Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Makanan Khas Bangka Belitung dengan Review atau Resep Videonya!

Makanan Khas Bangka Belitung – Makanan khas yang akan gua bahas kali ini, berasal dari negeri Laskar Pelangi. Ya, Bangka Belitung! Sebuah pualu di lepas pantai timur Sumatra ini, memiliki banyak keragaman bahan tambang, budaya, pariwisata, dan yang paling makananya.

Gua akan memberikan daftar-daftar makanan yang mungkin atau bisa jadi wajib untuk anda cobia jika anda ke sana. Dan beberapa gua akan memberikan lokasi dan review (atau resep) makanan khas Bangka Belitung ini.

Penasaran? Yuk, kita mulai!

Makanan Khas Bangka Belitung Bagian 1

Di bagian satu ini ada makanan apa aja, sih? Coba tebak dan buktikan di bawah ini.

1.      Lempah kuning

Lempah kuning makanan khas bangka belitung
by Fimela

Karena dekat dengan pantai dan laut, sudah sewajarnya makanan khas pulau ini adalah olahan ikan, dan sangat cocok untuk dijadikan pembuka dari makanan khas pulau yang dulu pernah bernama Biliton ini, yaitu Lempah Kuning.

Hampir seperti gulai ikan pada umumnya, namun lebih sering bagian kepala ikan yang dipakai sebagai bahanya. Oh iya, ikan-nya senidiri biasa digunakan ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Siapa sangka, makanan yang kuahnya berbahan dasar irisan buah nanas yang diberi kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai ini termasuk dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Sebuah predikat makanan yang tinggi, setidaknya di dunia kuliner Indonesia.

Tapi, jika anda tidak suka kepala ikan atau bagian ikan lainya, anda juga bisa menemukan lempah darat; yang terdiri dari campuran sayuran dan kacang-kacangan, lempah kulat; yang berbahan dasar jamur. Silahkan pilih sesuai selera!

2.      Kepiting Santan

kepiting santan makanan khas bangka belitung
by Mancing Mania

Masih dari hasil laut, kali ini kita akan menemukan olahan kepiting yang membuat kita rela mengeluarkan berapa saja, untuk mendapatkan seporsi dari kepiting santan ini (dan pastinya masakan khas Belitung). Kepiting ini juga berbeda dibanding anda memakan kepiting di kota Jakarta atau sekitarnya, karena ini hasil laut langsung yang di bawa oleh nelayan, dijual ke rumah makan atau warga sekitar, dan diolah sedemikian rupa.

Kepiting yang diolah, selain dari laut, ada kepiting sungai air payau (kepiting remangok), yang dimasak dengan cabai rawit, rempah-rempah, dan pastinya santan. Enaknya, jika kita makan di restaurant Bangka Belitung, kita bebas memilih kepiting laut atau sungai yang ingin kita makan. Akan menarik jika disandingkan dengan nasi panas dan segelas es teh manis.

3.      Lokan Laut

lokan laut makanan khas bangka belitung
by Liputan6

Rasanya gua gak bisa berhenti bahas masakan dari perairan. Sekarang kita ada lokan laut, sejenis kerang yang biasanya dijumpai di muara-muara sungai atau daerah vegetasi rawa, dan terlihat seperti tiram. Lokan-lokan ini diambil biasanya menggunakan jarring, kemudian dicuci hingga bersih dan akhirnya di masak.

Lokan dimasak menggunakan air serai, atau bisa menggunakan saus tiram dan santan. Dan pastinya bumbu saus tiram dan santan adalah rasa yang tebaik untuk lokan ini, belum lagi kuahnya yang berbumbu santan dan saus tiram membuat kita menjilati piring sampai bersih. Jadi, bagi kamu pecinta kerang, jangan lewatkan lokan ini!

4.      Cacak Ikan

cacak ikan makanan khas belitung
by Bangka.Tribunnews

Biasa juga disebut bakso ikan, karena bentuknya menyerupai bakso. Tidak ada yang terlalu special dengan makanan khas ini, namun tetap berbeda jika kita memakanya di Bangka Belitung bersama keluarga asli sana. Karena ini termasuk jajanan favorite keluarga.

Cacak ikan juga biasa menggunakan ikan tenggiri atau ikan lainya dalam olahan ini. Cacak ikan yang sudah matang dan siap makan, dihidangkan bersamaan dengan saus pedas asam manis, atau juga pendamping pempek Bangka.

5.      Pempek Panggang Bangka

pempek panggang makanan khas bangka
by Tribunnews

Poin di atas, gua menyebutkan pempek Bangka, kan? Karena pempek tidak khas Palembang saja. Bangka mempunyai pempek yang diolah dengan cara yang berbeda dari pempek khas Palembang, yaitu dipanggang. Gua bilang juga beda, kan?

Berbentuk bulat tidak sempurna dan kecil-kecil, menjadi karakteristik pempek panggang ini. Pempek dipanggang di atas bara api yang panas, setelah itu pempek yang matang dibelah ditengah, dan diisi dengan abon ikan, cabai hijau, atau kecap. Tetap, kuah cuka pempek (yang ada pada umumnya) menjadi cocolan pempek panggang ini. Mungkin hanya itu kesamaanya dengan pempek Palembang, yaitu kuah cuka.

Untuk mendapatkanya kamu tinggal mencari penjualnya di pinggir jalan sekitaran kota Pangkapinang dan Sungailit.

Baca Juga: Makanan Ekstream Khas Filipina

Makanan Khas Bangka Belitung Bagian 2

Oke-oke, sejenak gua akan meberikan informasi makanan yang bukan olahan ikan. Ya, mau gimana lagi, nelayan sudah menjadi pekerjaan utama, punya laut yang banyak hasil lautnya, dan pastinya bumbu yang cocok untuk olahan ikan.

Jadi, makanan khas Bangka Belitung apa yang bukan olahan hasil laut?

6.      Mie Belitung

mie belitung
by BukaLapak

Kali ini kita punya sebuah mie yang menjadi bahan utamanya. Mie Belitung ini sangat khas dikalangan para wisatawan, bahkan mewajibkan siapa yang baru menginjakan kakinya di pulau ini, harus langsung mencicipi mie Belitung ini.

Mie Belitung disajikan dengan menggunakan mie kuning yang berkuah kaldu yang dibuat dari olahan udang (lagi-lagi hasil laut), dan kuahnya dicampur berbagai macam bumbu-bumbuan seperti bawang, merica, dan jahe. Sebagai pendamping dari mie yang bikin kita ngiler ini, ada udang, kentang rebus, emping, atau timun. Terserah kalian request-nya apa. Makan selagi hangat.

Warung yang paling terkenal dalam menjual mie Belitung ini adalah Warung Mie Belitung Nyonya Atep Jl. Sriwijaya, Tanjungpandan. Dan sepertinya Indomie belum mengeluarkan rasa Mie Belitung ini. Tolong lah Indomie.

7.      Berego

berego bangka
by Viva

Kalau di Jakarta atau di Pulau Jawa kita punya lontong, kalau Bangka Belitung ini punya berego. Serupa tapi tidak sama. Memang mirip dari segi warna dan bentuknya, namu berbeda dengan lontong yang menggunakan nasi, berego ini adalah campuran tepung beras dan tepung sagu.

Walaupun berbeda dan hanya terlihat mirip, berego juga disajikan sama seperti lontong, yaitu disiram dengan lauk-lauk yang berkuah, namun bukan kuah dari sayur labu siam, tapi kuah kari ikan. Berego ini juga bisa menjadi teman bagi makanan-makanan yang sebelum dan yang nanti gua sebutkan, yang penting nyambung. Seperti Mie Belitung, Lakse, atau Lempah Kuning.

8.      Lakse

laksa bangka
by BangkaPos

Lagi-lagi makanan ini mirip dengan makanan biasanya kita temui di Jakarta, ya apalagi kalau bukan kue putu mayang khas Betawi. Dan lagi-lagi makanan ini berbeda dengan kue putu mayang, karena ini bukan kue, melainkan makanan yang dihidangkan dengan makanan kuah lainya.

Masyarakat melayu yang ada di Belitung dipercaya sebagai pembuat lakse pertama kali, dengan bentuk yang dipertahankan dari dulu yaitu mie yang dibuntel-buntel. Setelah itu lakse dikembangkan oleh orang Tionghoa Belitung, dan kita bisa melihat lakse yang disajikan sedemikian rupa. Jadi, mulai coba lakse dan rasakan ‘kue putu mayang’ dimakan dengan makanan berkuah pedas-asam.

9.      Mie Ayam Bangka

Mie Ayam Bangka
by Cookpad

Masih berbentuk mie dan berbahan dasar mie, yang pastinya kegemaran kita semua. Ya, mie ayam. Dan ini adalah Mie Ayam Bangka, sebuah keluarga dari mie ayam yang memiliki cita rasanya sendiri. Mie Ayam Bangka ini punya mie yang kebih kenyal dan tauge yang banyak sebagai topping­-anya.

Untuk rasa, kalian tidak akan tau seperti apa perbedaanya dengan mie ayam lainya selain mencoba langsung di Bangka Belitung ini, karena hampir sama semua sajianya yaitu bakso, ayam, pangsit. Tapi bumbu lah yang membuat Mie Ayam Bangka ini istimewa? Penasaran? Jadi, cobalah!

10.  Martabak Bangka

martabak bangka
Resep Kue

Siapa sangka, makanan kegemaran semua orang yang sering kita jumpai di manapun adalah makanan khas Bangka. Martabak Bangka ini memiliki rasa yang manis, makanya sering kita kenal dengan martabak manis. Sudah banyak varian rasa dari Martabak Bangka ini, dari mulai yang kebarat-baratan seperti Nutella dan Oreo, sampai menambahkan buah-buahan di atasnya.

Namun Martabak Bangka yang original yang ada di Bangka atau yang menggunakan bahan biasa seperti coklat, kacang, keju, susu, dan wijen. Dan gua tidak mewajibkan kalian makan Martabak Bangka di Bangka Belitung, karena soal rasa tidaklah jauh berbeda dengan yang ada di kota-kota besar lainya. Yang membedakanya hanya pengalaman makanya saja.

Baca Juga: Makanan Karawang yang Mengunggah Selera

Makanan Khas Bangka Belitung Bagian 3

Tambah ngiler gak? Sudah pasti. Sekarang kita coba beralih ke jajanan-jajanan atau sambal-sambal khas dari Negeri Penghasil Timah ini. Dan mungkin ada yang termasuk olahan ikan atau hasil laut lainya, ya. Harap maklum.

11.  Sambal Rusip

Sambal rusip makanan khas bangka belitung
by Travel.Kompas

Sambal biasanya berbahan dasar cabai-cabaian, bawang, garam, terasi, dan penyedap rasa lainya. Namun Bangka Belintung menawarkan jenis sambal yang tidak ada duanya, yang pastinya khas Bangka. Lagi-lagi ikan sebagai bahan sambal ini, lebih tepatnya ikan yang difermentasikan bersama garam dan gula merah setidaknya selama tujuh hari.

Ikan yang difermentasika inilah ang akan dicampurkan dengan jeruk kunci, cabai, dan bawang merah. Rasa sambal ini asam manis yang punya aroma kuat untuk ukuran sambal. Walaupun begitu, fungsi sambal rusip ini sama dengan sambal-sambal lainya, yaitu cocolan lauk pauk.

12.  Belacan Belitung

Belacan Makanan Khas Bangka Belitung
by IndonesiaKaya

Ada sebuah fermentasi hasil laut lagi selain sambal rusip, yaitu fermentasi udang rebon yang akan menjadi belacan. Belacan ini, bisa diibaratkan sebagai terasi, karena mempunyai aroma yang kuat dan rasa yang unik. Jadi, cocok untuk menjadi bumbu sambal pengganti terasi.

Hasil produksi dari desa Sijok ini menjadi oleh-oleh khas Belitung, yang wajib dibawa pulang ke rumah. Karena dengan memakai belacan ini, kita bisa melepas rindu dengan makanan-makanan Bangka Belitung. Apalagi dengan sambalnya.

13.  Pletek Ikan

Pletek Ikan makanan khas Bangka Belitung
by Sumber

Memang bukan hasil fermentasi yang bisa dijadikan sambal, tapi ini adalah oleh-oleh khas Belitung atau cemilan yang bisa kamu makan saat berlibur ke Bangka Belitung. Pletek ini mirip-mirip kerupuk atau sejenis kerupuk karena punya tekstur yang renyah. Dan pastinya rasanya gurih.

Ikan tenggiri adalah bahan utama dari pletek ikan ini, yang dicampur sedemikian rupa dengan garam, merica, dan bumbu-bumbu lainya. Kalau sayang teman atau keluarga di rumahmu, dan ingin membelikan oleh-oleh yang murah, mungkin ini bisa menjadi solusinya.

14.  Kue Rintak

Kue rintak makanan khas bangka belitung
by IndonesiaKaya

Tenang, kue ini tidak berbahan ikan, ini seperti kue-kue tradisional lainya yang berbahan sagu. Kue memang makanan wajib ada di setiap daerah, dan biasanya punya kue khasnya sendiri. Kue rintak inilah yang dimiliki oleh Bangka Belitung, dan pastinya menjadi kegemaran orang-orang Bangka Belitung untuk menikmati teh di sore hari.

Karena bahan dasarnya sagu dan dominasi dari sagu ini, banyak orang Bangka Belitung yang juga menyebutnya sebagai kue sagu. Dan seperti kue-kue pada umumnya, paling sering kita temui kue ini saat bulan Ramadhan. Untuk rasa, kue rintak termasuk manis dan lembut teksturnya. Mau dijadikan cemilan atau oleh-oleh, bisa menjadi pilihan yang baik.

15.  Teri Krispi

Teri krispi makanan khas bangka belitung
by IndonesiaKaya

Memang mantap sekali Bangka Belitung memanfaatkan hasil lautnya. Sekarang giliran teri menjadi bahan utama makanan khas pulau ini. Desa Sijuk atau desa kampung nelayan ini, membuat olahan teri menjadi cemilan yang khas, yaitu teri krispi yang menjadi cemilan sehari-hari masyarakat di sana dan sekitarnya.

Teri krispi ini umumnya gurih dan asin, namun sudah banyak varian rasanya seperti keju dan balado. Bisa anda temui di Desa Sijuk hingga Belitung, karena memang banyak yang menjualnya sebagai oleh-oleh atau camilan untuk para wisatawan.

Baca Juga: Makanan Khas Australia paling Terkenal

Makanan Khas Bangka Belitung Bagian 4

Bagian keempat masih seputar makanan camilan yang bisa kita temui di pulau ini. Dan pastinya hanya di pulau ini. Kalau menemukanya di daerah lain, ya beda experience-nya. Udah, lah cek lagi daftar makananmu!

16.  Kemplang

Kemplang Bangka
by Belanga Indonesia

Hampir semua orang yang pernah ke Bangka Belitung, entah untuk wisata atau perjalanan bisnis, pastinya akan membeli kemplang ini. Sangking populernya hampir setiap orang yang ingin beranjak dari pulau ini akan mebawa kemplang sebagai khas oleh-oleh.

Kemplang ini berbahan dasar ikan tenggiri, yang akan tercium aroma ikanya saat kita membuka kemasan kemplang pertama kali. Oh, ya kemplang ini termasuk jenis kerupuk ya dan memiliki berbagai rasa seperti udang ataupun cumi-cumi. Bentuk yang pipih dan bulat (plus tidak lebar), menjadi camilan ringan yang enak dengan cocolan sambal terasi khas Bangka Belitung yang biasanya sudah termasuk di dalam kemasanya.

17.  Otak Otak Bangka

otak otak bangka
by Tribun Travel

Apasih yang membuat otak-otak Bangka ini berbeda dari otak-otak lainya? Kalau pribadi gua adalah tidak ada. Ada sama-sama dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar, bentuknya juga seperti otak-otak pada umumnya (tapi lebih kecil), dan berbahan dasar ikan.

Namun, enaknya makan otak-otak Bangka ini, kita punya tiga viarian sambal yang siap dicocol, yaitu: sambal asam, sambal biasa, dan sambal perasan jeruk nipis. Mungkin ini yang bikin kita ketagihan dalam memakan otak-otak Bangka. Enaknya jangan dijadikan oleh-oleh karena otak-otak terkenal cepat basinya. Jadi, segera habiskan!

Otak-otak Afung : Jl. Gajah Mada No.110, Kuto Panji, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33253, Indonesia

18.  Kricu

Kricu Bangka
by AfifbenZumaen

Kembali kerupuk-kerupuk-an, sekarang kita punya makanan yang mirip dengan telur gabus, dari warnanya maupun bentuknya. Namun ini juga terkenal dengan telur cumi-cumi. Kericu ini berbahan dasar telur cumi ataupun telur sotong, yang pastinya enak, gurih, dan cocok dijadikan olehh-oleh.

Kericu ini masih termasuk produksi rumahan dan jika kita mau mebeli kericu ini, kita bisa ke Pangkalpinang, Sungailiat, dan Belinyu. Daerah-daerah tadi adalah yang paling sering memproduksi kericu.

19.  Bong Li Piang

Bong Li Piang
by IndonesiaKaya

Karena namanya yang mengandung unsur-unsur china, makanan ini memang berasal dari china dan bukan asli dari Bangka Belitung. Dipercayai, kue ini berasal dari suku Hakka dari Tiongkok yang bermigrasi ke wilayah Selatan dengan jumlah yang besar, salah satunya adalah pulau Bangka ini. Dari campuran budaya dan kuliner terciptalah Bong Li Piang khas Bangka Belitung.

Kue ini dibuat dengan bahan tepung terigu, santan, gula aren, dan nanas. Untuk bentuk dan tekstur mirip kue bantal dan isinya selai nanas (mirip nastar). Kalau Jogja punya bakpia sebagai oleh-oleh, Bangka Belitung punya Bong Li Piang sebagai buah tangan yang istimewa.

20.  Sambal Lingkung

Sambal Lingkung makanan khas bangka belitung
by Resep Kue Kering-ku

Ada lagi sambal-sambalan khas Bangka Belitung. Mari kita perkenalkan Sambal Lingkung, sebuah sambal yang mirip dengan abon ini berbahan ikan atau udang yang segar. Sambal ini memang punya kemiripan dengan abon, dari tekstur dan warna namun rasa jauh berbeda.

Sambal ini sangat enak jika disajikan dengan lauk pauk dan nasi yang hangat. Anda juga bisa menjadikan ini oleh-oleh atau simpan di rumah agar bisa melepas rindu kepada pulau Bangka ini.

Makanan Khas Bangka Belitung Bagian 5

Ini menjadi bagian terakhir, dan semoga kalian suka dengan makanan-makanan Bangka Belitung dari bagian pertama sampai terakhir ini.

Let’s Go!

21.  Soto Ketupat Makanan Khas Bangka Belitung

Soto ketupat makanan khas bangka belitung
by MerahPutih

Memang kebanyakan daerah memiliki soto-sotonya sendiri. Seperti Jakarta dengan Soto Betawi atau Kudus dengan Soto Kudus-nya. Bangka juga memiliki soto sendiri, yaitu soto ketupat. Dan pastinya nasi yang biasa mendampingi makanan berkuah ini, diganti dengan ketupat. Udah kayak hari lebaran aja, ya dikit-dikit make ketupat.

Soto ketupat ini, selain memakai ketupat ada mie kuning juga yang disajikan, walaupun kita bisa milih makai mie atau tidak. Dan memang, soto ini paling sering kita temui saat hari raya Idul Fitri atau minggu-minggu hari besari Islam itu. Tidak disarankan untuk yang punya kolestrol tinggi!

22.  Pantiaw

Pantiaw makanan khas bangka belitung
by Tribun Travel

Mungkin makanan ini adalah saudara jauh dari kwetiaw atau memang saudaraan cuman terpisah jauh? Entahlah, yang jelas Pantiaw ini dari segi nama dan bentuk hampir sama. Namun tetap masih ada perbedaan anatar saudara  tiaw ini adalah pantiaw punya dua jenis, yaitu pantiaw yang berbahan dasar tepung beras dan pantiaw yang berbahan dasar tepung gandum.

Pantiaw juga punya perbedaan dalam penyajianya yaitu bumbu yang ditaburkan diatasnya. Bumbu itu (lagi-lagi) terbuat dari ikan, lebih tepatnya ikan giling. Dan pantiaw juga kita pesan antara kering atau basah. Nah, yang basah ini memakai kuah bakwan rebus. Penasaran dengan saudara kwetiaw ini, kan?

23.  Mie Koba

makanan khas bangka belitung mie koba
by detikFood

Kalau mendengar koba, jadi ingat film The Dawn of The Planet of The Ape, seorang gorila yang berantem dengan gorila lainya…

Oke, stop. Kembali ke makanan.

Makanan ke 23 ini adalah yang terkahir di artikel makanan khas Bangka Belitung, dan pastinya mie adalah makanan favorite kita semua. Bohong kalau orang gak suka makan mie. Mie koba ini sangat khas karena memasukan ikan tenggiri saat penyajianya. Selain itu kuahnya juga berasal dari kaldu ikan tenggiri, sangat cocok untuk pecinta mie sekaligus seafood. Telur, seledri, dan bawang goreng menjadi pelengkap dari Mie Koba ini. Udah ngiler, kan?

Makanan Khas Bangka Belitung: Penutup

Memang ada beberapa makanan khas bangka belitung ini yang bisa temui di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Bandung. Namun, akan sangat berbeda jika kita memakan, misal lempah kuning, di pantai Tanjung Tinggi dengan angin laut yang segar. Apalagi bersama keluarga atau teman-teman. Rasa makananmu akan sangat berbeda. Dan, sudah sepatutnya jika kita pergi wisata untuk memakan makanan khas daerah tersebut. Walaupun jauh, Aceh sekarang ada catering profesionalnya berbasis online lho. Yuk, kepoin di cateringaceh.com.

Keep Sarungan!

Leave a Comment