Contoh Kontrak Kerja yang Harus Kalian Kenali (Pekerja Wajib Baca)!

Contoh Kontrak Kerja yang Harus Kalian Kenali (Pekerja Wajib Baca)!

Kali ini gua akan membahas beberapa hal tentang surat perjanjian kerja atau kontrak kerja. Dibaca baik-baik, biar kalian tau kalian terikat pada perjanjian kerja seperti apa, agar tidak terjadinya kesalah pahaman.

Langsung aja, yuk.

Isi Kontrak Kerja

Dalam membuat kontrak kerja, ada beberapa point yang harus dimuat, dan ini sesuai Undang-undang Pasal 54 No. 13/2003:

  1. Nama, alamat perusahaan, dan jenis Usaha.
  2. Nama, umur, alamat pekerja, dan jenis kelamin.
  3. Jabatan, atau jenis pekerjaan.
  4. Tempat pekerjaan.
  5. Besarnya upah dan cara pembayaranya.
  6. Syarat-syarat kerja yang meliputi hak dan kewajiban perusahaan (pemberi kerja) dan tenaga kerja.
  7. Awal mula dan jangka waktu yang berlakunya perjanjian kerja itu.
  8. Tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat serta ditandangi [ara pihak dalam perjanjian kerja.

Kesahan Sebuah Kontrak Kerja

Dalam pasal 1320 KUH Perdata yang mengatur kesahan atau tidaknya sebuah kontrak kerja, meliputi 4 syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Kesepakatan mereka yang mengikatan dirinya.
  2. Kecakapan untuk membuat suatu perikatan.
  3. Suatu pokok persoalan tertentu.
  4. Suatu sebab yang tidak terlarang.

Dalam membuat kontrak kerja atau perjanjian kerja, harus dibuat di atas dasar (yang ada dalam pasal 52 ayat 1 Undang-undang No. 13/2003 yang mengatur Ketenagakerjaan), yaitu:

  1. Kesepakatan dari kedua belah pihak.
  2. Kemampuan atau kecakapan melakukan perbuatan hukum.
  3. Adanya pekerjaan yang diperjanjikan.
  4. Pekerjaan yang diperjanjikan tersebut tidak bertentangan dengan kertertiban umum, kesusilaan dan peraturan perundang-undang yang berlaku.

Baca Juga: Contoh CV Berbahasa Inggris

Jenis Surat Perjanjian Kerja dan Contoh

Untuk tau kamu pekerja yang bagaimana (soal kontrak) kita harus mengenali beberapa jenis perjanjian kerjanya. Agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Yuk, kita mulai aja ya!

Surat Perjanjian Kerja Probation

Atau bisa disebut Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Percobaan yang disingkat jadi PKWTP, adalah perjanjian kerja yang terpaut pada periode satu sampai enam bulan yang bertujuan untuk melihat kinerja karyawan sebelum menjadi karyawan tetap atau dipekerjakan secara tetap oleh perusahaan tersebut.

Kebanyakan perusahaan belum sepenuhnya percaya pada hasil psikotes dan wawancara, sehingga adanya keraguan dalam hal kinerja. Di lain itu, pekerja juga perlu tau, apakah ia akan nyaman bekerja di perusahaan tersebut. Maka PKWTP dibuat, untuk kenyaman bersama. Bermanfaat bagi kedua belah pihak untuk kecocok satu sama lain.

Berikut adalah contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Percobaan.

Contoh Kontrak Kerja Probotion Contoh Kontrak Kerja Probotion Contoh Kontrak Kerja Probotion

Surat Perjanjian Kerja Karyawan Kontrak

Dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/IV.2004, Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau disingkat PKWT adalah perjanjian kerja antara tenaga kerja dengan sebuah perusahaan untuk membuat hubungan kerja dalam waktu tertentu atau suatu perkerjaan tertentu.

Perjanjian ini meliputi jangka waktu perjanjian antar pemberi kerja dan karyawan, hak dan kewajiban kedua belah pihak, jabatan, gaji, tunjanga, fasilitas, dan lain-lainya yang bersifat untuk mengatur hubungan kerja secara personal.

Dalam PKWT juga memiliki syarat, yaitu:

  • Didasarkan pada jangka waktu paling lama 3 tahun atau selesainya suatu pekerjaan tertentu.
  • Dibuat secara tertulis dalam 3 rangkap, yang mana dimaksudkan untuk pekerja (buruh), pengusaha dan Disnaker.
  • Jika dibuat secara lisan, maka PKWT akan dinyatakan sebagai perjanjian kerja waktu tidak tertentu.
  • Dibuat dalam Bahasa Indonesia dan huruf latin atau Bahasa Indonesia dan bahasa asing dengan Bahasa Indonesia sebagai yang utama.

Jenis pekerjaan yang diperbolehkan memakai PKWT ada 4, yaitu:

  1. Pekerjaan yang langsung selesai (selesai sekali) atau sementara sifatnya yang penyelasainya paling lama 3 tahun.
  2. Pekerjaan musiman.
  3. Pekerjaan yang terkait dengan kegiatan baru, produk baru atau produk tambahan yang masih dalam masa percobaan.
  4. Pekerjaan harian atau pekerjaan lepas.

Berikut adalah contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

PKWT PKWT

PKWT

Surat Perjanjian Kerja Karyawan Tetap

Pasa 1 ayat 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 100/MEN/VI/2004 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (Kepmenakertrans 100/2004), arti dari Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu atau disingkat PKWTT adalah perjanjian anatara pihak tenaga kerja dengan suatu perusahaan yang bertujuan untuk membuat hubungan kerja yang sifatnya tetap.

Dalam PKWTT ini, bisa dibuat secara lisan ataupun tertulis, tergantung perusahaan. Jika secara lisan, maka tidak wajib pengesahan dari instansi ketenegakerjaan tersebut. Jika Perjanjia Kerja Waktu Tidak Tertentu dibuat secara lisan juga, maka klausul-klausul yang berlaku di kedua belah pihak (perusahaan dan tenaga kerja) adalah klausul yang sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Berikut adalah contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu.

PKWTT PKWTT PKWTT PKWTT

Outsourcing

Outsourcing
Sumber: Pixabay

Perjanjian Pemborongan Pekerjaan atau biasa disebut Outsourcing adalah suatu system di mana perusahaan pemberi kerja memberikan sebagian dari sumber daya manusia (SDM) mereka kepada perusahaan yang menyediakan tenaga kerja (perusahaan pemborong) melalui perjanjian pemborongan pekerjaan (outsourcing).

Walaupun tenaga kerja bisa dipekerjakan dengan perjanjian kerja waktu tertentu, untuk perusahaan outsourcing ini, PKWT harus meliputi Transfer of Protection Employment (TUPE) atau dikenal dengan prinsip pengalihan tindakan perlindungan bagi pekerja, yang harus sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi Register No. 27/PUU-X/2011:

  • Pengalihan perlindungan hak-hak bagi pekerja atau buruh yang objek kerjanya tetap ada walaupun terjadi pergantian perusahaan outsourcing (ini termasuk dengan berlanjutnya hubungan kerja dengan perusahaan outsourcing yang baru).
  • Masa kerja harus ditulis di dalam PKWT untuk dibuatkan experience letter, di mana surat ini menentukan jangka waktu bekerja dan dapat dijadikan referensi untuk penentuan upah oleh perusahaan outsourcing.

Surat Kontrak Kerja Bahasa Inggris

Sejatinya, surak kontrak kerja bahasa inggris sama dengan kontrak kerja berbahasa Indonesia. Tergantung jenis kontrak kerjanya seperti apa. Namun, dengan bahasa inggris.

Udah

Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk dishare ke teman-temanmu, saudaramu, atau siapapun yang mungkin membutuhkan informasi ini.

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu