Cara DOWNLOAD Aplikasi Cek Bansos Kemensos, Simak Cara Daftar Jadi Penerima Bansos

Segera download aplikasi Cek Bansos dari Kemensos dan siapkan KTP dan KK!

Kementerian Sosial baru saja merilis aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengecek penyaluran sejumlah bantuan sosial (bansos). Pada aplikasi Cek Bansos terdapat menu baru bernama Suggestions and Rejections.

Mengutip Instagram dalam akun kemensosri, daftar usulan dan bantahan merupakan retas berbagai masalah data penerima bansos.

Ada warga yang seharusnya menerima bantuan sosial, tetapi tidak bisa (kesalahan penolakan yang fatal). Atau sebaliknya ada yang tidak berhak menerima bansos, malah menerima bantuan (establishment error). Dalam daftar usulan, masyarakat dapat mendaftarkan diri, tetangga, dan orang lain untuk mendapatkan bansos ini.

Yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran adalah Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk.

1. Unduh aplikasi ulasan bantuan sosial

Berikut tampilan antarmuka untuk mengunduh Aplikasi Ujian Bantuan Sosial dari Kementerian Sosial:
Unduh Aplikasi Pembayaran Bantuan Sosial: Klik Di Sini
Ukuran Dokumen: 6.3 MB
Versi: 1.0.3
Versi Android: 5.0 dan lebih tinggi

2. Pendaftaran

Sebelum dapat mengakses semua fitur yang ada di aplikasi Cek Bansos, orang harus terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun di aplikasi Cek Bansos.
Masyarakat perlu menyediakan KK dan KTP.

Isikan sejumlah informasi yang diperlukan seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, telepon, dan alamat email Anda.
Aplikasi Pemeriksaan Jaminan Sosial juga mengharuskan orang untuk mengambil foto narsis dengan kartu ID dan kartu ID foto mereka.

Setelah registrasi, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke email terdaftar.
Masyarakat tinggal menunggu informasi tersebut dikonfirmasi oleh pejabat.
Memeriksa pameran dapat memakan waktu.

Setelah verifikasi, daftar tersebut akan dapat diakses oleh publik di aplikasi Cek Bansos.

3. Daftar saran

Ada empat menu yang tersedia di aplikasi review bansos yaitu profil, review bansos, respon kelayakan dan daftar rekomendasi. Jika komunitas ingin menyarankan bantuan, silakan klik daftar saran. Daftar penawaran berisi saran yang ditambahkan oleh pemilik akun. Pemegang akun juga dapat mendaftarkan dirinya, keluarganya, komunitas lain atau fakir miskin secara langsung pada tombol Tambah Sarankan.
Informasi yang berhasil diajukan antara lain nama, NIK, status kepatuhan Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pemohon, dan Kartu Keluarga (KK). Jika pemohon memberikan keluarganya, statusnya sama dengan 1 KK.

Kolom yang diisi pada daftar proposal, semua informasi harus diisi sesuai dengan informasi penduduk karena sama dengan daftar pendaftaran dan akan dicocokkan langsung dengan informasi Dukcapil. Terakhir pada menu Pilih Bansos akan muncul jika NIK yang dimasukkan berisi data pada Data Terpadu Peduli Sosial (DTKS).

Pendaftar hanya tinggal menunggu penyaluran bansos berlanjut.

Leave a Reply