Sambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan Gambar Ketupat!

6 min read

gambar ketupat

Ketupat identik dengan bulan Ramadhan atau hari raya Idul Fitri. Gambar-gambarnya maupun yang asli ada di setiap sudut. Mulai dari rumah yang menyediakan makanan dengan santan yang banyak, amplop gambar ketupat yang dibagikan ke anak-anak, sampai jadi hiasan dinding di rumah pasti ada ketupatnya.

Ketupat begitu ikonik untuk dilewatkan begitu saja. Dengan bentuk yang unik dan beragam jenis, ketupat memiliki nilai sendiri saat bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Tidak heran, daun kelapa yang masih muda sangatlah laku di pasar atau di jalan yang sering kita lalui, karena para pedagang tau kalau daun kelapa muda akan banyak yang dibeli untuk buat ketupat sendiri. Sebagian lain yang memiliki keahlian membuat ketupat, menjual ketupat yang sudah jadi dan siap diisi beras biasa atau beras ketan.

Apalagi di Indonesia dan Malaysia, pasti di setiap rumah ada yang membuat ketupat, entah untuk dijual kembali atau untuk disajikan oleh keluarganya. Dan sekarang, saya akan memberikan gambar-gambar ketupat yang bisa anda pakai untuk kebutuhan adna. Bisa dijadikan desain kaos, background poster, atau sekadar wallpaper dekstop.

Anda bisa download semua gambar di bawah ini, dengan gratis! Yuk, kita mulai kumpulan gambar-gambar ketupat!

Baca Juga:
Singa Tidak Selamanya Seram! Yuk, Lihat Gambar Singa Lucu!
(Bonus) Kumpulan Gambar Kuda dan Cara Menggambar Kuda yang Gampang!
Suka Dengan Gajah? Lihat Kumpulan Gambar Gajah Terlucu
Untuk Kamu yang Butuh Cinta, Ini Gambar Love Terbaik

Gambar Ketupat Animasi

Sekarang kita akan melihat gambar-gambar animasi dari ketupat ini. Kebanyakan gambar yang akan saya berikan adalah berupa background yang bisa kalian manfaatkan untuk poster, background konten untuk sosial media, atau wallpaper pribadi yang bisa anda gunakan.

Semoga kalian suka dengan gambar-gambar ketupat ini, ya!

gambar ketupat animasi gambar ketupat animasi

Ada yang unik dari ketupat ini, khususnya di Jawa dan Sunda. Di kedua suku ini, ketupat juga biasanya disebut kupat, lho. Seperti kupat tahu, kupat sayur, dan sebagainya. Dan kalian tau, apa arti dari kupat tersebut? Bukan karena namanya saja yang mirip, tapi kupat singkatan dari ‘ngaku lepat’ yang punya arti mengakui kesalahan. Dan yang kita tau, setiap Idul Fitri umumnya orang muslim memohon maaf kepada kenalanya, keluarganya, dan orang yang mungkin baru ditemui di jalan.

Apakah ini sebuah konspirasi dari pedagang ketupat dan kupat?

Makanya ketupat atau kupat sangat cocok menemani hari raya Idul Fitri di rumah-rumah, khususnya rumah muslim. Tapi, belum tentu juga ya, sehabis makan ketupat lalu kita langsung mengaku kesalahan kita. Masih banyak orang yang enggan meminta maaf, kok. Dan jangan ditiru ya!

gambar ketupat animasi gambar ketupat animasi gambar ketupat animasi

Selain enak dimakan, bentuk yang unik, ada yang pernah kepikiran kenapa ketupat dibalut dengan janur kuning dengan empat sisi? Ternyata ada makna yang tersirat, lho dari hal tersebut. Ada yang tau apa? Empat sisi dari ketupat ini artinya laku papat atau 4 perilaku yang harus dimaafkan. Ada yang bisa sebutkan, apa saja perilaku yang harus dimaafkan itu? Tulis di kolom komen ya!

Lalu, kenapa janur kuning atau daun kelapa muda yang dipakai? Kenapa gak memakai daun-daun dari pohon lain? Selain bentuknya yang mudah digunakan, janur kuning atau daun kelapa muda dan beras adalah sumber daya alam yang sejak dulu sudah dimanfaatkan untuk dimakan. Jadi, kita bisa dibilang pewaris budaya tersebut, yaitu memakai daun kelapa muda dan memakan nasi.

Gambar Ketupat Kartun

Apa bedanya gambar ketupat yang animasi di atas tadi dengan gambar ketupat kartun yang nantinya akan kita lihat? Ya, tidak ada. Saya hanya menambahkan heading lagi aja biar lebih banyak heading-headingnya, yang jelas gambarnya tentu berbeda dengan yang di atas kok. Hehehe.

Yuk, kita kan melihat beberapa gambar ketupat yang unik lainya, yang bisa kita gunakan, sesuai kebutuhan kita. Entah jadi inspirasi desain kaos, tas, atau background semata saja.

gambar ketupat kartun

gambar ketupat kartun gambar ketupat kartun gambar ketupat kartun gambar ketupat kartun

Menurut sejarah, latar belakang dari ketupat ini diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada masyarakat Jawa. Budaya yang dibawa Sunan Kalijaga ini ada tradisi bakda, yaitu Bakda Lebaran yang berarti dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri dan Bakda Kupat yang dilakukan seminggu setelah lebaran.

Seminggu setelah lebaran ini, yaitu Bakda Kupat, masyarakat Jawa membuat ketupat dari daun kelapa muda di setiap rumah yang ada. Setelah selesai dibuat dan dimasak, ketupat tersebut kemudian diantarkan ke kerabat yang lebih tua dan menjadi lambang kebersamaan umat muslim.

Beda daerah beda bahasa. Begitu juga dengan penyebutan ketupat itu sendiri. Suku Jawa dan Sunda tadi sudah dikasih tau, mereka menyebutnya Kupat. Kalau di Bali, mereka menyebutnya dengan Tipat. Beda lagi dengan suku Minangkabau yang ada di pulau Sumatera, mereka menyebutnya Katupek. Madura memanggilnya dengan Ketopak. Kalau Gorontalo dipanggil Atupato, dan berbagai macam nama ketupat lainya di berbagai daerah lainya.

gambar ketupat kartun

gambar ketupat kartun

Pada akhirnya, ketupat tidak hanya tradisi umat muslim saja. Walaupun yang pertama kali memperkenalkanya dari kalangan umat muslim, ketupat bisa dirasakan seluruh insan yang ada di Nusantara. Bahkan bisa dibilang, ketupat adalah tradisi Nusantara, milik Indonesia.

Karena di Bali-pun, ketupat yang biasa dipakai saat hari raya Idul Fitri, hari raya umat muslim, juga dipakai saat hari raya Hindu Bali Kuningan. Masayarakat Ternate juga memakai ketupat pada Upacara Saro yaitu doa dan berkah dengan bentuk yang beragam, dari kerbau, burung, hingga nanas. Semua tradisi itu punya maknanya tersendiri.

Apakah ini berarti penistaan agama? Tentu tidak. Ketupat hanyalah sebuah makanan yang sengaja dibuat khusus. Ketupat juga menjadi simbol kebersamaan. Bukan ibadah atau ajaran umat muslim. Nabi-pun belum pernah ada yang membuat ketupat atau hadist yang menyebutkan untuk membuat ketupat. Jadi, tidak masalah ketupat dipakai siapa saja, kalangan mana saja.

Inspirasi Desain Ketupat untuk Komersial

Beberapa orang juga menjadikan gambar ketupat untuk desain barang yang ingin mereka jual. Biasanya ini brand-brand produk yang memanfaatkan momen Ramadhan dan Idul Fitri untuk berjualan dengan desain ketupat. Dan mereka biasanya jual dengan stock terbatas dan hanya ada pada momen Ramadan dan Idul Fitri saja.

Jadi, gambar ketupat ini bisa dipakai untuk barang apa saja, sih? Yuk coba kita lihat!

Kaso Gambar Ketupat

Ketupat tidak hanya bisa dijual oleh para pedagang pasar yang menjual daun kelapa muda atau ketupat jadi saja. Bahkan para penjual kaos bisa juga menjual ketupat, bedanya ketupatnya tidak bisa dimakan. Para penjual kaos dapat membuat kaos yang desainya gambar ketupat, cocok dijual dengan limited dan hanya dijual saat lebaran atau bulan Ramadhan saja.

Berikut adalah contoh desain gambar ketupat dari ciptaloka

kaos gambar ketupat 2 kaos gambar ketupat 3 Kaos gambar ketupat

Bagaimana sudah ada gambaran untuk desain kaos edisi spesial ketupat? Yuk, mulai buat desain ketupatnya! Sebentar lagi masuk bulan Ramadhan cuy. Bisa juga beli kaos gambar sorban di kaossorban.id

Bantal Gambar Ketupat

Salah satu benda yang bisa kita berikan desain ketupat lagi adalah bantal. Bantal sangat diperlukan di rumah maupun di kantor. Bantal biasanay ditaruh di kamar ataupun sofa di ruang tamu. Dengan bantal yang bergambar ketupat ini, bisa menambah kesan Ramadhan saat di rumah keluarga kita. Apalagi motifnya yang bikin kita laper terus jika melihatnya.

Seperti apa desainya, sih? Yuk, lihat!

bantal gambar ketupat

Bagaimana? Sudah kepikiran mau beli berapa bantal saat bulan puasa nanti? Yuk, itung-itung dulu penguaranmu!

Pouch Gambar Ketupat

Selain dompet, ada sebagian yang menaruh segala isi dompet seperti:

  1. Uang
  2. Nota Belanja
  3. Kartu
  4. Recehan

Ditaruh di pouch. Pouch ini semacam kantong kecil yang biasanya berbahan canvas. Sudah banyak yang memakai pouch ini, entah sebagai apa. Saya pribadi menaruh uang 100 ribu-an yang tidak ingin saya pakai. Biasanya saya taruh di sana dan tidak bawa ke-mana-mana. Biar gak kepake aja. Kalau taruh di dompet, rawan dipakai.

Nah, ada sebagian penjual pouch dengan edisi Ramadhan dan dengan desain ketupat di pouch-nya. Seperti apa, sih pouch yang desainya ketupat itu?

pouch gambar ketupat 2 pouch gambar ketupat 2

Jadi, sudah ada niatan untuk pindahkan uang-uang dan nota belanja-mu ke pouch? Apalagi lucu dengan nuansa saling memaafkan. Juga, bisa lho menjadi pengganti amplop. Apalagi ini bisa dipakai terus menerus. Sangat ramah lingkungan!

Tas Spunbond Gambar Ketupat

Ada lagi tas belanja yang bergambar ketupat. Ini sering kita lihat di supermarket-supermarket dekat rumah kita. Biasanya hanya jual saat bulan Ramadhan dan beberapa minggu setelah lebaran. Ini akan menarik para pembeli karena edisi yang terbatas dan unik.

Ya, ini salah satu strategi marketing! Apalagi sekarang lagi gencar-gencarnya larangan pakai kantong plastik, jadi tas spunbond ini jadi pilihan yang menarik, lho!

tas spunbond gambar ketupat 2 tas spunbond gambar ketupat

Mau pilih plastik atau tas spunbond tidak masalah, yang jelas jangan buang sampah sembarangan, ya!

Sticker Gambar Ketupat

Kamu jualan suatu produk, katakanlah kaos atau parcel, nah untuk meningkatkan kepuasan customer dalam berbelanja produk anda, biasanya kita berikan diskonan spesial atau paling murah sticker. Nah, jika kamu jual barang-barang yang edisi terbatas spesial Ramadhan, maka sticker yang harus diberikan juga spesial.

Desain sesuai dengan produk masing-masing, namun saya kasih contoh sticker yang bergambar ketupat, ya!

sticker ketupat 2

sticker ketupat

Gambar Ketupat Asli

Sekarang kita akan melihat beberapa gambar ketupat asli yang sering kita lihat di rumah-rumah. Seperti apa bentuknya, sih? Yang belum pernah ngeliat ketupat, nih saya kasih liat biar kalian tau, ketupat itu seperti apa. Dan jangan ngiler ya!

gambar ketupat gambar ketupat gambar ketupat gambar ketupat

Tadi sudah kita singgung bagaiamana ketupat disebut di berbagai daerah dengan sebutan yang berbeda. Nah, untuk bentuknya sendiri ketupat tidak hanya berupa belah ketupat saja. Tapi banyak ragamnya.

Contohnya ada ketupat Sidapurna yang bentuknya seperti huruf ‘P’ yang dibalik atau kipas sate. Terus ada pula Ketupak Bebek yang ukuranya kecil dan di bawahnya sedikit membulat dan ujung yang dibiarkan panjang miring ke atas, persis seperti paruh bebek. Lalu ada juga ketupat Pandawa yang bentuknya segitiga yang diujungnya ada dua helai janur yang dikepang. Masih belum selesai, ada ketupat Bata atau ketupat Luwar yang unik bentuknya, yaitu persegi panjang seperti batu bata. Dan berbagai macam bentuk dari ketupat ini.

Jadi, apa ketupat favorite-mu? Bentuk yang seperti apa? Kalau saya sih yang penting isinya enak dan bisa dimakan saja, hahahaha.

gambar ketupat gambar ketupat gambar ketupat

Selain daun kelapa muda yang digunakan untuk membuat ketupat, ternyata ada duan lainya juga, lho tanpa menghilangkan rasa dari ketupat ada umumnya. Daun apakah itu? Ya, itu adalah daun palas. Daun palas juga menjadi opsi kedua jika tidak ada daun kelapa muda, karena teksture dan rasanya yang tidak terlalu jauh berbeda.

Cara Menggambar Ketupat Lucu

Bosan dengan gambar ketupat yang itu-itu saja? Monoton dan ya begitulah. Cobalah kamu lebih kreatif sedikit dan mencoba menggambar ketupat seperti video di bawah ini. Ini juga bisa kalian tiru kok, yuk coba saja!

Penutup

Itulah kumpulan-kumpulan gambar ketupat yang bisa kalian gunakan, download, atau apapun itu. Silahkan bagikan ke teman-teman terdekat atau jauh anda. Bisa pakai saat bulan puasa, bisa juga pakai setelah lebaran. Terserah kamu.

Kamu juga bisa menjadikan isnpirasi untuk gambar, desain, dan sebagainya, dan lain-lain, dan kawan-kawan.

Sampai jumpa di sesi kumpulan gambar berikutnya! Semoga kalian suka dengan gambar-gambar ketupat yang ada di atas ya. Jadi, ketupat mana yang paling kamu sukai? Tulis di kolom komentar ya!

Keep Sarungan!

One Reply to “Sambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan Gambar Ketupat!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *