Fakta dan Manfaat Alpukat Mentega yang Tidak Diketahui (Penggemar Alpukat Wajib Baca)!
by silverstylus

Fakta dan Manfaat Alpukat Mentega yang Tidak Diketahui (Penggemar Alpukat Wajib Baca)!

Membahas buah yang umumnya orang gemari, ya alpukat. Dari mulai manfaat sampai fakta-fakta menariknya. Namun kita akan membahas alpukat mentega.

Alpukat mentega? Apaan, sih? Emang beda sama alpukat biasa?

Beda Alpukat Mentega, Beda Alpukat Biasa

Alpukat mentega ini adalah varietas alami dari alpukat biasa. Walaupun alpukat mentega ini penyimpangan genetika alami dari alpukat biasa, alpukat mentega lebih unggul dari alpukat biasa.

Ada beberapa poin yang bisa kita liat perbedaan dari si alpukat mentega dan alpukat biasa ini.

  1. Alpukat mentega ini cocok ditanam di dataran rendah dan bukan pilihan makanan ulat karena tanaman alpukat mentega ini memiliki enzim antiprotease yang adalah enzim yang gak bisa ulat urai untuk jadi protein berkembang biak. Kalau tanaman alpukat yang lain, masih masuk daftar makanan ulat.
  2. Alpukat mentega bisa berbuah di musim apa, sepanjang tahun. Bisa panen dua sampai tiga kali dalam setahun. Alpukat ini juga lebih cepat berbuah sejak mulai ditanam yaitu tiga tahun, dibanding alpukat biasa yang bisa mencapai waktu enam tahun untuk berbuah.
  3. Bisa tumbuh di mana saja, di taman halaman rumah, pinggir jalan, atau tanah basah.
  4. Untuk daging buahnya, alpukat mentega punya dagih lebih tebal, besar, berserat, lebih enak dan gurih, bahkan bisa kita makan tanpa campuran gula.
  5. Warna dagingnya kuning seperti mentega.
  6. Alpukat mentega ini lebih mahal daripada alpukat biasa. Sekilonya (3-5 buah) dari 40.000 sampai 45.000 rupiah.

Nah, itulah bedanya sama alpukat yang biasa. Udah mulai ngiler belum?

Manfaat Alpukat Mentega

avocado
by TheoCrazzolara

Karena kita udah tau bedanya atau bisa dibilang ciri-ciri alpukat mentega, sekarang kita bahas manfaatnya.

1. Bagus Untuk Mata

Vitamin A banyak dikandung oleh buah-buahan, dan alpukat mentega salah satunya. Senyawa lutein yang dikandung oleh buah tersebut, efektif untuk melindungi mata dari berbagai macam penyakit mata seperti katarak, rabun, dan age macular degeneration.

2. Mencegah Kanker

Karena risiko kanker bisa dari berbagai macam makanan, seperti junk food, maka kita harus mengatasinya dengan memakan buah yang bisa mengurangi risiko kanker. Alpukat mentega bisa menjadi pilihanya.

Alpukat mentega memiliki vitamin E dan gluthatione yang mempunyai sifat antioksidan yang bisa menjadi tameng radikal bebas.

Radikal bebas ini yang bisa merusak sel tubuh dan menjadi bibit sel kanker. Jadi, cegah dengan konsumsi alpukat mentega.

3. Menurunkan Kolestrol dan Mencegah Penyakit Jantung

Kolestrol kita harus normal untuk membantu kesehatan jantung. Jika kadar kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida darah yang tinggi adalah pemicu utama penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Alpukat mentega ini menjadi saah satu makanan yang bisa menurunkan kolestrol. Karena alpukat mengandung asam lemak omega-3.

Menurut penelitian, jika kita konsumsi alpukat mentega secara rutin, bisa menurunkan kadar kolestrol LDL sebesar 22%, trigliserida darah 20%, dan naiknya kolestrol baik (HDL) sebesar 11%.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat yang dikandung oleh alpukat mentega, bermanfaat untuk membuat sistem pencernaan menjadi lancer. Terutama membuat gerakan peristaltic usus jadi lebih optimal.

Jika usus kita baik, maka secara tidak langsung membuat organ pencernaan ini (usus) menjadi lebih mudah membuang racun-racun di dalam tubuh.

Serat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah radang dan inflamasi.

5. Pencegah Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

Kita tau vitamin K adalah asupan bagi tulang kita agar menjadi lebih kuat lagi. Memang vitamin D dan kalsium punya peran yang lebih penting dalam kesehatan tulang, namun siapa yang akan membuat tulang jadi kuat? Ya, vitamin K.

Dan hebatnya alpukat mentega mengandung vitamin K yang sangat membantu mencegah osteoporosis.

6. Obat Nyeri Lambung

Suka sakit lambung, karena lambung terluka? Maka obat alami untuk meredakan sakit lambung itu, adalah dengan mengonsumsi alpukat mentega.

Kenapa bisa meredakan nyeri lambung? Karena teksture dari buah alpukat mentega itu halus dan lembut, jadi bisa melindungi dinding lambung dari asam lambung yang bisa memperparah rasa nyeri.

7. Meningkatkan Imunisasi

Kita sudah tau, alpukat mentega ini mempunyai kandungan antioksidan, mineral, antioksidan sampai zinc. Nah, zat-zat itulah yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari radikal bebas yang berbahaya.

Khususnya zinc, mampu mengoptimalkan fungsi dari sistem kekebalan atau imun tubuh.

8. Awet Muda

Manfaat selanjutnya dari alpukat ini adalah mencegah penuaan dini atau bikin awet muda. Alpukat ini mengandug vitamin E yang menjaga kelembapan kulit, mengatasi flek-flek hitam dan keriput, yang menjadi awal mula penuaan, pada kulit wajah.

Bahkan sudah banyak masker-masker yang bahanya alpukat mentega ini.

9. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang bermasalah dengan berat badan, maka alpukat mentega ini bisa menjadi pilihan anda. Alpukat mentega itu punya serat dan asam oleat yang membuat kita merasakan efek kenyang lebih lama.

Ada yang mengatakan alpukat mentega itu bukan menu yang baik untuk diet, karena mengandung lemak. Namun, itu tidak sepenuhnya benar, karena alpukat mentega memang mengandung lemak, tapi lemak tak jenuh yang tidak berbahaya sama sekali.

10. Masalah Bau Mulut

Ya, hanya dengan alpukat mentega bau mulut anda bisa diatasi. Karena alpukat ini mengandung antibakteri yang efektif membasmi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Untuk hasil yang maksimal, bisa campurkan jus alpukat mentega dengan daun mint.

11. Penyubur Rambut

Gua gak perlu nyebutin kandungan alpukat mentega ini lagi, ya. Jadi gua kasih caranya aja.

  1. Daging buah alpukat mentega dihaluskan sampai menjadi pasta.
  2. Oleskan kulit kepala secara merata.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas sampai bersih, dengan air bersih juga pastinya.

Dah itu aja.

12. Menyembuhkan Stres

Jika anda mengalami stress ringan, alpukat mentega ini bisa menjadi obat yang ampuh. Karena ada kandungan asam folat yang tinggi yang bisa melancarkan saluran nutrisi menuju otak.

Baca Juga: 15+ Buah Penambah Darah. Yang Sehat Wajib Baca!

Manfaat Alpukat Mentega untuk Ibu Hamil

Nah, tadi manfaat alpukat mentega secara umum. Sekarang gua akan lebih spesifikasi lagi untuk para ibu yang sedang mengandung.

13. Mengatasi Anemia

Sangat memungkinan jika ibu hamil terkena anemia atau kurang darah, dengan catatan zat besi yang masuk ke dalam tubuh kurang. Karena ibu hamil perlu zat besi yang cukup, maka alpukat ini menjadi pilihan yang baik karena mempunyai asupan zat besi. Apalagi kalau suka dengan alpukat.

14. Solusi Kram

Kaki ibu-ibu hamil tidak jarang mengalami kram, dan itu sangat menyebalkan. Yang gak hamil aja suka gaenak ngerasa kram, bagaimana dengan ibu-ibu yang mengandung?

Nah, untuk meredamkan kram, ibu hamil bisa memakan atau mengonsumsi alpukat mentega, karena ada kandungan posium yang bisa mengatasi gejala kram.

15. Meningkatkan Perkembangan Saraf Janin

Asam folay yang dikandung alpukat mentega bisa bermanfaat bagi pertumbuhan atau perkembangan saraf janin, yang akan mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

16. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Lagi-lagi, asam folat ini juga bermanfaat bagi ibu hamil yaitu mencegah akan terjadinya komplikasi kehamilan yang bisa berbahaya seperti eclampsia, perdarahan, dan komplikasi lainya.

Fakta-fakta Menarik Tentang Alpukat

Gua akan memberikan fakta-fakta menarik dari buah yang mirip bagian tubuh anda. Bagian apa, tuh?

Mulai aja, yuk!

Oh, ya ini alpukat pada umumnya ya, tidak mesti alpukat mentega.

Fakta Alpukat Part 1

Alpukat
by GerDukes
  1. Alpukat adalah buah dengan kandungan protein tertinggi, dengan 4 gram protein.
  2. Pohon alpukat tidak melakukan penyerbukan sendiri; hanya denga pohon alpukat lain di dekatnya untuk tumbuh.
  3. Alpukat adalah simbol cinta dan kesuburan suku Aztec, dan mereka juga tumbuh berpasangan di pohon.
  4. Alpukat mulai dijadikan bahan es krim, dimulai dari Brazil.
  5. Alpukat sangat baik untuk MPASI bayi yang sehat & aman.
  6. Masukan satu alpukat ke kantong kertas selama 2-4 hari untuk mempercepat proses pematangan.
  7. Hass adalah varietas alpukat paling populer yang ditanam di seluruh dunia. Pohon Hass ditemukan di halaman belakang seorang tukang pos bernama Rudolph Hass di Californina pada 1930-an dan Hass mematenkan pohonnya pada 1935.
  8. Alpukat memiliki kandungan serat tertinggi dari buah apa pun dan mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, dan folat.
  9. Alpukat terbesar, dan termasuk world record, seberat 5 pound 3,6 ons.
  10. Kulit alpukat bisa menjadi racun untuk kucing dan anjing.
  11. Pada tahun 2017, ketika harga alpukat meningkat, tiga pekerja di sebuah pertanian alpukat di California mencuri hingga $ 300.000 nilai alpukat.

Fakta Alpukat Part 2

Alpukat masak
by stevepb

 

  1. Semua alpukat dipilih dengan tangan.Alpukat dipanen dengan menggunakan tiang 16 kaki untuk mencapai buah yang tergantung tinggi. Alpukat cenderung lebih mahal daripada buah-buahan lainnya karena tingginya biaya tenaga kerja.
  2. Para penjajah menggunakan benih alpukat untuk tintMereka menemukan bahwa biji alpukat menghasilkan cairan seperti susu yang berubah merah ketika terkena udara. Beberapa dokumen yang ditulis dengan tinta benih masih dipertahankan sampai sekarang.
  3. Alpukat termasuk buah beri besar yang mengandung biji tunggal.
  4. Ada lebih dari 500 varietas alpukat di dunia.
  5. Asli Meksiko Tengah Selatan.
  6. Umur pohon alpukat sangat panjang, bahkan beberapa pohon di Meksiko berusia lebih dari 400 tahun.
  7. Daunnya berwarna hijau, berbentuk bulat panjang atau oval dan panjangnya 8 hingga 25 sentimeter (3 hingga 10 inci).
  8. Alpukat memiliki bunga kuning kehijauan.
  9. Buah alpukat dapat berbentuk buah pir, berbentuk telur, atau berbentuk bola, dan kulit buahnya dapat bervariasi dalam tekstur dan warna.
  10. Kulit alpukat bisa lentur, halus hingga kasar, dan berwarna hijau-kuning, ungu kemerahan, ungu, atau hitam.

Fakta Alpukat Part 3

Salad Alpukat
by kakuko
  1. Setelah dipetik, alpukat matang dalam satu hingga dua minggu (tergantung varietasnya) pada suhu
  2. Alpukat matang menghasilkan tekanan lembut saat dipegang.
  3. Tidak seperti banyak buah-buahan yang biasanya memiliki rasa manis atau asam, alpukat memiliki konsistensi halus, mentega dan rasa yang kaya.
  4. Ada 160 kalori dalam 100 gram (3,5 ons) Alpukat.
  5. Alpukat populer dalam masakan vegetarian sebagai pengganti daging dalam sandwich dan salad karena kandungan lemaknya yang tinggi.
  6. risan alpukat sering ditambahkan ke hamburger, torta, hot dog, dan carne asada. Alpukat dapat dikombinasikan dengan telur (dalam telur orak, tortilla, atau telur dadar).
  7. Minyak yang diekstrak dari alpukat dapat digunakan untuk memasak dan menyiapkan salad, saus, dan bumbu dapur.
  8. California menghasilkan 95% dari semua alpukat yang ditanam di Amerika Serikat.
  9. Kata “alpukat” berasal dari kata Aztec “ahuacatl,” yang berarti testis; mungkin karena kesamaan antara buah dan bagian tubuh.
  10. Terkadang alpukat juga dikenal sebagai aligator pear.
  11. Ukuran alpukat sama dengan ukuran bayi berusia 16 minggu di dalam rahim!

Leave a Reply

Close Menu