15+ Buah Penambah Darah Bagi Kamu yang Kurang Darah (Orang Sehat Wajib Baca)

15+ Buah Penambah Darah Bagi Kamu yang Kurang Darah (Orang Sehat Wajib Baca)

Buah Penambah Darah – Anda kekurangan darah? Tidak perlu ambil darah di PMI atau menghisap darah orang untuk menambah darah. Berikut adalah buah yang membantu untuk penambah-an darahmu.

Cekidot!

Apa itu Darah Rendah?

Seperti yang kita tau, darah rendah atau yang biasa disebut sebagai anemia ini adalah kondisi jumlah sel darah merah atau jumlah protein pembawa oksigen (hemogoblin) dalam sel darah merah di bawah normal.

Sepertinya udah pada tau, kan?

Next!

Gejala Anemia Apa aja, Gan?

Bervariasi.

Iya, maksudnya banyak variasinya, namun gak semuanya dialami atau bisa jadi semuanya dialami. Tergantung udah separah apa anemia-nya.

Yang umumnya, anemia dapat menyebabkan:

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Kurang tenaga
  • Kepala terasa melayang
  • Sesak napas
  • Kulit pucat
  • Tangan dan kaki dingin

Tadi, kan umum, kalau yang khususnya ada dong?

Ada. Kalau udah parah, bisa kena stroke dan serangan jantung.

Parah, kan?

Penyebab Anemia, nih

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini, yang pada dasarnya adalah kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, adanya gangguan mekanik pada sel darah merah, atau efek samping daripada gangguan pada pembuluh darah (penyakit hemogobin).

Buah Penambah Darah Part 1

Banyak dari kita kurang menyukai yang namanya obat atau suplemen untuk menambah darah. Bahkan, kalau lagi sakitpun, malah tambah malas untuk mengkonsumsi obat-obatan.

Kecuali para pemakai obat-obatan. Lagi sakit atau gak sakit, malah ngobat. Jadi, say no to drug!

Iklan layanan masyarakat.

Untuk asupan zat besi ini, hasil alam adalah pilihan terbaik untuk menambahkan darah dalam tubuh kita. Rasanya enak, mudah dikonsumsi, bisa disajikan dengan berbagai macam, dan sebagainya.

Jadi apa aja buah-buah-anya?

Tomat

Tomat

Diawali dengan sesuatu yang diperdebatkan apakah ini masuk jenis sayuran atau buahan, dan mari kita kesampingkan perdebatan itu dulu.

Tomat mengandung zat besi sebanyak 9.1 mg. setiap 100 gram manisan tomat. Jumlah ini bisa dibilang pada angka yang cukup karena setiap harinya orang dewasa membutuhkan sekitar 18 mg. zat besi, dan anak-anak rata-rata hanya 10 mg. saja.

Lihat cara membuat Manisan Tomat dar YouTube di bawah ini:

Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu Biji menjadi primadona sama pengidap penyakit yang membutuhkan asupan darah yang lebih. Selain itu juga bisa menambahkan keeping darah atau trombosit.

Karena apa?

Karena Jambu Biji ini pengusahanya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi yang sangat berguna untuk pembentukan haemoglobin.

Mangga

Mangga

King Mango, sebuah brand minuman asal negeri gajah putih yang popular di tanah air ini, menggunakan bahan dasar Mangga yang termasuk buah popular, semua orang pasti doyan. Belum mateng aja, banyak konsumsi. Memang King.

Mangga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi di dalam usus. Mangga juga kaya akan vitamin B, E, K dan mineral-mineral penting seperti magnesium, kalsium, mangan, zink, tembaga, dan paling penting, zat besi.

Jeruk

Jeruk

Jeruk makan jeruk.

Sebuah quote yang tidak berhubungan sama sekali dengan penyakit anemia.

Jeruk terkenal di kalangan orang karena kandungan vitamin C dan antioksidan, namun banyak yang tidak tau, kalau jeruk juga buah yang bisa menambah darah. Karena jeruk memiliki kandungan zat besi, asal folat, kalsium, fosfor, tembaga, dan juga macam-macam vitamin B.

Alpukat

Alpukat

Sama seperti Mangga, Alpukat juga digemari banyak orang karna berbagai macam olahanya. Kalau gak salah, ada brand sejenis King Mango, namun bahan dasarnya adalah alpukat.

Siapa sangka, buah yang mengandung lemak tak jenuh ini bisa mencegah penyakit anemia, karena menagndung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, B1, C.

Buah Penambah Darah Part 2

Aprikot Kering

Aprikot Kering

Ini bereda dengan kismis, ya. Ini adalah olahan manisan dari aprikot yang dikeringkan.

Rutin mengonsumsi 100 gram aprikot kering setiap hari, sama dengan menambah asupan zat besi sebanyak 6.3 gram.

Kismis

Kismis

Nah, ini baru kismis. Biasa kita temui pada kue-kue atau roti.

Pilihlah kismis yang menggunakan buah plum (prune) dan anggur (raisin) sebagai bahan dasarnya, jika ingin menambah darah. 100 gram raisin mengandung 3 mg. zat besi, sedangkan prune, kadarnya lebih kecil, sekitar 0.9 mg.

Kesemek

kesemek

Buah yang kurang umum pada masyarakat Indonesia ini, memiliki kandungan yang kaya dengan antioksidan, vitamin C, dan nutrisi lainya. Termasuk zat besi. 100 gram kesemek mengandung 2.5 mg. zat besi.

Oh, iya, buah yang memiliki tekstur padat dan renyah ini, dikenal dengan makanan para dewa dan berasal dari negeri sakura Jepang.

Arigatou

Mulberry

Mulberry

Ini mah udah sering lihat, kan?

Siapa sangka, buah ini termasuk makanan super dan pernah dapat pujian dari Dr. Oz.

Yang gak tau Dr. Oz siapa, biasa searching di Google, ya.

Mulberry ini sangat baik untuk para penderita diabetes dan kandungan zat besinya bisa mencegah anemia. 100 gram mulberry mengandung sekitar 1.7 mg. zat besi.

Kurma

buah penambah darah Kurma

Buah dari negeri Saudi Arabaia dan sangat popular dikalangan timur tengah, khususnya orang muslim, adalah bua yang bebas kolestrol, rendah lemak, dan zat besi tentu saja.

100 gram kurma, mengandung 3 mg. zat besi. Tapi, bagi pengidap diabetes tidak dainjurkan mengkonsumsi buah ini, karena kadar gulanya yang cukup tinggi.

Buah Penambah Darah Part 3

Delima

buah penambah darah Buah Delima

Merah-merah delima, Alibaba.

Buah ini sangat direkomendasikan bagi penderita anemia, walaupun buah ini susah dikonsumsi karena kecil-kecil dan banyak. Hanya orang sabar saja yang mampu mengkonsumsi ini. Apa anda sabar?

100 gram delima, mengandung 0.3 mg. zat besi.

Terong Belanda

buah penambah darah Terong Belanda

Kalau makan buahnya secara langsung, ya agak asam, sih. Namun, anda bisa membuatnya menjadi jus atau es buah.

Setiap 100 gram erong belanda, mengandung 0.9 mg. zat besi.

Apel

buah penambah darah Buah Apel

Apel juga sangat direkomendasikan untuk pengidap penyakit anemia karena mengandung zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, kalsium, asam folat, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan seng.

Lagipula apel mudah didapatkan dan mudah sekali untuk dikonsumsi. Sambil nyetir atau membaca buku juga bisa. Apel juga bermanfaat untuk menjaga jantung.

Semangka

buah penambah darah Semangka

Buah yang kaya air ini, memang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Gua lebih memilih mengkonsumsi semangka secara langsung, dibanding meminumnya sebagai jus.

Semangka juga disebut sebagai buah detoks yang bisa membersihkan tubuh.

100 gram semangka mengandung 0.2 mg. zat besi, dan vitamin C yang berguna untuk mempercepat [rpses penyerapan zat besi.

Buah Naga

buah penambah darah Dragon Fruit

Rasa yang unik membuat kita akan tau memakan buah naga ini, walaupun tanpa melihatnya.

Buah naga ini mengandung zat besi yang tinggi untuk meningkatkan hemoglobin, yang cocok untuk pengidap anemia.

Kandungan buah naga ini dapat membantu produksi sel darah merah, yang akan meng-oksigenasi organ tubuh manusia.

Stroberi

buah penambah darah strawberries

Buah yang sering kali dijual kalau kita pergi ke daerah puncak ini, mengandung vitamin yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu, stroberi juga kaya akan antioksidan yang bagus untuk mencegah kanker.

Buah Penambah Darah: Penutup

Untuk kamu yang merasa sehat, juga disarankan untuk memakan buah-buah di atas. Karena kita tidak tau kapan penyakit akan muncul, dan sangat bahaya jika kamu jatuh sakit karena kurang mengkonsumsi hasil alam ini.

Seperti perasaan kamu kepada dia, yang tiba-tiba datang, lalu sakit sesakit-sakitnya karena dia jadian sama sahabatmu sendiri.

Tetap sehat, tetap makan buah.

Keep Sarungan!

Leave a Reply

Close Menu