Bee Accounting: Software Akuntansi #2 Indonesia (Review)

Bee AccountingDari kemarin kita sudah membahas berbagai macam hasil seni atau sastra. Nah, mungkin sekarang ada diantara kalian yang sedang menjalankan usaha, atau sedang mengalami kesulitan dalam keuangan perusahaan. Mungkin Bee Accounting.

Namun sebelum anda memakai software ini, lebih baik kita cari tau dulu bersama-sama, seperti apasih perusahaan yang mendeklarasikan sebagai Software Akuntasi No. 2 di Indonesia ini? Siapa CEO-nya, kelebihan dan kekuranganya, dan apakah software ini gratis atau tidak?

Yuk, kita mulai aja Bee Accounting ini!

Baca Juga: CV Bahasa Inggris

Latar Belakang Bee Accounting

Bee Accounting

Sebenarnya siapa pendiri Bee Accounting ini? Tujuanya apa? Apakah ternak lebah madu? Atau ini perusahaan yang ada di film Bee Movie?

Duh, daripada tambah ngawur, kita kenalanan sama CEO-nya aja.

David Yulianto Peternak Bee Accounting

David Yulianto

Lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 2002, dengan jurusan IT, David sudah menjadi IT Consultant di BITS Software dari tahun 2006 sampai sekarang.

BITS Software itu apaan, sih?

Enterprise information system consulting, customization and implementation for our product BOSERP.com . Modules includes: Finance/ Accounting, Distribution, CRM, HRM, Payroll, SCM. Help companies boos revenues and cutting costs, thus maximizing profit.

EBusiness & Web application, e-commerce consulting, helping companies to plan their online success, to enter global market and to build their business online with the power of 24/7 automatically.

Pada tahun 2010 lalu, David menjadi CEO Bee Accounting sampai sekarang. Selain Founder dan CEO, David juga menjadi Bisnis Coach untuk para pembisnis agar mempunya system bisnis, agar tidak bangkrut karena bocor.

Untuk lebih lengkapnya, cek profile David di sini.

Bee Accounting

Kita akan membahas perusahaan yang sudah memiliki lebih dari 200 karyawan dan berdomisili Surarabaya.

Perusahaan ini memang mengambil nama dari serangga lebah, bee. Kenapa gak laba-laba yang dengan arti sebagai menjaring segala lini? Atau capung, yang apabila dimasuka ke dalam bodong, akan mengakibatkan anak kecil tidak akan ngompol lagi?

Nah, perusahaan ini juga punya makna dalam pemilihan nama.

Bee yang artinya lebah memiliki pesan, lebah mengambil hal-hal baik dari bunga, yang kita tau bunga adalah tumbuhan yang indah, lalu memprosesnya dengan baik, hingga hasil dari proses itu adalah berupa madu yang kita tau sangat bermanfaat bagi kita. Bahkan sangking bermanfaatny lebah ini, Allah mengabadikan dengan nama surat dalam Al-Qur’an: Surat An-Nahl.

Dengan filosofi itulah, tim Bee Accounting ingin menjadikan apa yang mereka pelajari, dan apa yang akan mereka dapatkan akan menghasilkan suatu produk software akuntasi yang bermanfaat bagi pembisnis di Indonesia.

Selain dari filosofi tadi, BEE juga memiliki kepanjangan. Yaitu, Business Empowering Expertise. Yang kalau diartikan adalah keahlian untuk memperdayakan bisnis. Sebuah cita-cita untuk membantu para pebisnis agar bsinisnya terus bekermbang sampai maju dan membangun peradaban ekonomi Indonesia yang maju. Ini sudah menjadi ruh bagi perusahaan ini dan selalu dimasukan dalam proses pengembangan aplikasi ini.

Tag line Mudah Akurat dan Untung, bila kita cocoklogi kan akan menjadi singkatan MAdU. Masih berhubungan dengan lebah.

Dan setiap kata di tag line memiliki artinya masing-masing. Apa aja?

  • Mudah

Berarti kemudahan user dalam memakai aplikasi ini. Terus mendengar menjadi kunci untuk terus memberika kemudahan pada setiap fitur yang ada.

  • Akurat

Data yang dihimpun dan disajikan dapat dipercaya. Hal ini tidak mudah dijaga, namun harus selalu diusahakan yang terbaik.

  • Untung

Dengan implementasikan aplikasi ini, bisnis menjadi lebih untung. Mulai dari optimasi system, pencegah potensi lost akibat kecurangan, dan hal-hal lainya.

Sebuah latar belakang perusahaan yang sangat mulia sekali. Dan itu tidaklah mudah untuk terus diperjuangakan. Susah tapi bisa.

Bee Accounting Punya Produk Apa aja?

Bee Accounting

Bee mempunyai banyak produk. Setidaknya ada 8 produk utama dan masing-masing produk utama memiliki pilihan lain antara lain seperti lite, silver, gold, atau platinum.

Gua akan memberi list produk-produknya, namun untuk detailnya kalian bisa buka di sini.

  • Software Akuntansi

Software ini memiliki pilihan Lite, Silver, Gold, dan Platinum. Masing-masing tipe memiliki kelebihan fasilitasnya.

  • Software Akuntansi Gratis

Bagi pecinta gratisan, ada software dengan dua pilihan: BEEUKM Lite dan BEEUKM Platinum.

