mengobati batuk, karena kandungan vitamin-nya. Nah, untuk caranya bisa menggunakan daun atau buah.

Untuk daun, kalian bisa merebus 3 atau 4 daun pohon kedondong, di dalam air dan didiamkan selama beberapa menit. Tambahkan madu untuk menambah rasa, biar gak kepaitan.

Sedangkan untuk buahnya, kalian bisa memotong buah atau memarutnya, lalu peras buah itu. Air perasan bisa diminum untuk menyembuhkan batuk kalian.

Mengontrol Kadar Kolestrol

Buah ini mengandung vitamin C yang baik dan dapat membantu memetabolisme kolestrol menjadi asam empedu, yang mungkin akan berimplikasi pada kadar kolestrol darah dan timbulnya batu empedu.

Dengan ini, buah ini sangat bermanfaat untuk mengatur kadar kolestrol kita.

Menyehatkan Mata

Buah ini juga dipercaya sebagai sumber vitamin A yang baik. Dan kita tau, bahwa vitamin A ini luar biasa pentingnya memainkan peran dalam penglihatan kita. Senyawa vitamin A yang dikenal sebagai retinol dapat membantu mendistribusikan gambar yang diterima oleh retina mata.

Selain buahnya yang bagus untuk mata kita, daunya juga bisa menyembuhkan mata kita yang sakit. Dengan cara mencuci mata dengan rebusan daun kedondong. Tapi, jangan lama-lama nanti akan menimbulkan iritasi. Sebentar saja.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh kita perlu asupan nutrisi yang cukup, agar tubuh kita tetap bugar dan sehat setelah atau sebelum berkegiatan sehari-hari. Belum lagi yang hobby berolahraga, pastinya butuh nutrisi yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kali ini buah yang mengandung vitamin C yang banyak, mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini juga meningkatkan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Buah atau Sayur? Inilah Manfaat dan Fakta tentang Tomat!

Manfaat Buah Kedondong Bagian 2

Manfaat Buah Kedondong
by The Heartlander Tourist

Gimana? Jangan anggap remeh buah yang satu ini, karna memiliki banyak manfaat. Dan tolong pedangang asongan, jangan bilang kedondong dengan mangga, ya!

Eits, selain itu belum selesai manfaat dari buah yang satu ini. Mari simak di bawah ini!

Mencegah Penuaan Dini

Belum selesai vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar kolestrol, vitamin C yang dikandung ini melindungi molekul-molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun, atau polutan. Nah, radikal bebas inilah yang menyebabkan penuaan dini.

Jadi, kurangi junk food dan mulai mengonsumsi kedondong, untuk hidup yang lebih muda!

Membantu Mengobati Masalah Pencernaan

Kandungan serat pada buah kedondong ini memang sangat baik, memfasilitasi pencernaan dan membantu membersihkan usus kita. Usus kita bersih, pencernaan kita lancer, buang airpun tidak tersumbat. Yang jelas, kitanya jadi sehat.

Bubur buah kedondong sangat direkomendasikan bagi mereka yang menderita sembelit dan pencernaan yang terganggu (gangguan pencernaan). Selain itu kandungan air yang tinggi-nya mampu mencegah dehidrasi.

Kulit pohon kedondong digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan disentri. Orang yang menderita diare, disentri, dapat membuat ramuan herbal dari kulit kedondong untuk meringankan ketidaknyamanan. Ramuan herbal disiapkan menggunakan 5 gram kulit kayu. Kulit bersih direbus dalam dua gelas air sampai air berkurang menjadi setengahnya. Ramuan dapat dikonsumsi untuk memberikan bantuan instan untuk disentri.

Membantu Penurunan Berat Badan

Buah ini juga cocok dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang program diet. Buah kedondong rendah lemak, karbohidrat dan tinggi serat. Meskipun buah ini rendah kalori, ia memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, ini adalah buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Kandungan air dari buah memberikan rasa kenyang dan juga mencegah makan berlebihan. Cocok, kan untuk kamu yang gampang lapar mata?

Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah, sangat membutuhkan zat besi untuk menambah darah dalam tubuh kita. Kedondong ini mengandung 100 gram zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selai zat besi, buah ini ternyata mengandung vitamin Bq yang membantu dalam prosuksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C lagi-lagi ikut andil dalam menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C ini membantu memperbaiki jaringan dan memelihara kulit. Ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit.

Kedondong juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Dengan cara, merebus daun kedondong dan ekstraknya digunakan sebagai pengganti lotion dan pelembab tubuh. Ada juga cara tradisional, yaitu akar pohon digunakan untuk merawat kulit yang gatal-gatal.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat Mentega yang Wajib Diketahui Sebelum Memakanya!

(Manfaat) Fakta-fakta Menarik Buah Kedondong

Ambarella facts
by 123RF

Setelah kita tau banyak tentang manfaat, sepertinya kita butuh hiburan untuk membahas ini. Dan itu adalah fakta-fakta tentang buah ini. Jadi, masih berhubungan lah dengan pembahasan kita.

Yuk!

  1. Menurut Boning (2006): “Buah paling baik jika berwarna penuh, tetapi masih agak renyah. Pada tahap ini, ia memiliki rasa nanas-mangga. Dagingnya berwarna emas, sangat berair, agak manis, tetapi sedikit asam keasaman. ” Dan itu adalah kedondong!
  2. Di Jawa Barat. Daun mudanya digunakan sebagai bumbu pepes.
  3. Di Kosta Rika. Daun yang lebih dewasa juga dimakan sebagai salad hijau meskipun kadang di taruh di dalam atau atas kue tart.
  4. Di Indonesia dan Malaysia. Dimakan dengan sambal, saus kental, asin manis (hayko). Di Indonesia sering dijadikan rujak dan Malaysia rojak.
  5. Di Indonesia disebut jus kedondong. Di Malaysia disebut amra. Di Singapura disebut balonglong.
  6. Pengawet dan Perasa. Buah ini kerap kali dijadikan pengawet atau perasa untuk saus, sup, dan semur.
  7. Di Fiji. Kerap kali dibuat sebagai selai. Sedangkan di Samoa dan Tonga digunakan untuk membuat otai.
  8. Di Sri Lanka. Buah ini direndam dalam cuka dengan cabai dan rampah-rempah lainya, untuk membuat makanan camilan lebih terasa.
  9. Di Vietnam. Buah mentah dimakan dengan garam, gula, dan cabai, atau dengan terasi. Anak-anak memakan buah yang dimaserasi dalam ekstrak licorice yang dimaniskan secara artifisial.
  10. Di Jamaika. Sebagian besar dianggap hal baru, terutama oleh anak-anak. Dapat dimakan dengan garam atau dibuat menjadi minuan yang dimaniskan dengan gula dan dibumbui dengan jage.
  11. Di Trinidad dan Tobago. Sebagai bumbu tambahan dalam pembuatan kari, manisan, asinan, atau bumbu dengan rempah-rempah.
  12. Di Kamboja. Dibuat menjadi salad yang disebut nhoum mkak.
  13. Di Suriname. Buah dikeringkan dan dibuat menjadi chutney pedas, dicampur dengan bawang putih dan paprika.
  14. Dalam Masakan Thailand. Buah dan daunya yang lembut dapat dimakan.
  15. Sumber Listrik. Seorang bocah bernama Naufal asal Aceh, membuat sumber listrik dari Pohon Kedondong! Selengkapnya baca di sini.

Olahan Buah Kedondong

Berikut adalah video-video tentang makanan dari kedondong yang bisa saja kamu tiru. Cekidot!

1. Masala AMRA (Olahan Kedondong dari India)

2.  Ambarella Curry (Olahan Kedondong dari Sri Lanka)

3. Olahan Kedondong dari Bangladesh

4. Amra\Ambarella Achar (Olahan Kedondong dari India)

5. Manisan Kedondong (Olahan Kedondong dari Indonesia)

Manfaat Buah Kedondong Bagian Kesimpulan

Itulah manfaat manfaat dari buah kedondong yang banyak tidak kita tau. Selain itu ada fakta-fakta menarik seputar sejarah hingga bisa dijadikan sebagai penghasil listrik. Semua berasal dari tanaman ini, baik pohon ataupun buahnya.

Memang, kedondong tidak diurutan atas untuk buah populer atau kegemaran setiap orang, namun buah ini memiliki segudang manfaat dan rasa yang cukup unik, beda dari yang lainya. Tidak ada salahnya, jika kamu mulai mengonsumsi kedondong sebagai pengganti buah-buah yang lain, atau menjadi tambahan bagi salad buah yang kamu buat setiap pagi 🙂

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu