Makanan Khas Karawang yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh (Murah)!
by The Hungry Doctor

Makanan Khas Karawang yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh (Murah)!

Makanan Khas Karawang – Karawang bisa dibilang daerah yang cukup dekat dari kota-kota sekitarnya (Bekasi, Jakarta), tapi lamanya perjalanan ke sana akibat macet kadang bikin kita gak mau ke sana. Namun, ada beberapa kuliner atau masakan khas karawang yang bisa dijadikan alasan untuk ‘capek-capek’ pergi ke Karawang.

Jadi apa aja makanan khas Karawang ini?

Makanan Khas Karawang Part 1

Ini bagian pertama dari kumpulan makanan atau kuliner khas Karawang, yang bisa jadi baru baca satu part udah mau bikin kamu ke Karawang sekarang juga.

Ikan Gabus Bumbu Pucung Khas Karawang

Makanan khas karawang ikan gabus bumbu pucung
by MerahPutih

Banyaknya pilihan olahan ikan; dari bakar, goreng, atau panggang, pasti bumbu andalanya saos asam manis atau kecap pedas. Namun, olahan ikan ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Iya, bumbu pucung.

Pucung atau kepayang atau keluak, sering dijadikan bumbu dalam masakan-masakan nusantara, tak terkecuali masakan Karawang. Biasanya bumbu dari bahan pucung ini membuat warna masakan menjadi hitam, seperti rawon. Dan ini yang dilakukan oleh Ikan Gabus.

Alamat dan Harga

Rugi jika anda tidak pernah mencoba masakan yang satu ini! Kalau ke Karawang, mampir ke Rumah Makan Mandiri Jl. Pangkal perjuangan No. 48, karawang. Buka mulai pukul 06.00 sampai dengan 19.00.

Soto Gempol Khas Karawang

makanan khas karawang soto gempol
by I Love Karawang

Haji Abdul Syukur dan Hajjah Fatimah telah mempopulerkan soto ini pada tahun 1980-an, dan terkenal se-Karawang tentunya.

Normalnya ada 4 pilihan isian soto yang bisa kamu pesan saat berkunjung ke rumah makan ini, yaitu ayam, daging, babat, dan usus. Namun, kalau mau masukin semua isian, juga bisa. Dengan rasa yang khas, membuat kamuy akin kalau soto ini berbeda dengan soto Betawi atau soto-soto yang pernah kamu makan. Selain itu soto ini juga dilengkapi dengan acar-acaran, sambal, kecap dan emping.

Alamat dan Harga

Kalau udah penasaran kunjungi Jl. Rangga Gede No. 45, Tanjungpura, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Mulai buka pada pukul 10.00 sampai 21.00. Satu porsi soto ini dibanderol 30.000 sampai 45.000 rupiah, sesuai porsi.

Pepes Walahar Khas Karawang

makanan khas karawang pepes walahar
by The Hungry Doctor

Kalau bicara Bendungan Walahar, maka jangan sampai lupa dengan pepes Walahar. Memang terdapat banyak rumah makan pepes Walahar sekitar Bendungan Walahar, namun ada satu rumah makan yang paling terkenal: Rumah Makan Jambal Walahar Bapak H. Dirja. Ketik nama yang tadi di google maps, dan anda akan mendapatkan rutenya.

Banyak aneka pepes yang disajikan. Selain pepes jambal yang menjadi primadona, ada juga pepes jamur, pepes ikan mas, pepes tahu, pepes oncom, pepes teri, dan pepes-pepes lainya. Ada juga makanan yang bukan merupakan pepes, seperti ikan goreng, ayam bakar, dan sayur-sayuran.

Alamat dan Harga

Jalan Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363. Kalian akan bisa menikmati makanan yang rata-rata satu pepes 10.000 ini, di saung bersama keluarga dan teman-teman. Selamat menikmati!

Soto Tangkar Masakan Khas Karawang

makanan khas karawang soto tangkar karawang
by Travelingyuk

Masih dengan makanan berkuah, kalau tadi kita punya soto gempol, sekarang ada soto tangkar yang sudah ada sejak 1980-an. Hebatnya, rasa dan bumbu-nya tidak pernah berubah sejak generasi pertama, tetap mempertahankan cita rasa yang asli.

Walaupun soto, ini lebih banak isian daging sapi, jadi seperti sop sapi. Selain ada daging sapi, ada kulit sapi yang sangat terasa ke-empukanya. Dan yang paling unik dari soto ini adalah kikil-nya yang sangat empuk dan gurih.

Anda juga bisa menambahkan lauk tambahan seperti sate empal, jeroan, dan lain-lain.

Alamat dan Harga

Soto Tangkar Mang Nean Jl. Dewi Sartika, Nagasari, Telukambe Timur. Dengan harga per porsi 16.000 rupiah saja!

Tahu Bumbu

makanan khas karawang Tahu bumbu karawang
by I Love Karawang

Tahu tidak melulu dengan tahu sumedang atau tahu bulat dadakan lima ratusan. Ada sebuah tahu yang sangat popular di Karawang dan sekitar daerahnya, yaitu Tahu Bumbu Sari Rasa yang sudah ada sejak 1908-an.

Pada umumnya, ini adalah olahan tahu biasa namun beda daerah beda juga cita rasanya. Jadi apa, sih yang membuat Tahu Bumbu Sari Rasa ini spesial? Tahu ini digoreng seperti biasa, dan disajikan dengan nasi atau potongan lontong. Dan bumbu saus kacang tanah yang kental, agak pedas, kecap manis ini akan menjadi penyempurna tahu bumbu ini. Belum lagi tambahan bawang goreng dan kerupuk.

Makanya, tahu ini sangat terkenal dan istimewa, karena hanya tahu bumbu ini yang mempunyai resep seperti ini. Selain itu kita juga bisa membeli bakwan, risoles, telur asin, dan lauk tambahan lainya.

Alamat dan Harga

Lokasi berada di deretan Soto Tangkar Mang Nean, tepat sebelah toko Roti Dewi, dan buka pukul 7.30 sampai 21.00. Untuk harga per porsi cukup 6.000 rupiah saja.

Baca Juga: Makanan Khas Filipina yang Ekstream!

Baca Juga: Makanan Khas Australia Paling Unik!

Makanan Khas Karawang Part 2 (Jajanan Khas Karawang)

Setelah melihat makanan berat yang bikin lapar kita hilang, ada juga aneka jajanan khas Karawang untuk sekadar mengganjal perut atau menjadi oleh-oleh buat orang di rumah. Yang pastinya, makanan khas ini bisa bikin kamu ketagihan dan bisa membuat orang di rumah senang.

Apa aja, sih?

Serabi Hijau Jajanan Khas Karawang

makanan khas karawang surabi hijau karawang
by Resep Makanan Nusantara

Serabi udah sangat populer di kalangan masayrakat Indonesia. Apalagi banyaknya kedai atau restoran yang menyediakan serabi dengan berbagai macam varian rasa. Namun, ada serabi yang sangat terkenal dan bisa dibilang serabi khas Karawang ini adalah serabi pertama. Ya, serabi hijau.

Bahan alami yang dipakai serabi hijau ini adalah daun suji, dan sudah menjadi ciri khasnya berwarna hijau dan asli makanan khas dari Rengasdengklol Karawang. Hampir semua yang pernah berkunjung ke Karawang pasti sudah mencobai serabi hijau ini.

Alamat dan Harga

Ada satu tempat yang terkenal menjual serabi hijau khas Karawang ini, di Jl.Tugu Proklamasi Kemerdekaan Perintis Kemerdekaan No. 33, R. Utara, Rengas Dengklok, Kabupaten Karawang, Karawang Jawabarat, 41352. Dekat dengan tempat wisata, Rumah Sejarah, Pengasingan Soekarno Monumen Kebulatan Tekad, dan Tugu Proklamasi Kemerdekaan. Buka setiap hari dari jam 8.00 sampai sore. Harganya mulai dari 15.000 sampai 20.000 rupiah saja.

Opak Ketan Rawagede Oleh-oleh Khas Karawang

opak ketan karawang
by Tokopedia

Opak ketan mungkin udah banyak yang tau, namun lagi-lagi opak ketan khas karawang ini berbeda disbanding opak-opak lainya. Jika opak ketan lain kebanyakan ukuran besar, dan berbentuk kotak, opak ketan rawagede ini bentuknya bulat dan lebih kecil, sekali dua gigit langsung habis.

Rasanya yang gurih dan renyah akan membuat siapa yang memakanya bisa ketagihan. Cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh. Kalian bisa membelinya di pusat oleh-oleh Karawang.

Kue Gonjing Jajanan Khas Karawang

kue gonjing
by JDlines

Kue Gonjing atau ada yang menyebutnya bandros adalah salah satu jajanan yang bisa dimakan langsung atau oleh-oleh yang terkenal dari Karawang ini. Tapi, kalau tempat asal anda jauh, kue gonjing akan berkurang drastis rasanya, karena kue ini tidak bertahan terlalu lama.

Kue ini memiliki rasa yang gurih, karena ada bahan parutan kelapa, teksturnya juga lembut dan warnaya putih. Biasanya toping atasnya gula pasir, dan kadang-kadang saus gula merah.

Ali Agrem Oleh-oleh Khas Karawang

Ali Agrem
by Shopee

Makanan ini dikasih nama ali agrem karena bentuknya melingkar, seperti ali/cincin. Makanan ini sangat mudah ditemukan di Karawang, karena termasuk kue tradisional Karawang sendiri. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Ali agrem ini berbahan dasar tepung beras dan gula merah yang digoreng di minyak panas. Karena bahanya dari gula merah, warnanyapun alami dari gula merah itu sendiri, yakni coklat kemerahan. Sangat enak jika kalian makan sambal ditemani teh manis, di sore hari.

Ganastori Jajanan Khas Karawang

ganastori
by Putra Unggul

Ada lagi kue yang bisa kita beli jika berkunjung ke Karawang, yaitu ganastori. Ada juga yang menyebutnya sebagai gandusturi.

Kue yang terbuat dari kacang ijo, gula pasir, vanili bubuk, terigu, tepung beras, daun pandan, serta bahan-bahan pelengkap lainya ini, digoreng pada minyak yang suhunya sedang. Kue ini memang terlihat teksturenya keras dari luar dan lembut di bagian dalam. Dan itulah yang terjadi jika kita memakanya. Warna dari kue ini adalah putih kecokelatan dan manis rasanya, jadi sangat cocok untuk dimakan sebagai teman perjalan atau oleh-oleh buat orang rumah.

Kerupuk Bontot

kerupuk bontot
by Sportourism

Masih belum kelar ngebahas oleh-oleh dari kota industri ini. Sekarang kita punya sebuah kerupuk yang tidak terlihat seperti kerupuk. Kenapa? Karena menjualnya setengah jadi.

Kerupuk bontot dijual dalam keadaan adonan setengah jadi, yang membuat kita harus memotong dengan sesuai keinginan kita, dan pastinya memasak dengan resep sesuai selera kita sendiri.

Adonan ini kenyal dan lembut, berwarna oren tua yang bisa kalian masak di dalam minyak panas, bisa dinikmati dengan saus pedas atau dijadikan pendamping lauk pauk. Kerupuk ini sudah lama terkenal dan pastinya susah mencarinya jika tidak di Karawang.

Rengginang Ketan

rengginang ketan
by cookpad.com

Tau rengginang? Itu lho makanan yang biasanya ada di bulan Ramadhan yang disimpan di kaleng Khong Guan. Hahaha memang begitu kesering orang Indonesia yang menjadikan kaleng biscuit ternama untuk menjadi tempat rengginang.

Karawang punya rengginang yang berbeda dan hanya ditemukan di Karawang dan sekitarnya. Ya, rengginang ketan. Rengginang ini terbuat dari olahan beras ketan yang melewati banyak proses dari memasak beras, pengeringan, hingga penggorengan. Dan biasanya dijual dalam dua pilihan, jual jadi atau yang masih mentah alias masak sendiri.

Cocok banget sebagai oleh-oleh dan dinikmati di depan tivi bersama keluarga.

Sirup Kawista

Sirup Kawista
by Omiyago.com

Udah kelar ngomongin makanan dan jajanan, di point terakhir ada minuman yang bisa anda bawa pulang dan pastinya khas Karawang. Namanya Kawista, terbuat dari buah kawista (buah yang kulit cangkangnya keras), yang saat dalam keadaan matang bisa mengeluarkan aroma sedap yang khas, dan mengandung unsur cola, makanya banyak yang menyebutnya cola java.

Dijual dalam kemasan berupa sirup dan memiliki khasiat yang banyak. Selain manfaatnya yang banyak, karena rasanya yang unik inilah menjadikan kawista digemari banyak orang. Dari Karawang sendiri maupun para wisatawan.

 

Leave a Reply

Close Menu