√Kumpulan Cara Menggambar Mata Mudah dan Keren!

√Kumpulan Cara Menggambar Mata Mudah dan Keren!

Mata menjadi aspek yang sangat penting dalam menggambar wajah atau muka makhluk hidup, namun masih banyak yang kesulitan bagaimana cara menggambar mata. Maka dari itu, kita perlu mempelajari cara menggambar mata, sesuai yang kita inginkan. Apalagi jika itu mata kartu, binatang, maupun realistic. Belum lagi sesuai dengan ekspresi apa yang ingin dibuat.

Jadi, gak usah lama-lama, ini adalah cara menggambar mata paling mudah yang bisa kalian ikuti!

Baca Juga:

Kumpulan Cara Menggambar Kapal Paling Lengkap dan Mudah!

Bukan Pecinta Panda Kalau Gak Tau Cara Menggambar Panda!

Gak Bisa Gambar Kuda? Ikuti Cara Menggambar Kuda yang Gampang!

Suka Gambar? Harus Coba Menggambar Mobil Ini!

Cara Menggambar Mata Realistis Mudah

Yang pertama kita akan menggambar (sebelah mata) yang tampak realistic atau seperti aslinya. Kita mulai dengan menggambar garis kelopak mata, diikuti oleh iris dan permukaan mata, diakhiri dengan alis, bulu mata dan bayangan di sekitarnya yang menyatukan semuanya.

Sudah penasaran? Yuk, kita mulai membuatnya.

cara menggambar mata

1. Ketika mulai menggambar garis mata, kita harus hati-hati. Kita harus fokus pada perbedaan bentuk antara kelopak mata atas dan bawah. Setiap mata itu unik, semakin kita fokus dengan keaslian mata atau objek mata contoh kita, semakin realistis gambar mata yang kita hasilkan

cara menggambar mata

2. Anda harus memperhatikan bagaimana kelopak mata atas menutupi bagian atas iris. Sebagian besar pemula menggambar iris terlalu kecil dan mencoba memasukkannya ke dalam warna putih mata. Bagian bawah iris biasanya terletak pada atau sangat sedikit di bawah kelopak mata bawah.

cara menggambar mata

3. Ada dua elemen yang perlu dipertimbang dalam menggambar kondisi lensa mata atau permukaan mata:

  • Kilau cahaya yang dipantulkan harus dibiarkan seperti kertas yang tidak diarsir pada awal gambar. Ini akan menjadi elemen paling terang di mata. Refleksi ini semakin ditingkatkan dengan kontrasnya dengan pupil – elemen paling gelap di mata.
  • Iris mengandung berbagai warna dan flek yang menjalar ke pusat pupil. Biasanya lebih gelap di sekitar tepi luarnya dan menyala menuju pusatnya menciptakan efek transparan.

cara menggambar mata

4. Langkah terakhir untuk sesi ini:

  • Langkah terakhir adalah membuat soliditas rongga mata dan area sekitarnya menggunakan warna berurutan.
  • Kelopak mata atas membentuk bayangan yang membentuk kurva gelap di bagian atas bola mata. Ini secara bertahap melembut ke daerah teduh di setiap sudut mata.
  • Warna gradasi digunakan untuk menutupi detail garis besar dan membangun nada kelopak mata dan area sekitarnya.
  • Alis dan bulu mata dibentuk oleh rambut yang lembut dan halus, jadi gambarkan dengan ringan dan perhatikan arah gambarnya.
Sumber: artyfactory

Cara Menggambar Mata dengan Pensil

Menggambar dengan pensil memang sangat menarik, apalagi menggambar objek yang perlu detail, seperti mata ini. Cara menggambar dengan pensil akan sangat mudah, dan menyenangkan dengan hasil yang akan membuatmu puas. Bagaiamana caranya? Baca di bawah ini.

cara menggambar mata

1. Oke, untuk memulai, gambarkan garis dasar mata berbentuk almond. Cobalah untuk membuat sudut dalam (di sebelah hidung) lebih rendah dari sudut luar.

gambar mata

2. Gambar lingkaran di dalam. Ini adalah bola matanya.

gambar mata

3. Gambarlah sorot pertama, kemudian pupil di bawahnya. Pastikan pupil berada di tengah lingkaran.

gambar mata

4. Gunakan 6B atau 8B gelap Anda untuk mengisinya. Anda ingin warna hitam semirip mungkin.

gambar mata

5. Gambar lipatan kelopak mata atas, dan kelopak bawah juga. Saya tidak yakin apakah ini disebut kelopak mata bawah, pokoknya garis di bawah mata.

gambar mata

6. Gambarlah beberapa bulu mata untuk menunjukkan di mana Anda nantinya akan menarik gumpalan bulu mata yang lebih besar. Agak seperti garis dasar.

gambar mata

7. Gelapkan lingkaran dalam di mata, garis mata, dan gambar garis di sudut dalam (seperti yang ditunjukkan dalam gambar)

gambar mata

8. Mulailah mengisi lebih banyak bulu mata, dan tambahkan beberapa garis di dalam lingkaran mata bagian dalam.

gambar mata

9. Isi beberapa garis lagi dengan ringan di dalam lingkaran

gambar mata

10. Tambahkan lebih banyak baris! Tapi kali ini gunakan pensil yang lebih gelap untuk membuat garis yang lebih gelap.

gambar mata

11. Oke, shading di tepi luar dalam lingkaran dalam mata (ya, itu banyak kata). Gunakan pensil yang lebih gelap. Ini akan menambah banyak kedalaman dan kebulatan pada mata.

gambar mata

12. Baiklah, lakukan apa yang Anda lakukan pada langkah terakhir ke pupil. Juga, tambahkan beberapa garis lagi (tergantung pada cahaya warna mata) untuk membuatnya sedikit lebih gelap di beberapa daerah.

cara menggambar mata

13. Sekarang, isilah bulu mata dengan pensil Anda yang lebih gelap. Jika menggambar mata laki-laki, buat bulu mata sedikit lebih ringan daripada jika menggambar mata perempuan. Dalam hal ini, saya menggambar mata wanita.

cara menggambar mata

14. Beri bayang di dalam mata, dan itu membantu untuk mencorengnya dengan ujung jari Anda. (Hehe, aku baru sadar betapa gelapnya aku menaungi mata ini, kamu bisa menaungi sedikit lebih terang dari ini.)

cara menggambar mata

15. Beri bayangan sudut mata, dan kelopak mata. YAY!!!!! Selesai!!!!!!

Sumber: instructables

8 Cara Menggambar Mata Kartun

Ada beberapa orang lebih mudah menggambar seperti aslinya, dibanding menggambar mata kartun atau menggunakan imajinasi yang sebelumnya belum pernah liat. Kali ini, kita akan menunjukan 8 cara menggambar mata kartun, dan pastinya lebih mudah dibanding gambar mata yang realistis.

cara menggambar mata

  1. Over-horizon Eyes: Gambar garis agak melengkung yang menunjuk ke bawah, lalu gambar setengah lingkaran di atasnya. Isi pupil sebagai titik atau setengah lingkaran.
  2. Simple Dots: Jangan terlalu dipikirkan! Buat dua titik dengan ukuran yang sama. Mata dot seperti ini paling cocok untuk gambar sederhana.
  3. Half-moons within Circles: Mulailah dengan menggambar lingkaran, lalu isi bagian dari lingkaran untuk membentuk pupil. Di mana Anda memposisikan pupil akan menunjukkan di mana karakter itu melihat.
  4. Kawaii Eyes: Mulailah dengan menggambar lingkaran besar, lalu gambar dua lingkaran kecil di dalam lingkaran pertama. Warnai area di sekitar dua lingkaran. Sama seperti itu, Anda memiliki mata yang bersinar dalam gaya anime Jepang yang populer!
  5. Uni-eye: Gambarkan angka 8 di sisinya, tetapi biarkan ruang di tengah terbuka. Kemudian gambarlah pupil di setiap sisi 8 untuk menciptakan ilusi dua mata.
  6. Cat Eyes: Mulailah dengan menggambar bentuk almond, atau bentuk kacamata mata kucing. Isi pupil dengan titik, lingkaran atau setengah bulan. Jika Anda ingin memberi kesan feminin pada karakter Anda, tambahkan bulu mata di atas atau di bawah mata.
  7. Dots within Circles: Alih-alih membuat mata sebagai titik-titik sederhana, gambarkan lingkaran di sekitar titik untuk membuat pupil dan putih mata.
  8. Googly Eyes: Gambarkan satu lingkaran atau oval. Isi lingkaran kedua di sebelahnya, tumpang tindih sedikit. Isi pupil sesuka Anda.
Sumber: mybluprint

Cara Menggambar Mata Anime Laki laki

Gambar anime memang sudah terkenal dan sangat populer sejak dulu. Hampir semua gambar anime memiliki ciri khas yang sama, khususnya di bagian mata, dan ini yang membedakan antara gambar anime dengan gambar kartun. Dan sekarang kita akan belajar cara menggambar mata anime laki-laki (mata lelaki dan perempuan dalam anime sangatlah berbeda) dengan mudah dan tetap keren tentunya.gambar mata

1. Gambarlah keseluruhan bentuk mata. Garis mata pada dasarnya adalah bulu mata. Seperti yang telah disebutkan, mata karakter pria (terutama pria yang lebih tua) cenderung lebih sempit daripada karakter wanita.

gambar mata

2. Pupil di anime sering digambar sebagai oval (meskipun kadang-kadang mereka juga dapat digambar seperti mata asli). Anda dapat melihat bahwa untuk contoh khusus ini banyak pupil yang tertutup oleh kelopak mata.

gambar mata

3. Gambarlah pupil dekat dengan bentuk iris tetapi lebih kecil dan lebih sempit.

gambar mata

4. Biasanya akan ada bayangan di bagian atas mata atau pantulan bulu mata yang membuat bagian atasnya lebih gelap. Anda dapat menunjukkan area ini untuk shading nanti.

gambar mata

5. Anda dapat memperlakukan pupil dan bayangan atas / refleksi sebagai satu bentuk karena mereka dapat diarsir dengan warna yang sama.

gambar mata

6. Refleksi utama dari sumber cahaya utama. Bentuk pantulan akan didasarkan pada bentuk sumber cahaya (matahari atau pencahayaan dalam ruangan misalnya) tetapi umumnya Anda hanya dapat menggambar bentuk bulat atau oval.

cara menggambar mata

7. Refleksi sekunder pada mata biasanya berasal dari cahaya yang dipancarkan oleh pantulan sumber cahaya utama (misalnya matahari memantul dari permukaan yang mengkilap).

cara menggambar mata

8. Gambarlah garis yang lebih gelap untuk menunjukkan pupil karena sisanya akan menjadi garis dasar yang akan hilang ketika shading.

cara menggambar mata

9. Shading dan warnai mata. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan warna yang sama untuk pupil dan bayangan. Jaga agar pantulan tetap putih kecuali sumber cahaya memiliki warna tertentu (misalnya matahari terbit merah).

Sumber: animeoutline

Macam-macam Referensi untuk Menggambar Mata

Untuk yang terakhir, sebelum penutup, gua akan memberikan beberapa referensi untuk kalian cara menggambar mata pada suatu wajah, ataupun lainya. Ini adalah pilihan terbaik yang bisa diberikan untuk menambah kemampuan kalian dalam menggambar mata. Saya harap, kalian bisa mengikuti dan berlatih dengan baik. Sampai jumpa di sesi cara menggambar lainya!

cara menggambar mata

cara menggambar mata

cara menggambar mata

gambar mata

gambar mata

cara menggambar mata

cara menggambar mata

cara menggambar mata

Leave a Reply

Close Menu