  • Software Akuntansi Online

Berbeda dengan Software Akuntansi yang bisa dibuka via desktop, kalau yang online ini dibuka di web. Ada Free trial 30 hari.

  • Software Kasir
  • Software Bengkel
  • Software Rental
  • Software Distributor
  • Mesin Kasir Android
  • Software Laundry Android

Kelebihan dan Kekurangan Bee Accounting

Setelah kita melihat produk-produknya, maka kenapa kita harus memiliki software ini? Tapi sebelum itu, kita harus tau kelebihan dan kekurangan software ini.

Lanjut, yuk.

Kelebihan Bee Accounting

Yang kita bahas plusnya dulu, ya. Biar tertarik dulu, baru berpikir kemudian.

Mudah digunakan

Software ini benar-benar mudah untuk diaplikasikan. Para pebisnis pemula atau yang masih gagap teknologi, jangan takut tidak akan bisa menggunakan software ini. Karena software ini didesain agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Bahkan yang tidak ngerti system akuntansi.

Bee Accounting juga bisa dioperasikan dengan Bahasa Indonesia. Ini menjadi nilai plus, karena kebanyakan software akuntansi apalagi yang dari luar negeri, tidak memiliki fitur Bahasa Indonesia. Karena Bee Accounting ini ingin membantu para UKM.

Online Multi Cabang

Bisnismu punya beberapa cabang usaha di daerah lain? Maka fitur online multi cabang ini adalah solusi unuk anda. Dengan koneksi Internet dan gadget, laptop atau android, maka kita bisa memantau transaksi dan keuangan dari cabang-cabang lain.

Bisa juga melihat laporan dari semua cabang. Mulai dari laporan penjualan, pembelian, stok barang, atau laba rugi hingga buku besar.

Ini membantu bagi para pelaku bisnis karena dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat untuk perkembangan bisnisnya.

OS Apa aja Masuk

Kamu pengguna Mac? Atau Windows? Atau bahkan Linux? Ya, semua bisa dioperasikan di segala system operasi.

Ada Fitur Gratis

Berbeda dengan software akuntansi lain, Bee Accounting memiliki versi gratis, bukan free trial, untuk UKM Indonesia. Disebut sebagai BEEUKM Series. Dengan tujuan untuk memfasilitasi UKM-UKM di Indonesia agar bisa tumbuh dan berkembang melalui manajemen keuangan dengan basis software ini.

Fitur yang Lengkap

Software ini memiliki fitur yang terbilang lengkap. Tersedia berbagai laporan berbagai kebutuhan, seperti reminder, kalender, hingga fitur yang mebantu untuk tujuan budgeting.

Cloud Computing

Cloud computing ini bertujuan untuk menyimpan data-data akuntansi yang disimpan secara online, sebagai back-up.

Dengan adanya cloud computing ini, tidak perlu menyimpan di PC karena data disimpan secara virtual, dengan keamanan yang terjamin, fleksibilitas tinggi, dan bisa menjadi investasi jangka panjang karena tidak perlu memakai harddisk.

Harga Terjangkau

Banyak varian harga di Bee Accounting ini. Mulai dari 2,9 hingga 9 juta. Tergantung pada fitur dan fasilitas yang tersedia. Ini masih murah disbanding dengan software akuntansi dari luar negeri.

Kekurangan Bee Accounting

Sekarang kita akan membahas kekuranganya. Apakah anda akan berubah pikiran?

Limit BEEUKM Series

Sudah tau, kan kalau BEEUKM series ini software yang gratis. Namun mempunyai limit. Limitnya berapa? Limitnya dengan omzet 100jt/bulan.

Jadi setiap bulan, limit omzet harus direset menjadi nol lagi. Selain itu data kasa atau kas bank maksimalnya hanya 2 kas/bank.

Data master yang bisa dimasukan juga hanya 100 item, mitra bisnis juga hanya 100 mitra bisnis saja. Juga tidak memiliki fitur online multi cabang. Jadi hanya bisa digunakan di 1 komputer.

Kalau omzet kalian memang sudah tembus 100jt, tidak ada salahnya untuk membeli software yang berbayar, kan?

No Plug In pada BEEUKM Series

Ya, kembali ke software yang gratis lagi. Plug in adalah aplikasi tambahan untuk user jika ada kebutuhan yang belum bisa difasilitasi oleh Bee Accounting.

User bisa menggunakan fitur ini apabila ada laporan-laporan yang belum disediakan Bee Accounting. Tapi, BEEUKM Series tidak menyediakan fitur ini.

Udah

Yak, itulah tentang Bee Accounting. Apakah layak mendapatkan predikat Software Akuntansi #2 di Indonesia? Apa harus nomor 1 atau malah kurang dari 2? Tentukan dan rasakan sendiri pengalamanya dengan memakai software ini.

Menurut gua worth it.

Keep Sarungan!

One comment

  1. Tdk bagus, susah implementasikan stoknya, lisensi Android hrs beli lagi, dan 1 lisensi 1 IMEI hp, hp rusak wajib bli lisensi baru. Pertama 500rb/lisensi. Skrg Naik 1jt/lisensi. Tiap tahun hrs siapin minimal 6jt utk hp rusak Dan lisensi baru. Tekoorrrr

Leave a Reply