Gambar Kupu-kupu dan Pola Gambar Kupu-kupu Terlengkap!

4 min read

Siapa yang suka melihat kupu-kupu sekadar lewat gambar atau melihatnya secara langsung di taman belakang sekolah? Kupu-kupu adalah salah satu lambang keindahan yang bisa dibilang, melalui proses yang panjang tidak mudah. Untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik, harus mengalami menjadi ulat yang dijijikan banyak orang, proses kepompong yang tidak sebentar, hingga menjadi kupu-kupu yang punya warna indah.

Untuk kamu yang mencari kumpulan gambar kupu-kupu, Anda berada di tempat yang tepat. Sekarang kita akan melihat gambar-gambar kupu-kupu, mulai dari sketsanya yang berwarna hitam-putih, gambar kupu-kupu untuk kolase, pola gambar kupu-kupu, dan berbagai macam gambar kupu-kupu yang bisa kalian warnai. Yang pastinya ini pilihan gambar yang terbaik!

Yuk, kita mulai saja, sesi gambar kupu-kupu terbaik!

Baca Juga: (Bonus) Kumpulan Gambar Kuda dan Cara Menggambar Kuda yang Gampang!

Baca Juga: Kumpulan Gambar Kelinci Pilihan Terbaik dari yang Paling Lucu!

Baca Juga: Download Kumpulan Gambar Naruto Terlengkap, Terkeren dan Terbaru

Baca Juga: Bukan Pecinta Panda Kalau Gak Tau Cara Menggambar Panda!

Gambar Kupu-kupu Asli yang Indah

Kupu-kupu itu hewan atau serangga yang indah, makanya banyak orang yang tidak berperi-ke-kupu-kupu-an menangkapnya dan mengawetkanya hanya untuk dipajang. Padahal kupu-kupu sudah susah payah agar bisa menjadi sosok yang indah itu.

Kalau kamu lebih suka menikmati kupu-kupu yang beterbangan di antara bunga-bunga atau yang ditaruh di sebuah bingkai kaca, terdiam kaku? Sama-sama indah memang, tapi beda rasa.

gambar kupu kupu
Ronny Overhate

Gambar Kupu-kupu dari Samping

Fase pertama kupu-kupu adalah fase yang berwujud telur, lalu dari telur tersebut menetaslah ulat yang bisa dibilang menjijikan. Ulat ini tugasnya hanya makan sebanyak-banyaknya, sampai akhirnya masuk fase kepompong atau bahasa ilmiahnya krisalid. Kenapa harus makan banyak? Karena pada masa kepompong inilah, ulat yang tadi berpuasa selama beberapa minggu alias tidak makan.

Hingga akhirnya, kepompong akhirnya menetas dan kupu-kupu belajar terbang. Saat sudah bisa terbang, kupu-kupu akan mencari makan kemudian mencari pasangan dan akan terulang lagi proses tadi, yang biasa disebut siklus metamorfosis sempurna.

gambar kupu kupu
Gambar oleh Nicole Köhler
gambar kupu kupu
Gambar oleh Larisa Koshkina
gambar kupu kupu
Gambar oleh DreamyArt
gambar kupu kupu
Gambar oleh PublicDomainPictures
gambar kupu kupu
Gambar oleh cocoparisienne
gambar kupu kupu
Gambar oleh GLady

Banyak yang mengira kupu-kupu dan ngengat sama, padahal beda. Memang, rupanya sekilas mirip, punya sayap dan antena, belum lagi satu ordo tapi sayangnya kupu-kupu dan ngengat beda family. Kalau kupu-kupu dalam bahasa Inggris adalah butterfly sedangkan ngengat adalah moth.

Gambar oleh Santa3
Gambar oleh Bogdan Ch
Gambar oleh stanbalik
Gambar oleh PublicDomainPictures
Gambar oleh Abdul Momin

Perbedaan paling mendasar dari kupu-kupu dan ngengat adalah sayap kupu-kupu lebih cerah dibanding ngengat dan tubuh kupu-kupu lebih panjang dan ramping dibanding ngengat. Lalu, kupu-kupu suka keluar di hari yang cerah sedangkan ngengat keluar pada malam hari.

Saat menjadi ulat-pun, jika kita memegang ulat yang bulunya lebih halus dan lebih bikin gatal, itu adalah ngengat. Jika ulat kupu-kupu, ulatnya memiliki bulu seperti jarum kecil, tapi gatalnya lebih mending dibanding ngengat.

Gambar Kupu-kupu dari Atas

Setidaknya ada 20.000 jenis dari kupu-kupu yang ada di seluruh Dunia, lho. Di Indonesia sendiri terdapat 2500 jenis, kalah sedikit dibanding Brazil yang memiliki 3000 jenis kupu-kupu. Jadi, kalian tidak perlu ke Luar Negeri hanya untuk melihat kupu-kupu, toh di Indonesia saja sudah banyak, kan?

Tapi, masih ada, kah orang yang mau lihat kupu-kupu siang hari di Indonesia ini?

gambar kupu kupu
Gambar oleh Garoch
gambar kupu kupu
Gambar oleh Jondolar Schnurr
gambar kupu kupu
Gambar oleh smarko
gambar kupu kupu
Gambar oleh Jill Wellington
gambar kupu kupu
Gambar oleh Couleur
gambar kupu kupu
Gambar oleh Jill Wellington
gambar kupu kupu
Gambar oleh annca

Kupu-kupu terkenal akan keindahan sayap-sayapnya yang bak malaikat. Bahkan banyak ilustrasi yang memakai sayap kupu-kupu dibanding sayap burung merpati. Tapi yang perlu kita tau, ternyata sayap kupu-kupu sendiri itu transparan!

Sayap kupu-kupu terdiri dari chittin, kumpulan lapisan tipis dan kerangka sayap kupu-kupu. Nah, permukaan yang transparan ini tertutupi oleh ribuan sisik kecil, dan dari sisik-sisik kecil itu membentuk pola warna pada sayap kupu-kupu, apalagi jika terkena pantulan matahari.

Ulrike Leone
Michel van der Vegt
cocoparisienne
Pezibear
Ray Miller

Indera perasa manusia adalah kulit, sedangkan kupu-kupu adalah kakinya. Dengan kakinya, kupu-kupu mencari makan, bunga, atau pohon inang sebagai tempat meletakan telurnya. Kaki kupu-kupu juga akan menggesek atau menggoyang daun dan batang tanaman seperti bunga agar sarinya turun. Nantinya organ chemoreceptor yang berada di kaki belakang, mendeteksi apakah pohon ini bisa dijadikan tempat telur atau tidak.

Ilustrasi Gambar Kupu-kupu

Sketsa kupu-kupu ini sangat dibutuhkan para seniman ataupun orang yang mau menggambar kupu-kupu. Kita akan melihat banyak sketsa kupu-kupu yang berwarna hitam putih ataupun berwarna, untuk inspirasi Anda menggambar kupu-kupu.

Ada juga pola gambar kupu-kupu yang bisa kalian gunakan, sesuai kebutuhan Anda saja!

Sketsa Gambar Kupu-kupu Hitam Putih untuk Mewarnai

Kemampuan kupu-kupu dalam memakan atau meminum hanya melalui mulutnya yang berbentu sedotan yang memanjang yang biasa disebut proboscis (belalai). Dan dengan itu mereka hanya bisa memakan cairan yang ada di bunga dan tidak bisa seperti saat fase ulat, yaitu mengunyah sesuatu yang padat seperti daun.

Sketsa gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors
Sketsa gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors
Sketsa gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors
Sketsa gambar kupu kupu
Clker-Free-Vector-Images
Sketsa gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors

Sama seperti manusia yang suka mager jika berada di hawa yang dingin, kupu-kupu juga mirip seperti itu. Jika suhu kurang dari 12º C, kupu-kupu tidak akan bisa terbang, karena kupu-kupu termasuk jenis hewan yang darahnya muda membeku. Apalagi kupu-kupu tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Dingin adalah musuh terbesar kupu-kupu, karena kupu-kupu tidak akan bisa mencari makan atau menghindari predatornya.

Gordon Johnson
Marleen Kuiper
OpenClipart-Vectors
OpenClipart-Vectors
OpenClipart-Vectors
Gordon Johnson
OpenClipart-Vectors

Sayangnya siklus hidup saat menjadi kupu-kupu ini tidaklah lama. Hanya 2-4 minggu saja. Maka dari itu, saat kupu-kupu keluar dari kepompongnya, mereka akan langsung mencari makanan dan mencari pasangan untuk kemudian bertelur lagi, setelah tugasnya sudah terlaksana semua, kupu-kupu akan mati.

Pola Gambar Kupu-kupu Berwarna

Walaupun sudah ditemukan kupu-kupu terbesar di dunia, yaitu sang Queen Alexandra’s Birdwing atau Ornithoptera alexandrae, yang lebar bentangan sayapnya mencapai 25cm, pasti di luar sana masih ada kupu-kupu yang lebih besar, lebih indah, atau malah lebih menakutkan. Tapi, karena keterbatasan kita, kita masih belum menemukan kupu-kupu yang lebih besar dibanding sang Ratu.

pola gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors
pola gambar kupu kupu
OpenClipart-Vectors
pola gambar kupu kupu
Oberholster Venita
pola gambar kupu kupu
JL G
pola gambar kupu kupu
Prawny

Ada salah satu kupu-kupu yang sangat langka, dan diperingati keras untuk tidak diburu, yaitu Ornithoptera chimaera yang dikenal sebagai Kupu-kupu Sayap Burung Peri yang ada di Papua dan Trogonoptera brookiana atau Kupu-kupu Trogon yang ada di Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya.

margot3001
Annalise Batista
OpenClipart-Vectors
Clker-Free-Vector-Images
Prawny
OpenClipart-Vectors

Cara Gambar Kupu-kupu

Penutup

Itulah kumpulan gambar kupu-kupu, pola kupu-kupu yang bisa kalian gunakan untuk mewarnai. Ada juga cara menggambar kupu-kupu yang bisa kalian tonton di atas ini. Semoga kalian suka dengan gambar-gambar pilihan kami, silahkan download secara gratis juga. Sampai jumpa di sesi gambar yang lainya.

Keep Sarungan!

2 Replies to “Gambar Kupu-kupu dan Pola Gambar Kupu-kupu Terlengkap!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *