Mengenal Financial Consultant, Rekomendasi Perusahaannya, dan Film!

Mengenal Financial Consultant, Rekomendasi Perusahaannya, dan Film!

Banyaknya orang yang kesulitan mengelola uang yang mereka miliki sekarang. Pemasukan yang banyak, seakan-akan cepat hilang tanpa tau pergi ke mana. Ikut investasi, malah kena tipu akibat terpedaya dengan profit yang selalu untung tinggi atau minimnya pengetahuan dalam berinvestasi.

Nah, maka dari itu kita akan membahas jasa konsultasi keuangan ini agar cuan yang kita miliki tersusun dengan rapih, bahkan bisa menambahkan side income. Dari pengertianya, untungnya apa, di mana kita bisa mencarinya, dan hal-hal lainya yang berhubungan dengan jasa ini.

So, ini adalah Financial Consultant dan serba-serbinya.

Apa itu Financial Consultant

Financial Consultant

Seperti yang gua bahas di atas, banyak orang kesulitan mengatur keuanganya dengan cara yang tepat. Mengatur keuangan juga bukan perkara yang mudah. Apalagi yang sudah banyak blunder sana-sini. Maka kita butuh jasa professional, yaitu Financial Consultant.

Secara umum Financial Consultant adalah perusahaan independent maunpun lembaga professional yang membantu dalam membuat pengelolaan keuangan, dari perencanaan keuangan dan manjemen keuangan. Pokoknya biar kamu tau, penghasilanmu itu cocok untuk dikelola seperti apa, diinvestasikan sebagaimana yang ada di pasar, biar kamu melek dalam hal financial, dan yang pasti bebas financial pada masa tuamu.

Certified Financial Planner

Certified Financial Planner

Dalam financial consultant, orang yang menjasa kan diri dengan professional harus memiliki CFP atau kepanjanganya adalah Certified Financial Planner. Kita harus melihat dulu orang yang akan kita bayar jasanya ini, dan CFP ini bisa menjadi rujukan yang utama. Agar lebih terpecaya.

Atau anda ingin menjadi Financial Planner?

Untuk bisa memiliki sertifikasi CFP, kamu harus mengikuti berbagai macam pelatihan dan progtam yang menyiapkan mereka untuk mengatasi kasus-kasus dalam masalah keuangan seseorang ataupun perusahaan (klien).

Pemegang sertifikasi CFP-pun seperti pekerjaan lainya, harus menjalankan tugasnya dengan kode etik yang telah ditentukan.

Untuk sertifikasi profesi ini, ada lembaga yang memegangnya. Lebih tapetnya lembaga Financial Planning Standards Board atau disingkat dengan FPSB, dan termasuk sebagai lembaga international.

Aspek yang Harus Dimiliki oleh Financial Planner

Aspek penting financial planner

Menurut seorang financial planner, Financial planner harus memiliki 4 aspek. Apa aja, tuh?

  1. Edukasi dalam Pendidikan formal pada bidang perencanaan keuangan pribadi. (Bisa lulusan Manajemen Keuangan, Bisnis & Keuangan, Business Administration, atau Ilmu Pengetahuan Aktuaria)
  2. Minimal memiliki 3 tahun memberikan saran keuangan kepada klien.
  3. Lulus ujian standar profesi perencanaan keuangan dan diakui dan terdaftar oleh Negara.
  4. Tunduk pada aturan kode etik profesi yang telah ditentukan.

Tugasnya Ngapain?

Kerjaan Financial Planner

Pada dasarnya, tugas dari Financial Planner adalah bagaimana memaksimalkan pengelolaan keuangan yang anda punya saat ini untuk mencapai keuangan di masa depan. Bebas financial.

Untuk cara kerjanya, kita (klien) bertemu dengan konsultan dan berkenalan dan mecari tau keterangan yang jelas tentang posisi kita saat ini dan akan ke mana.

Lalu konsultan mewawancarai kita tentang informasi pribadi seperti, status, profile investasi, pekerjaan, tanggungan dan manfaat lainya yang diterima dari perusahaan atau income pribadi.

Setelah itu konsultan akan menyusun timeline untuk tujuan-tujuan hidup kita.

Timeline itu kita bisa menarik beberapa kesimpulan, seperti berapa jumlah uang yang harus kita tabung dan aset apa yang bisa kita masukan di dalam portofolia investasi klien untuk tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang dari klien bisa tercapai.

Gimana Carinya?

Kita sudah punya internet dan gadget, jadi mudah saja untuk mencari ribuan nama konsultan di internet ini.

Tapi, bagaimana kita bisa mencari konsultan yang tepat?

Hal yang paling utama yang harus kita ingat, jangan memilih konsultan keuangan hanya karena mereka punya gelar tersebut, karen belum tentu itu gelar yang asli.

Rekomendasi Perusahaan Financial Consultant

Berikut perusahaan Financial Consultant di Indonesia yang akan gua rekomendasikan.

  1. Finansialku

Logo Finansialku

Selain mengadakan jasa konsultasi keuangan, ada juga pelatihan untuk perencanaan keuangan. Selain itu juga ada tawaran investasi seperti saham dan reksadana, dan program asuransi. Untuk lebih tepatnya, klik tulisan Finansialku di atas, ya.

  1. Jouska

Logo Jouska

Perusahaan ini lagi naik daunya sejak beberapa tahun silam. Di Instagram suka membahas hal-hal financial, investasi, dan sebagainya, dengan bahasa yang sederhana sampai orang awampun bisa mengikuti obrolan yang dia bahas lewat Instagram Stories.

Jouska ini bisa menjadi pilihan karena sudah memiliki testimoni yang baik, apalagi sempat mendatangkan Gary Vaynerchuck ke acaranya: Forward.

  1. FPSB Indonesia

FPSB

Kalau dua di atas tadi masih belum cukup, bisa kalian lihat keanggotaan konsultan melalui FPSB Indonesia di websitenya.

Kita Boleh Mewawancari Konsultan

Mewawancari Financial Planner

Sebagai orang yang akan memakai jasa dan membayarnya tentu kita boleh menanyakan beberapa pertanyaan agar semakin percaya pada perusahaan atau professional tersebut.

Berikut pertanyaan untuk kandidat konsultan anda:

1.      Jenis Perencanaan Keuangan

Pastikan bahwa visi dan misi (atau filosofi) investasi konsultan tersebut sesuai dengan profil risiko anda. Tidak boleh terlalu agresif ataupun terlalu konservatif dibandingkan dengan agenda dan kebutuhan anda.

2.      Jenis Klien

Tidak semua perusahaan konsultan menerima segala latar belakang. Kadang ada beberapa konsultan yang hanya menerima orang yang memiliki penghasilan tertentu, jenis bisnis, total kekayaan, dan sebagainya.

Jadi, daripada salah paham dan sudah berharap, kenali dulu perusahaan-perusahaan konsultasi keuangan.

3.      Pengalaman

Ya, biasanya semakin lama perusahaan, semakin bagus pelayananya. Namun tidak memungkiri perusahaan yang baru rilis ini tidak bagus. Bisa jadi memiliki pelayanan yang berbeda dengan perusahaan yang lainya.

Kembali ke pilihan masing-masing.

4.      Kualifikasi Diri

Lihat kembali konsultan tersebut memiliki passion di bidan finansial dan tanyakan visi, misi, filosofi, atau mandat yang dimiliki.

Bisa juga kita tanya keahlian lainya. Misal, pemahaman tentang saham, pajak, pengelolaan dana pensiun, dan sebagainya.

5.      Harga Jasa

Kita harus melihat harga jasa yang ditawarkan. Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Agar tidak terjadi kesalah pahaman, pastikan lagi harga jasanya.

Baca Juga: 7 Tips CV Bahasa Inggris

Keuntungan Menggunakan Financial Consultant

Sudah pasti kita, bagi yang tidak memiliki pemahaman akan financial, maka jasa ini sangat berguna. Apalagi anda yang memiliki penghasilan lebih dari cukup, dan bingung akan dikemanakan sisa uang bulanan anda. Jasa ini bisa menjadi solusinya.

Fungsi utama jasa ini adalah menyiapkan rencana keuangan anda pada tujuan berjangka pendek, menengah, dan panjang. Tapi kita bisa mendapatkan keuntungan lainya. Seperti:

  • Analisis keuangan anda sekarang dan laporan keuangan, seperti jumlah utang, kekayaan bersih, dan yang lainya.
  • Akan dibuatkan dana prioritas yang sesuai dengan tujuan dan waktu pencapaianya.
  • Menyusun strategi keuangan seperti saran investasi dan asuransi agar tujuan keuangan anda tercapai.

Pilihlah Sesuai Kebutuhan

Pada akhirnya, kita harus interview informal kepada konsultan yang kita pilih. Untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda, paling tidak saat ini. Boleh juga negosiasi biaya.

Karena anda ingin tujuan finansial anda tercapai, bukan semakin berantakan. Pilihlah sesuai kebutuhan.

Film tentang Keuangan

Gua akan berikan 3 film menarik, yang bisa membuka pikiran anda tentang keuangan. Yuk, cekidot.

The Pursuit of Happiness (2006)

Siapa yang tidak kenal dengan film yang diperankan oleh Will Smith ini? Film tentang perjuangan seorang ayah yang salah kaprah karena berinvestasi pada produk yang sebenarnya belum dibutuhkan pasar.

Tonton trailer film yang sangat menyentuh ini dan bikin kalian sadar pentingnya memiliki dana cadangan!

Jerry Maguire (1996)

Mengisahkan agen olahraga yang memiliki dana klub yang minim, tapi ingin kembali ke puncak liga. Mengajarkan bahwa lebih penting menghormati orang ketimbang uang.

Cek trailernya di sini.

Margin Call (2011)

Tentang 36 jam pertama menuju krisis ekonomi yang terjadi di negara Amerika Serikat pada tahun 2008. Kita bisa melihat para bankir dan perusahaan yang ada di AS mengenali tanda-tanda resesi yang ada di negaranya.

Anda bisa belajar bahwa untung besar kerap didapat dari penderitaan orang lain. Cek trailernya di sini.

Udah

Semoga artikel berikut bermanfaat dan bisa membantu banyak orang. Share ke teman-temanmu untuk keuangan yang lebih baik.

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu