Halo! Gua adalah seorang fans Arsenal yang kebetulan suka baca buku, main game, olahraga, menabung, dan mengaji.

7 Tips Membuat CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris – Curriculum Vitae atau yang biasa kita sebut CV sudah menjadi hal yang wajib kita punya untuk melamar pekerjaan. Entah itu freelancer, Volunteer, part-time, atau full-time, kita wajib punya ini.

Tapi, semakin berkembangnya zaman, entah kenapa CV yang berbahasa Inggris lebih menjual daripada CV berbahasa tanah air.

Bukan karena kita tidak mau nasionalis, tapi, memang perlu kita memiliki skill bahasa Inggris yang baik, dan CV berbahasa Inggris juga tentunya.

Karena, semakin banyak perusahaan asing yang membuat kantor di Indonesia dan membutuhkan keahlian kita. Walaupun banyak juga perusahaan anak negeri yang bisa kita ajukan lamaran dengan CV bahasa Inggris yang lebih menjual ini.

Dan sekarang, gua akan memberika tips untuk membuat CV berbahasa Inggris.

Tips CV Bahasa Inggris

1. CV Jangan Terlalu Panjang

CV yang lebih enak dilihat ya memang tidak terlalu panjang. Apakah ada batasanya? Secara hukum memang tidak ada, tapi CV sekarang cukup satu halaman.

Apa jadinya kalau CV kita memiliki 10 sampai 20 halaman? Selain bikin malas pihak HRD yang baca, memang kita mau masukin apa aja di CV tersebut? Kan, gaenak kalau masukin aib-aib kita.

2. Tulisan yang Jelas

Oke, bukan mau menghina tulisan kamu yang kayak ceker ayam. Apa gunanya mesin tik, laptop, dan gadget kalau bukan untuk menulis? Jadi jangan sedih dengan tulisanmu.

Maksudnya di sini itu, CV jangan dibuat bertele-tele atau basa-basi. Inget ini bikin CV bukan mau kenalan sama cewek. Jadi, buatlah tulisan yang mudah dipahami dan mudah dibaca tentunya.

Kecuali, kalau mau bikin tulisan tips CV, baru boleh bertele-tele. Hehehe.

3. Jangan Taruh Fake Photo

Memang, hoax sudah banyak berkeliaran di linimasa. Dan pihak HRD juga tidak mau terkena hoax karena CV kamu memakai photo palsu.

Gunakan photomu saat ini. Jangan pakai photo saat kamu baru bisa bicara. Selain kualitasnya mungkin kurang bagus, ya memang tidak guna juga. Apalagi sampai kamu pasang photo dari masa depan. Hadeh.

Gunakan photo kamu berpakaian formal, dan jangan lupa tersenyum. Tidak, tidak perlu pakai filter anjing melet. Cukup edit sedikit agar photomu lebih jelas.

4. Pengalaman Anda Hebat?

Tak perlu punya pengalaman naik gunung everest, untuk melamar kerja di perusahaan Bank. Tidak perlu punya pengalaman menang lomba nari, untuk melamar di perusahaan jual laptop.

Taruh pengalaman-pengalamanmu yang umum atau lebih baik, yang relevan dengan pekerjaan yang anda tuju.

Misal juara 1 photo contest, untuk melamar di perusahaan event organizer. Siapa tau butuh tim dokumentasi, kan?

5. Riwayat Pendidikan dan Courses

Riwayat pendidikan wajib disematkan dalam CV. Mulai dari SD hingga pendidikan terakhir anda. Dan training atau courses yang pernah anda ikuti di luar dari pendidikan wajib, menjadi nilai lebih untuk CV anda.

Bagaimana yang tidak pernah ikut training manapun? Ya, tidak apa-apa.

Namun, seperti pengalaman, masukan training yang masih relevan dengan perusahaan anda, ya? Ngerti, kan? Yuk, lanjut.

6. Punya Skill Apa?

Ini sangat penting. Kenapa? Karena perusahaan akan tau kelebihan anda apa, dan mempercayainya saat disematkan di CV anda. Kalau anda tidak taruh kemampuan anda, seperti orang yang memendam rasa pada temanya, bagaimana perusahaan akan tau?

Namun, taruh kemampuan yang umum saja. Misal Microsoft Excel dan teman-temanya, photography, dan sebagainya. Tidak perlu tulis mampu mengeluarkan jin pada tubuh orang yang kesurupan. Kecuali anda melamar pada perusahaan supranatural.

7. Jujur

Udah, mah photo boongan, eh semua riwayat hidupnya juga boongan. Ya, kalau keterima juga palingan akan ketauan boongnya.

Udah lah, hidup yang jujur aja. Yang berkah aja.

Contoh CV Bahasa Inggris

Sebelum ngasih gambar atau templatenya, mungkin saya akan jabarkan lagi apa saja yang perlu diisi dalam CV.

Yuk, lanjut.

Personal Details

NameRhafar Ramadhan
AddressTHB Blok C6 No. 15, Bekasi
Phone Number0858-1905-****
Place & Date of BirthBekasi, 10 January 1999
StatusSingel
ReligionIslam

Bisa juga ditambah keterang negara. Optional aja.

Education Background

2006 - 2011 Elementary School
2011 - 2014 Junior High School
2014 - 2017 Senior High School
2017 - 2021 Accounting Degree University of Indonesia GPA = 3.85 (scale 4)

Job Experiences

2022 - 2023 Teacher at Senior High School
2023 - 2025 Accountant at PT. BlaBlaBla

Skill

Programming, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Corel Draw, Adobe Photoshop.

Personality

Good Attitude, Discipline, Honest, Kind, Patient, Tolerant, Communicative, And Be Responsible.

Baca Juga: Maudy Ayunda dan Keresahan Anak Muda

Contoh-contoh CV Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh-contoh CV Bahasa Inggris. Dan diakhir, saya akan bagikan link di mana anda bisa mendownload dan membuat CV anda sendiri. Enjoy.

Sumber: Pinterest
Sumber: tassepatufutsal
Sumber: beardielovingsecrets
Sumber: Merdeka

Template CV

Ada beberapa website yang menyediakan membuatan CV gratis ataupun berbayar. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Caranya pun cuku simple, tinggal isi form di dalam website (data pribadi, riwayat pendidikan, job experience, dan sebagainya).

Ms. Word

Yap, Microsoft word menyediakan template cv atau resume yang bisa kalian download.

Tinggal buka new, dan search template yang anda suka.

Canva

Siapa sekarang yang tidak tau Canva? Situs segala jenis design. Mau nyari tempalte apapun juga ada. Jadi tidak salah kalau mau bikin CV di situs ini.

Caranya sama seperti kamu edit gambar kok.

Kickresume

Template menarik memang disetiap situs cv maker ada. Namun, pembuatan lembar pengantar dengan desain memikat, atau pengukuran metrik kemampuan personal? Sedikit sekali.

Tapi, di Kickresume semuanya ada. Jadi ini mungkin pilihan situ yang tepat.

CV Maker

Pertama-tama gua mencoba buat cv online, ya di CV Maker ini. Tidak jauh berbeda dengan para kompetitornya.

Sign up, pilih template gratis, masukan data diri, riwayat pendidikan, hobby atau insteresting, skill, dan sebagainya. Lalu jangan lupa masukan photo kamu.

Udah itungan detik langsung jadi.

Dan Banyak Lagi

Masih banyak lagi memang situ cv maker. Namun, apa gunanya kalau gua kasih banyak opsi, kalu cuman bikin bingung. Kalau mau cari tau lebih banyak, boleh. Namun, menurut gua tiga tempat tadi sudah cukup untuk membuat CV yang diingankan, dan lebih menjual pastinya.

Bonus: Jasa Bikin CV

Ya, kalau anda punya duit berlebih, atau malas ngulik-ngulik buat cv secara online maupun bikin template sendiri, ya anda bisa menyewa jasa bikin cv. Sudah banyak kok, dan juga tetep terjangkau. Tinggal pilih orang atau penyedia jasanya.

Kalau ragu, liat portofolionya dulu, testinya, baru coba buat di dia. Kisaran 20 ribuan, lah.

Udah

Yak, mungkin cukup sekian tips dari gua. Untuk info tambahan tentang melamar kerja, mungkin gua akan post di lain waktu.

Keep Sarungan!

1 thought on “7 Tips Membuat CV Bahasa Inggris”

Leave a Comment