Membuat Kitchen Set Minimalis yang Anda Idamkan Ada di Sini!

4 min read

Bagaimana cara membuat design kitchen set minimalis? Dapur menjadi salah satu ruang yang sangat penting di rumah, karena hampir semua kegiatan membuat makanan berasal dari dapur. Apalagi bahan makanan selalu ada di dapur. Kalau lapar, ke dapur. Namun bagaimana cara membuat design kitchen set minimalis?

Tenang saja, kita akan membantu kalian untuk memberi tips untuk membuat nyaman dapur rumahmu, atau menginginkan dapur yang minimalis. Tidak perlu, mari kita mulai!

Baca Juga:

Makanan Khas Filipina yang Populer (Tidak Dianjurkan untuk Muslim)!

Makanan Khas Karawang yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh (Murah)!

1. Apa Fungsi Kitchen Set Minimalis-mu?

kitchen set minimalis
notepam.com

Sebelum menaruh segala perabotan memasak, kalian harus tau dulu, sebesar apa medan memasak kalian? Berapa ukuran lebarnya? Kita bisa bayangkan apa yang bisa kita lakukan di ukuran dapur yang kita miliki ini. Lalu kita harus tau, apakah nantinya akan banyak orang yang memakai dapur atau bersama anggota keluarga kita yang lainya? Mana yang lebih sering dilakukan, memasak untuk diri sendiri dan keluarga atau secara ramai dengan teman-teman? Atau dapur kita juga sebagai tempat untuk membuat makanan catering yang banyak?

Lalu, kita harus tau juga, kita lebih suka memasak makanan yang mudah dimasak atau menginginkan berbagai masakan dalam satu hari yang sama? Atau malah kita jarang menggunakan dapur?

Nah, ini kalian perhatikan baik-baik.

2. Apa Perlu ada Pipa di Kitchen Set Minimalis?

Image by fran1

Saat kita tinggal di rumah yang sudah jadi, sebaiknya kita menaruh kitchen set yang minimalis di tempat yang dekat dengan saluran pipa, jika tidak kita perlu pipa tambahan untuk saluran air dan pembuangan. Maka yang paling baik jika kita berdekatan dengan pipa-pipa yang penting ini, agar mudah mencuci dan sebagainya.

Walaupun kurang populer dan jarang kita temui, pipa asap atau letak penyedot asap ini bisa sangat berguna untuk memasak, agar aroma masakan yang ada didapur tidak pergi menyebar ke ruangan lainya. Apalagi kitchen set minimalis ada di dalam ruangan.

3. Letak Pencahayaan

kitchen set minimalis
Image by Ted Sardena

Minimalis itu memanfaat segala yang ada sebaik mungkin dan meninggalkan sesuatu yang tidak memberi manfaat yang perlu. Nah, pencahayaan sangat penting dalam menentukan ruangan. Makanya, hampir semua ruangan ada jendela untuk pencahayaan, begitupun dapur sepertinya perlu diberi pencahayaan. Entah dekat dengan jendela ataupun pintu kaca.

Dekat dengan jendela atau pintu kaca akan menambah ke-kerenan dapur minimalis, apalagi tambahan aksesoris tanaman dan nyambung dengan tema dapur minimalis kalian.

Dan saat hari mulai gelap, kita juga bisa menentukan di mana letak lampu utama dan di mana tempat lampu spot tambahan.

Saya jamin, akan menambah nilai kitchen set minimalis anda.

4. Di Mana Tempat Penyimpanan untuk Kitchen Set Minimalis?

kitchen set minimalis
Image by Peter H

Sudah dikatakan tadi, barang yang memang tidak memberikan manfaat lebih, tidak akan diterima dalam teori minimalis, apalagi kitchen set minimalis.

Dapur kita harus memiliki tempat penyimpanan dalam, karena setelah memalukan aktivitas memasak atau makan, cenderung berantakan. Kita juga bisa membuat tempat penyimpanan kita vertikal ataupun horizontal. Kita juga harus menentukan tata letak lemari, apakah ada barang yang mudah diakses untuk anak, atau bahaya jika dekat dengan anak-anak.

Piring, gelas, mug atau cankir, pisau, sendok dan garpu sebaiknya tidak perlu dikeluarkan semuanya. Hanya keluarkan yang biasanya keluarga kita pakai atau jumlah dengan penghuni rumah yang ada. Selebihnya bisa dimasukan ke tempatnya masing-masing.

5. Tema dan Warna Kitchen Set Minimalis

kitchen set minimalis
https://hustopia.com/small-kitchen-ideas/

Warna yang paling cocok untuk dasar desain dapur minimalis kita adalah warna netral, seperti putih. Dapur yang diberi warna putih bisa terlihat lebih terang, bersih, dan luas secara visual. Walaupun memakai warna selain putih juga bisa, dan belum tentu jelek.

Jika memang ingin memakai warna putih, sebaiknya furniture dan peralatan lainya berwarna gelap, agar bisa tercipta keseimbangan dalam warna kitchen set minimalis-nya.

6. Tentukan Budget dan Hubungi Profesional Design Interior Bila Perlu

Jika kalian memiliki budget yang banyak dan memang suka barang kualitas tinggi dengan harga yang tidak murah, kalian bisa datang ke IKEA atau toko interior lainya dan memilih yang cocok untuk dapur kalian, dengan catatan barang yang kalian beli memang perlu di kitchen set minimalis. Hindari barang yang nantinya hanya akan mempersempit dapur kalian.

Jika budget anda terbatas, kalian tetap bisa barang di IKEA atau toko lainya, tapi dengan pemikiran yang matang dan memang hanya bisa menemukan barang itu di IKEA saja.

Dari situs avantela.com jika kalian kurang pandai dalam mengatur dapur, kalian bisa menyewa jasa profesional design interior. Atau hubungi teman atau kerabat yang melek dalam hal menata tata letak ruangan.

Ingat, jangan sampai dapur kalian mewah tapi tidak ada yang bisa dimasak.

Tips untuk Desain Dapur yang Kecil

Untuk anda yang memiliki tempat memasak yang kecil, kami ada beberapa saran atau tips yang bisa kalian coba, agar dapur kalian bisa menjadi tempat yang nyaman di rumah, dan memasak jadi lebih enjoy.

1. Prioritas Peralatan yang Diperlukan

kitchen set minimalis
Image by Csaba Nagy

Dalam memasak, ada beberapa peralatan yang sering kita gunakan. Jika kita sering memasak makanan rumahan seperti aneka gorengan dan sayur, sepertinya kita tidak perlu mengeluarkan alat panggangan atau oven.

Namun, jika kita suka membuat steak, tidak ada salahnya meletakan panggangan atau oven di tempat yang permanen.

Punya peralatan memotong atau memasak yang banyak, tapi yang digunakan itu-itu saja, maka perlu kita buat alat prioritas letakan di tempat yang mudah kita jumpai. Namun, jika memang jarang kita gunakan, sebaiknya simpan saja daripada memenuhi tempat.

2. Penataan yang Tepat

kitchen set minimalis
Image by Jill Wellington

Kalian harus tahu, bentuk dapur kalian seperti apa. Namun, yang biasa digunakan adalah dekorasi berbentuk L. Kelebihanya diantaranya adalah:

-Untuk desain dapur kecil, di bagian kanan dapur, terdapat sink serta tempat cuci piring atau clean-up station.
-Bagian kiri, kompor, microwave ataupun oven yang menjadi zona memasakmu.
-Area meja konter atau kitchen island yang lengkap dengan tempat makan dan minum bisa menjadi indah dipandang.

3. Pakai Rak Terbuka

kitchen set minimalis
Image by Jill Wellington

Untuk mempermudah pengambilan barang, rak terbuka menjadi pilihan yang cocok. Rak terbuka dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus menambah cantik dapurmu, dengan catatan kamu bisa menata peralatan dapur dengan baik.

4. Perabotan yang Mengkilap

dapur
Image by Addi Gibson

Kaca, furnitur yang mengkilat, atau alat elektronik yang stainless steel bisa digunakan di dapur kecilmu, agar dapurmu lebih terlihat rapih dan luas.

5. Beri Penghijauan untuk Dapurmu

desain dapur
Image by Michael Gaida

Ada tips yang sangat baik, apalagi jika dapurmu mendapatkan pencahayaan dari jendela atau lainya. Iya, aksesoris pohon atau tanaman kecil akan membuat udara dan dapurmu lebih segar. Usahakan jangan memakai tanaman palsu, ya.

Penutup

Semoga kalian bisa mengekspresikan dapur semenarik dan seminimalis mungkin.

Ingat, jika dapur saja tidak kalian perhatikan, bagaimana kalian bisa membuat masakan yang baik untuk diri dan orang yang anda sayangi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *