Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

Terciptanya Lomba Lari Marathon dan Serba-serbinya

pixabay.com

Apa kalian tau bagaimana terciptanya lomba lari marathon? Apa kalian tau kalau lomba yang ‘hanya lari’ ini termasuk olahraga ekstream?

Maka dari itu, gua akan membahas serba-serbi dari Marathon ini.

Asal Muasal Lari Marathon

Untuk asal muasal ini memang banyak versinya. Tapi, kita ambil yang paling popular, oke?

Begini ceritanya.

Persia ingin menjajah Yunani. Dengan rencana awal, menaruh pasukan di Marathon, lalu berlayar ke Athena untuk menyerang dari pantai.

Pasukan Yunani berlari dari Athena ke Marathon sejauh 42KM dan untungnya menang melawan Persia. Tapi ada kapal perang Persia yang sudah berlayar ke Athena. Diutus, lah Pheidippides untung memberi kabar kemenangan dan persiapan untuk perang.

Pheidippides berlari dari Marathon ke Athena seusai pertempuran untuk mengumumkan kemenangan pasukan Yunani dengan kata-kata Nenikekamen! (bahasa Yunani Attika: ?e?????aµe? (Kita menang!)), setelah itu dia tewas karena kelelahan, kemungkinan akibat serangan jantung.

Kalau mau ilustrasinya, silahkan tonton video ini:

Pertama Kali Lomba Lari Marathon

Pertama kali diselenggarakan dengan resmi pada tanggal 10 April 1896 di Stadion Panathenaic, Athena. Diikuti oleh 17 atlit lari dan dimenangkan oleh atlit lokal bernama Spiridon Louis.

Dan sejak saat itu, lomba Lari Marathon semakin terkenal di kancah dunia. Maka, pada tahun 1897 lomba Lari Marathon diadakan kembali di Boston, Amerika. Dan semenjak Olimpiade London pada tahun 1908, Inggris membuat Politeknik Marathon pada tahun 1909.

Yang menarik lomba Lari Marathon pada Olimpiade London, seorang atlet berkebangsaan Italia, Dorando Pietri pingsan ketika dekat dengan garis finis. Namun, akhirnya ia dibantu melewati garis oleh dua petugas keamanan Inggris. Simpati publik akan usaha dan kerja keras Pietri membuat dirinya dianugerahi medali khusus dari Ratu Inggris.

Menang Marathon plus dapat medali khusus dari Ratu Inggris. Hebat, ya?

Olahraga Ekstream

pixabay.com

Borobudur Marathon 2018 menjadi race yang tak terlupakan banyak orang yang mengikutinya. Selain memang event yang bagus dan rapih, ada kejadian yang ditimpa oleh Firman Aswani Anash (23 tahun).

Pasalnya, ini lomba marathon yang terakhir bagi Almarhum. Seperti Pietri, Pemuda asal Banyumas itu, lari sejauh 42KM (Full Marathon) dan pingsan 3-5 meter sebelum finish. Sempat digotong sampai finish dan akhirnya dibawa ke rumah sakit, hingga akhirnya tim dokter kesulitan mendiagnosa kondisinya, sebelum akhirnya Firman mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Yogyakarta.

Kemungkinanya Almarhum mengalami sakit jantung karena terlalu mem-push dirinya sendiri, walaupun Almarhum tidak ada riwayat penyakit tersebut.

Ini menandakan, lari sejauh 42KM atau Full Marathon adalah cabang olahraga yang serius. Butuh banyak persiapan khusus jauh-jauh hari sebelum berlari sejauh 42KM. Mental tak cukup menjadi modal untuk menyelesaikan lomba ini. Kita harus tau batas dan kemampuan diri. Memaksa tanpa punya kualitas diri yang cukup, fatal akibatnya.

Untuk belasungkawan kepada Almarhum, dan mengingatkan kita bahwa Marathon bukan olahraga yang main-main, caption Melanie Putri mewakili semuanya di sini.

Major Marathon

Major Marathon adalah series yang terdiri dari enam Marathon terbesar dan paling terkenal di Dunia. Dan semoga Indonesia bisa menjadi salah satu Major Marathon ini.

Berikut adalah daftar Major Marathon beserta record tercepat pelari pria dan wanita di masing-masing seri.

Major MarathonMenCountryTimeYear
Tokyo MarathonWilson KipsangKenya02:03:582017
Boston MarathonGeoffrey MutaiKenya02:03:022011
London MarathonEliud KipchogeKenya02:03:052016
Berlin MarathonEliud KipchogeKenya02:01:392018
Chicago MarathonDennis KimettoKenya02:03:452013
New York City MarathonGeoffrey MutaiKenya02:05:052011

 

Major MarathonWomenCountryTimeYear
Tokyo MarathonSarah ChepchirchirKenya02:19:472017
Boston MarathonBuzunesh DebaEthiopia02:19:592014
London MarathonPaula RadcliffeUnited Kingdom02:15:252003
Berlin MarathonNaoko TakahashiJapan02:19:462001
Chicago MarathonPaula RadcliffeUnited Kingdom02:17:182002
New York City MarathonMargaret OkayoKenya02:22:312003

Atlit Lari Indonesia

Kalau liat table di atas, dominasi orang dari benua Afrika masih belum terkalahkan. Walaupun begitu, kita tetep harus mengapresiasi seluruh atlit dari berbagai macam negara, tak terkecuali dari Indonesia.

Yup, kita juga punya atlit Marathon yang sudah mengikuti berbagai macam kejuaran di Asia. Tidak hanya Marathon, kategori atletik juga diikuti oleh mereka.

Agus Prayoga

Kelahiran Bogor, 23 Agustus 1985, sudah memulai menyiapi diri menjadi atlit nasional kala itu berumur 10 tahun dan langsung menjadi juara satu lomba lari di Porseni.

Sudah mengikuti kejuaran Internasional sejak 2001 di Asean School Thailand dan menyabet medali emas pada kategori 1500m dan 5000m.

Prestasi tertinggi pada SEA Games Singapore 2015 medali emas pada kategori 10000m. Dan prestasi Marathonya bisa lihat di sini.

Prestasi pria yang sekarang endorse Nike dan Garmin, memiliki record FM 2:21:09

Triyaningsih

Seorang adik dari atlit lari, Ruwiyati, memulai karir Internasionalnya di SEA Games Vietnam 2003 untuk kategori 5000m dan finis di urutan keempat sekaligus memecahkan rekor nasional dengan waktu 16 menit 21 detik.

Hebatnya lagi, saat SEA Games Indonesia 2011, sang ‘Ratu Jalan Raya’ menjadi pelari yang berlari paling jauh dalam cabang atletik. Ia ikut tiga nomor lari; 5000m, 10000m, dan Marathon (total 57,195KM). Dan mendapatkan medali emas. Semua.

Sempat juga mewakili Indonesia di ajang Olimpiade London 2012 di nomor Marathon dan masuk finish di urutan 84.

What a Woman!

Darmiyanto

Menyabet 9 piala dan 171 medali dari berbagai kejuaraan yang diikuti. Karirnya dimulai pada tahun 1968. Aktif pada nomor lari jarak pendek, menengah 5000m, 10000m, dan Marathon.

Berapa, tuh umurnya?

Yak, dia adalah sang Legenda Indonesia. DARMIYANTO.

Prestasi terakhirnya adalah pada kompetisi lari internasional di Chile, atau disebut dengan Sudamericano Master de Atletismo 2017. Lomba atletik untuk para Master atau veteran.

Kakek Darmiyanto meraih medali perunggu dalam lari 10000m.

Wow. Proud of Kakek Darmiyanto

Sebenarnya masih banyak atlet lari Indonesia, seperti Surya Agung Wibowo dan Lalu Muhammad Zohri, tapi mungkin kita bahas di lain kesempatan.

Trail Run dan Ultra Run

Trail running atau biasa disebut mountain running (lari gunung) ini memiliki rintangan khas. Biasanya, pelari akan dihadapkan pada lintasan semcam perbukitan atau pun gunung.

Sebenarnya tidak jauh beda Trail Run dengan Ultra Run atau Ultra Marathon. Kalau Trail Run memilik kategori, yang biasanya 10K, 17, 21K, dan 42K. Sedangkan Ultra Run, biasanya 25k, 50k, hingga 100K.

Menurut gua lebih seru Trail Run disbanding Road Run. Dengan medan yang lebih menantang dan banyaknya pemandangan untuk dinikmati atau bisa dijadikan spot photo. Ya, itu bagi yang tidak mengejar podium, sih.

Di Indonesia sudah banyak event Trail Run dan Ultra Marathon. Seperti:

  • Sibayak Altitude Run
  • Ijen Trail Run
  • Rinjani Ultra 100
  • Iron Man 70.3 Bintan
  • Tahura Trail Run
  • OBEX

And anymore. Untuk lebih lengkap bisa klik ini.

Gear Lari

Gear Patrol

Walaupun lari menjadi olahraga yang sederhana, tapi tidak ada salahnya, kan untuk mempersiapkan sesuatunya.

Olahraga lari bisa dibilang olahraga yang mahal, atau murah. Tergantung pelari itu sendiri. Makanya, banyak perusahaan olahraga, yang membuat produk yang mahal dengan kualitas yang tinggi, dan yang murah dengan kualitas yang sesuai pastinya.

Sepatu Lari

pixabay.com

Jenis sepatu lari banyak jenisnya. Ada yang sesuai medan larinya maupun sesuai bentuk kaki. Ada yang sesuai jenis larinya; lari cepat atau jarak pendek, dan lari jarak jauh dengan bantalan yang empuk.

FYI, jika mau membeli sepatu lari, belilah sepatu yang ukuranya lebih besar setengah dari ukuran kaki kita. Berguna untuk mencegah lecet pada kaki dan memberi ruang pada kaki yang tegang dan mengembang. Saat mencoba, pastikan ada ruang selebar satu jari atau satu jempol di antara ujung kaki dengan ujung sepatu Anda.

Pada akhirnya, kenyamanan yang utama.

Pakaian Lari

Ini sebenarnya bebas banget, sih. Ada yang suka lengan pendek, ketekan, atau lengan panjang. Celanapun juga begitu. Mungkin kalau udara sedang dingin lebih nyaman pakai celana training panjang.

Tapi gua mau ngasih tips dalam memilih pakaian.

Kaos khusus yang bagus umumnya berbahan lycra dan spandex demi memberikan kenyamanan pada saat memakainya.

Untuk celana secara standar kenyamanan, kualitas bahan pada celana lari tidak hanya sekadar enak dipakai, namun, harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak terjadi iritasi kulit karena temperatur tubuh yang naik. Bahan polymer, lycra, atau polyster direkomendasikan.

Gear Tambahan

Yang paling utama dalam olahraga lari, ya pakaian lari dan sepatu lari (include kaos kaki) tentunya. Tapi, untuk menunjang kebutuhan dalam berlari mungkin bisa membeli gear-gear tambahan seperti:

Jam Tangan

unsplash.com

Jam tangan lari memang mahal. Kalau mau yang murah, paling ada smartband tapi hasil lari, hanya bisa dilihat di gadget. Tapi, gak ada salahnya untuk membeli jam tangan lari, untuk track record kita dan membantu dalam peningkatan dalam performa berlari.

Untuk membeli gear ini, Garmin dan Amazfit menjadi rekomendasi dari saya. Untuk serinya, sesuai selera.

Ada solusi lain jika belum mau membeli jam tangan lari. Anda bisa membeli tas pinggang untung menyimpan hp dan menyalakan aplikasi lari, seperti: Nike Run, Endomondo, atau Strava.

Running Vest

Ini seperti rompi yang memiliki kapasitas untuk menyimpan minuman ataupun kaos kaki cadangan. Banyak jenisnya juga. Bisa dilihat di marketplace langganan anda. Biasa dipakai untuk trail run.

Udah

Mungkin nanti gua akan membahas lebih jauh untuk komunitas lari di Indonesia ataupun dunia. Tapi, kalau kamu gemar berlari dan ikut komunitas lari, bisa ditulis apa nama komunitas kamu di kolom komentar.

Keep Sarungan!

Leave a Comment