10+ Makanan Khas Australia yang Paling Unik (Hanya ada di Australia)!
by Taste

10+ Makanan Khas Australia yang Paling Unik (Hanya ada di Australia)!

Makanan khas negara Australia yang akan gua jabarkan adalah yang makanan yang terkenal, baik yang sudah masuk Indonesia seperti Tim Tam, sampai makanan yang hanya bisa temui di Australia, daging Kangguru. Ada juga selai unik yang bisa kita jadikan oleh-oleh khas Australia. Penasaran, kan? Iya gua akan kasih liat gambar dan cara membuatnya.

Australia adalah sebuah negara yang besar sekaligus benua yang kecil. Luas total dari negara ini adalah 7.692.024 Km2, dan memiliki lebih dari 25 juta penduduk yang kini tinggal di Australia atau kebangsaan Australia.

Dengan banyaknya campuran budaya dari penduduk asli Australia, yaitu Aborigin, dan imigran dari Eropa, seperti Belanda dan Inggris, telah menghasilkan banyak Bahasa, pemahanaman, suku, dan yang penting: Makanan!

Begitu banyak makanan dari negeri kangguru ini, dari mulai makanana utama atau sekedar camilan.

Jadi, inilah makanan khas Australia!

Makanan Khas Australia: Camilan

Tidak hanya di Indonesia, Australia memilki banyak jajanan yang populer di sana. Tapi, jangan berpikir kalau itu seperti telur gulung, gorengan, atau batagor. Selera mereka berbeda.

Jajanan atau snack Australia biasanya manis, dijual di mini market dan pastinya kegemaran orang Australia. Jadi, kenapa kita tidak mulai saja?

1.      Vegemite

makanan khas australia vegemite
by Brett_Hondow

Vegemite ini adalah sebuah selai untuk sarapan dengan roti. Jangan dibayangkan seperti selai kacang atau cokelat. Ini adalah selesai yang terbuat dari berbagai macam sayuran, rempah-rempahan, dan ragi. Memang warna-nya cokelat, tapi seperti gua bilang tadi, jangan samakan dengan selai cokelat.

Rasa dari vegemite ini campuran dari asin, manis, sedikit pahit, dan pedas dari rempah-rempahan. Dan disarankan untuk tidak mencium aromanya, karena aroma-nya yang menyengat orang pertama kali memakanya (atau mengoleskan ke roti), akan langsung menjauh.

jangan menilai Vegemite dari baunya. Anda mungkin salah makan. Seorang Australia sejati pernah mengatakan, “Tentu saja tidak ada yang akan menyukai Vegemite sendiri, bahkan orang Australia.”

cara yang tepat untuk memakan Vegemite adalah dengan menaburkannya di atas roti bakar dengan perbandingan 50/50 dengan sedikit mentega. Atau bisa menjadi isian sandwich dengan keju, alpukat, keju leleh, dan tomat.

Anda yang menentukan apakah vegemite makanan yang anda cintai setengah mati, atau benci setengah mati. Worth to try!

Tonton video reaction anak kecil yang makan Vegemite 🙂

2.      Fairy Bread

Fairy Bread
by malaysianmom

Namanya lucu, namun tampilanya (bagi gua) biasa aja. Karena mungkin gua udah sering ngeliat makanan sejenis di jajanan pasar. Namun, bagaimana rasanya? Beda.

Untuk taburan warna-warninya, orang Australia kebanyakan memakai merk 100’s and 1000’s. Cara memakanya juga mudah, taburkan manis-manisa yang warna-warni itu di atas roti yang sudah diolesi mentega (sarah para ahli, gunakan roti putih). Dan jangan lupa untuk memotongnya menjadi bentu segitiga.

Kata orang Australia, “Jangan pernah membiarkan fairy bread Anda menjadi persegi, hanya para amatir yang lupa mengiris menjadi segitiga.”

Cara membuat makanan khas Australia, Fairy Bread bisa tonton video ini:

3.      Tim Tam

Tim tam
by Australian Souvernis

Siapa sangka, makanan cokelat yang enak ini asli dari Australia? Gua juga sering beli Tim Tam di mini market, karena enak. Sayangnya satu bungkus Tim Tam biasanya isinya dikit.

Hanya di Australia Anda dapat menemukan Tim Tam yang asli. Karena hanya dengan yang asli Anda dapat melakukan Tim Tam Slam. Yang Anda lakukan adalah ambil Tim Tam, gigit ujungnya, masukkan ujungnya ke dalam secangkir susu dan minum! Susu akan melelehkan isian di dalam saat cairan mengalir ke atas sedotan coklat.

Seperti di iklan-iklan. Jadi, udah mau beranjak untuk membeli Tim Tam, belum?

Cara melakukan Tim Tam Slam, seperti di iklan-iklan tv:

4.      Snag

makanan khas australia Snag
by VicHealth

Snag ini semacam hot dog, yang biasanya memakai roti lonjong yang tengahnya puya tempat untuk menaruh sosis, tapi snag memakai roti biasa yang berbentu persegi.

Gua tau kedengarannya gila dan hei, itu terlihat sangat gila juga, tetapi Anda harus mencobanya. Ini menghilangkan rasio hot dog biasa yang terlalu banyak roti dan terlalu sedikit sosis. Selain itu, kombinasi roti lunak, daging juicy, dan bawang renyah pasti akan membuat Anda mempertanyakan mengapa dunia belum cukup berhasil untuk mempopulerkan makanan Australia.

FYI: Snag sebenarnya istilah sosis di Australia sendiri.

Review Snag:

5.      Lamingtons

makanan khas australia lamington cake
by Taste

Kue bolu yang lezat ini menantang semua jenis hukum fisika karena cocok dengan rasa cokelat, kelapa, krim, dan selai, semuanya menjadi satu kotak berukuran satu gigitan. Mereka sempurna untuk acara apa pun, baik itu untuk camilan ulang tahun sebelum kue, teh sore atau bahkan sebagai camilan tengah malam yang licik untuk diikuti dengan satu atau dua episode Netflix Series.

Lamington sendiri adalah kue nasional Australia, dengan sejarah kue lamington dibuat sejak awal tahun 1900an. Kita bisa menemukan kue ini di tiap toko bakery atau supermarket di Australia. Menjadi rahasia umum, bagi yang pertama kali mencoba kue akan langsung jatuh cinta dari gigitan pertamanya.

Cara membuat makanan khas Australia, Lamingtons bisa tonton video ini:

6.      Meat Pie

meat pie
by kitchen.us

Kebahagiaan sebesar tangan ini adalah camilan ikonik di Australia dan Selandia Baru. Pai daging biasanya mengandung daging cincang, saus, kentang tumbuk dan kadang bawang dan jamur. Semuanya dinikmati dengan sedikit saus tomat dan permainan kaki. Tidak, saya tidak bercanda, pai daging adalah bagian besar dari budaya olahraga Australia karena sering dimakan saat menonton AFL atau Rugby.

Sangat berbeda dibanding dengan pie yang kita temui di Indonesia, apalagi beda banget sama pie susu Bali. Ukuranya juga pas, tidak sebesar kue pie atau sekecil cup cake, makanya bisa di makan sambil bepergian.

Jika kalian ke Australia, sangat mudah untuk mendapatkan Meat Pie ini, karena hampir semua toko, mau itu bakery, pub, atau supermarket menyediakan Meat Pie. Kalau gua yang penting toko makanan halal, baru berani beli Meat Pie.

Cara membuat makanan khas Australia, Meat Pie bisa tonton video ini:

7.      ANZAC Biscuits

anzac biscuit
by Taste

ANZAC adalah singkatan dari Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru (Australian and New Zealand Army Corps)  yang bertarung bersama selama Perang Dunia I. ANZAC Day adalah hari libur nasional di Australia untuk merayakan para lelaki yang berjuang untuk negara itu. Selama perang, para istri memanggang biskuit ANZAC yang lezat ini untuk dikirimkan kepada orang-orang mereka yang berperang. Itu murah untuk dibuat dan bisa tetap segar sepanjang perjalanan panjang dengan kapal. Mereka dibuat dengan kelapa, sirup emas, dan gandum … yum!

Jangan pernah menyebut Anzac Cookies ini karena itu akan membuat orang Australia lebih kesal dari yang Anda bayangkan!

Cara membuat makanan khas Australia, ANZAC Biscuit bisa tonton video ini:

8.      Pavlova

makanan khas australia pavlova
by ponce_photography

Baik Australia dan Selandia Baru mengklaim hidangan penutup yang terkenal ini, yang dibuat untuk menghormati kunjungan balerina Rusia Anna Pavlova ke Australasia pada tahun 1920-an. Seorang chef bernama Herbert Sachse membuat sebuah kue untuk menghormati kedatangan sang ballerina, dan dia membuat makanan penutup yang rasanya ringan (dan manis, tentu saja) seperti tarian ballet yang ringan.

Kue benar-benar manis, cocok di makan setelah makan malam di Australia, kulit meringue renyah, isian buah ringan, dan topping krim kocok memastikannya menjadi pilihan keluarga.

Cara membuat makanan khas Australia, Pavlova bisa tonton video ini:

Baca juga: 15+ Buah Penambah Darah yang Wajib Anda Ketahui!

Makanan Khas Australia: Hidangan Utama

Setelah makan-makan camilan yang enak (sesuai selera), tapi masih lapar karena porsinya yang kurang. Apalagi untuk orang Indonesia, yang gak makan nasi gak makan. Dan inilah beberapa makanan tradisional Australia yang bikin kenyang, alias makanan utama, yang harus sesegera mungkin dimakan sejak dihidangkan.

Yuk, yang lapar!

1.      Daging Kangguru

kangaroo fillet
by k-roo

Sementara pengunjung biasanya mengambil gambar kanguru yang memantul, kanguru juga merupakan daging yang biasa ditemukan di rak supermarket dan menu restoran. Kanguru adalah daging merah tanpa lemak, sehat dan Anda dapat menyiapkannya dalam banyak cara – steak, burger, sosis, dan banyak lagi.

Meskipun daging hewan ini telah menjadi sumber protein yang bagus untuk penduduk asli selama berabad-abad, konsumsinya dilarang di selatan negara itu hingga tahun 1980. Saat ini, di Australia ada sekitar 40 juta kanguru. Ini adalah hewan yang dilindungi, tetapi ada persentase daging dari hewan nasional Australia ini yang dijual sebagai hasil dari program pengendalian populasi.

Rasa daging kangguru mirip dengan daging buruan, sedikit lebih kering dari daging sapi tetapi masih sangat lembut. Sebagai makanan khas Australia, Anda dapat menemukan dan mencicipi fillet daging kangguru yang dipanggang di beberapa restoran di negara ini.

Karena hanya di jual di Australia, jangan tinggalkan kesempatan untuk memakan daging hewan ini!

Cara membuat makanan khas Australiadaging kangguru bisa tonton video ini:

2.      Chicken Parmigiana

Chicken parmigiana
by The Healthy foodie

Awalnya makanan ini berasal dari masakan Italia (parmigiana), namun di Australia menjadi Chicken Parmigiana. Bahan parmigiana yang asli menggunakan terong, dan untuk chicken parmigiana memakai ayam schnitzel (ayam yang ditaburi tepung roti), saus tomat, dan keju leleh. Kadang-kadang ditambah irisan tipis daging babi.

Ini adalah salah satu makanan paling umum yang Anda temukan di pub Australia, makanya chicken parmigiana juga disebut Pub Parma.

Cara membuat makanan khas AustraliaChicken Parmigiana bisa tonton video ini:

3.      The Lot

makanan khas australia burger with the lot
by Taste

The Lot adalah sebutan untuk burger khas Australia. Berbeda dengan burger-burger yang hanya menggunakan tomat, selada, bawang merah, dan daging, burger Australia ini menambahkan beetroot (akar bit), irisan buah nanas, dan telor yang dimasak setengah matang.

Menurut MTV, burger terbaik di Australia dapat ditemukan di Burger Me Fresh di Coolangatta.

Tidak disarankan untuk mereka yang selalu sensitive dengan berat badanya sendiri.

Cara membuat makanan khas Australia, Burger with The Lot bisa tonton video ini:

4.      Barramundi

makanan khas autralia barramundi
by Huahom

Barramundi diambil dari bahasa suku Aborigin yang artinya ikan sungai bersisik besar. Menu barramundi bisa kita temui hampir di seluruh restoran Australia, namun untuk mendapatkan ikan yang segar pergilah ke Quessland.

Ikan yang biasanya dimakan dengan olahan bakar atau panggang ini, memilliki daging yang tebal, gurih, dan manis. Karena itulah tidak perlu banyak memakai bumbu untuk barramundi. Paling enak hanya diberi garam, merica, dan perasaan jeruk lemon.

Jadi, lupakan sejenak fish ‘n chips dan beli barramundi.

Cara membuat makanan khas Australia, Barramundi bisa tonton video ini:

5.      Pumpkin Soup

makanan khas australia pumpkin soup
by Couleur

Australia bukan hanya tentang daging panggang dan makanan laut, ada juga beragam hidangan vegetarian di luar sana, termasuk semangkuk sup labu yang lezat. Paling baik disajikan pada bulan-bulan yang lebih dingin, dan yang paling mudah ditemukan ketika Anda menuju ke selatan, ada sesuatu yang sangat memuaskan tentang semangkuk sup labu yang dimakan selahi panas. Tambahkan apel Granny Smith, yang pertama kali ditanam di luar Sydney, untuk versi asli Australia.

Cara membuat makanan khas Australia, Pumpkin Soup bisa tonton video ini:

6.      Pie Floater

pie floater
by MW Eats

Tampilan ternyata memang bisa menipu. Walaupun terlihat seperti asal bikin, makanan ini sangat populer di Australia, yang biasanya dimakan untuk menyembuhkan hangover setelah mabuk atau banyak minum alcohol tadi malam.

Pie floater ini adalah sup kacang polong yang kental, pie daging yang ditaruh diatasnya, dan saus tomat. Pie dagingnya sebagian ada di dalam sup dan sebagian lainya bisa terlihat dipermukaan.

Cara membuat makanan khas Australia, Pie Floater bisa tonton video ini:

Penutup

Itulah deretan makanan khas dari negara Australia, yang udah bikin anda nelen ludah kan? Memang kebanyakan makanan khas negeri koala ini, hanya bisa kita jumpai di sana. Sekalipun ada di negara lain atau bahkan di Indonesia sekalipun, rasanya akan sangat berbeda. Sama seperti orang yang makan rendang tapi bukan di Indonesia, pasti rasanya beda. Ngerti, kan maksud gua?

Jadi, jika anda punya rezeki atau kesempatan pergi ke negara Australia, sebaiknya anda tidak melewatkan makanan khas mereka satupun.

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu